Tuesday, 18 December 2018

Target Blogging Ini harus Tercapai Di Tahun Depan!



Yeaaay.. bulan Desember akan segera berakhir, ini artinya tahun akan segara berganti, semenjak menyusun resolusi amatlah dirasa penting agar-hari-hari penuh semangat dan bergelora, saya menyusun resolusi blog dari semenjak 2 tahun yang lalu, tepatnya di tahun 2016, karena mulai fokus ngeblog dari tahun itu kan, nah di tahun itu target blogging saya buat dengan menargetkan dalam bentuk jumlah, misalnya ingin ngeblog sebanyak 200 post, tahun 2017 pun demikian, saya menargetkan bisa post sebanyak 200 post, tapi sayang hanya terkumpul 114 post masih kurang banyak, yang agak berubah di tahun 2018, dimana angka-angka mulai naik secara signifikan, setidaknya kira-kira 150 post berhasil saya tulis, ya seneng dong, di dalam angka itu tidak hanya post sendiri tetapi juga ada sponsored post, dan post event. Kayaknya di tahun 2019 saya harus punya target nggak hanya banyak-banyakan post tapi juga harus diubah isinya, misalnya :



1.      Banyakin tulisan organik
Asal tau aja ya, tulisan organik itu pemancing pengunjung agar mau mampir ke blog kita, tulisan-tulisan organik biasanya sangat dibutuhkan misalnya tips-tips, resensi, review *asal bukan yang berbayar*, pengalaman pribadi, resep-resep, dll. Sebenernya tulisan yang paling gampang dibuat dengan cepat ya resep ini, nggak perlu mikir, dan pengunjungnya banyak. Resep hanya butuh skill memasak dan banyakin foto yang mengundang orang kepingin bikin masakan tersebut, tulisan resep itu paling dicari orang yang kepingin banget belajar masak dan pengen coba masakan baru. Nggak cuma resep, ternyata pengalaman jalan-jalan juga paling banyak dikunjungi orang karena orang butuh referensi tempat berlibur, ini artinya saya harus banyakin jalan-jalan wkwk..

nggak percaya kalau resep itu banyak yang nyari?


2.      Jika ada sponsored post 1, tulisan organiknya harus 3
Ya, namanya juga target. Soalnya pengalaman nih, mampir ke blog yang isinya ngiklan mulu itu membosankan dan saya malas komen, nah saya mengukur pada blog saya sendiri, kalau ini blog kebanyakan iklan nanti siapa yang mau baca dengan lama, yang saya butuhkan itu bukan pengunjung yang sekedar mampir, tapi juga merasa tulisan saya itu bagus banget buat direkomendasikan ke orang banyak untuk dibaca. Jujur saya nggak bangga kalau tulisan di blog walaupun mikir sendiri tapi itu ngiklan, tapi ya bukan berarti saya menolak iklan, iklan tetap ada dan boleh banget, tapi sayanya jangan sampai lupa untuk nulis yang organik. Di tahun-tahun kemarin tuh sangking keasyikan, jadi lupa ngupdate tulisan organik kan dan pengunjung langsung turun, sedih akutu.. jadi pembelajaran banget pokoknya.


3.      Lihat-lihat jenis iklan yang mampir
Nah ini saya juga harus berfikiran, jangan nerima semua iklan hanya karena tergiur bayarannya. Tau kan kasusnya artis VV yang nerima endorsment tanpa ngeliat itu produk sudah dapat cap dari BPPOM atau belum. Nah saya nggak mau gara-gara itu tulisan saya diperkarakan, misalnya dapat produk yang asing dan disuruh main post aja tanpa tau itu produk aman apa nggak. Ini sebenernya blogger juga punya peran pentng, jangan sampai reputasi blogger hancur gara-gara ngiklan yang salah, dan saya nggak mau bohong jadi blogger, bilang produk ini bagus padahal nggak. Kalau saya nggak suka sama produk itu, saya nggak akan mau review.


4.      Tetep harus punya target,
Iya lah, kalau nggak, nggak bakalan semangat hidup :D, karena target 200 post pun nggak bakalan tercapai kalau nggak semangat. Padahal dari tahun ke tahun selalu 200 post, tapi belum pernah ada tahun yang berhasil saya lewati dengan ngepost sebanyak itu wkwk... Btw, dengan menargetkan nulis sekian banyak itu melatih jari dan otak kamu loh dalam berfikir dan menulis, serius. Nanti kalau kamu lagi free nih ya, ada masanya kamu akan ngerasa “Ih kok bĂȘte ya, kayak nggak ada aktifitas,” terus nggak nyadar buka laptop dan mulai ngetik, karena sudah terbiasa degan aktifitas rutin. Kalau punya target, kamu bakalan ngerasa kayak gitu, gelisah kalau nggak nulis-nulis.

yesssss. . yuhuuuuu


5.      1 juta PV
Haha receh banget ya, ketika blogger lain sudah tercapai 1 juta PV saya baru akan menuju ke sana. Ya nggak apa-apalah, nggak usah minder, karena kemampuan orang beda-beda kan *menghibur diri sendiri*, tinggal selangkah lagi jumlah pembaca yang mampir ke blog saya akan mencapai angka ini dan ayolah semangat Manda!


Biasa aja ya target blogging saya, sebenernya sama aja dari tahun ke tahun dan nggak berubah, tapi Alhamdulillah ada peningkatan signifikan sih dari tahun ke tahun. semoga yang ini tercapai di tahun depan. Amiiin… selamat tahun baru gengs!! 

4 comments :

  1. Aku juga mau dong sejuta pv mba semoga kita bisa ya btw setuju sama iklan n organik harus seimbang lah ya

    ReplyDelete
  2. 1juta PV itu angka yg besar yaa whoaaa..hahaha keren banget mbak..semoga bisa terwujud semua target2 nyaa yaa

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)