Menu

Monday, 30 January 2017

/ /


Ini jaman, dimana kamu akan menemui banyak sekali kebohongan. Entah untuk menjatuhkan orang, memperkaya diri, kekuasaan atau hal-hal lain. Rasulullah menyebutnya zaman fitnah..

Jadi gini, saya pernah gabung di sebuah komunitas olshop. Ada salah satu anggota cerita, dia beli barang, dan dia percaya salah satu penjual yang bagus itu dilihat dari review pembeli, ya kita biasa familiar sama kata-kata testimonial pembeli. Ya sudahlah ya, suatu hari dia beli itu barang bermodalkan kepercayaan testimonial. Ndilalah barang yang dia pesan nggak sampe-sampe, padahal uang sudah ditransfer. Baru sadarlah dia kalau dia membeli barang dari seorang penipu. Dan testimoni yang dia baca hanya fitnah belaka.

Friday, 27 January 2017

/ /


Dari senin sampai jum’at anak harus rela bersabar menunggu orangtuanya sibuk bekerja. Ia kadang teracuhkan oleh pekerjaan kita. Ayah yang pergi ke kantor dari pagi hingga ketemu malam, dan ibu yang sibuk dengan pekerjaan rumah tangganya. Sungguh yang punya kesabaran cukup tinggi seharusnya anak bukan orangtuanya, sebab ia harus bersabar untuk bermain sendirian.

Tuesday, 24 January 2017

/ /

Setiap daerah pasti punya tempat kumpul favorit yang bisa didatangi oleh seluruh warganya, ibarat Jakarta, monas atau bundaran HI atau Senayan adalah lokasi favorit untuk sekedar kumpul-kumpul pada pagi hari atau sekedar untuk berolahraga, bahkan diwaktu-wkatu tertentu suka diadakan berbagai macam event kan? Kalau di Ambon ada sebuah lapangan besar yang jadi tempat favorit masyarakat Ambon setiap minggu pagi. Namanya Lapangan Merdeka, tapi kalau dalam lafas orang-orang sini suka disebut lapangan Mardika. Whatever sama ajalah hee…

Monday, 23 January 2017

/ /

Masa-masa rawan seorang ibu terjadi pada saat hamil, hingga sampai melahirkan. Oleh karena itu, penting bagi seorang ibu untuk memiliki teman curhat yang dapat saling menguatkan dan memahami. Pada forum ibu dan balita,  seorang ibu dapat mencurahkan permasalahan yang dia hadapi entah itu seputar kehamilan, persalinan atau tumbuh kembang anak.
Contoh curhatan yang dapat dijumpai pada forum ibu dan balita adalah seputar tumbuh kembang anak, seperti yang dicurhatkan ibu Intan berikut,

Wednesday, 18 January 2017

/ /

Bagi seorang ibu yang memiliki bayi, ASI adalah makanan paling baik yang diberikan untuk anak usia 0-6 Bulan. Karena dengan memberikan ASI, anak dapat terbantu proses pencernaannya dengan baik. Oleh karena itu pulalah mengapa pemberian makanan tidak boleh diberikan sebelum usia 6 bulan, pencernaan bayi belum sempurna seutuhnya. Dengan ASI pula ikatan antara ibu dan anak dapat tercipta dengan baik.

Tuesday, 17 January 2017

/ /

Di Indonesia ini hanya ada 2 Banda, Banda Aceh dan Banda Naira. Kalau Banda Aceh kita sudah tau kan ya letaknya ada di Sumatra sana. Tapi Banda Naira apakah kalian tau letaknya dimana? Tenang saya juga baru tau ada kepulauan Banda Naira setelah saya tinggal di Ambon. Saya tau ada laut Banda sejak jaman sekolah dulu, tapi nggak tau kalau ternyata di atas laut itu ada pulaunya. Dan tau perihal Banda Naira ini gara-gara suami saya yang ngajakin piknik ke sana, dadakan!

Monday, 16 January 2017

/ /

Ada banyak tempat makan enak di kota Ambon, dan setiap ada rezeki saya selalu coba tempat makan baru, walaupun memang rata-rata di kota Ambon ini menunya hanya hasil laut, tapi seiring berkembangnya kota Ambon, maka semakin banyak yang migrasi ke kota ini, semakin banyak pula aneka ragam menu yang hadir dan menyapa lidah-lidah para penduduknya. Kalau ditanya ada masakan apa saja disini, saya bilang sudah buanyaaaaaak, mulai dari mpek-mpek, batagor, bubur ayam, siomay, sampai Mie Aceh pun ada, ini ya makanan ini mulai ada setelah tahun  2011, bahkan beberapa makanan kayak Mie Aceh atau bubur ayam baru ada setelah saya pindah lagi ke Ambon tahun 2015 pasca melahirkan. Tau nggak, dulu sangking kepinginnya makan bubur ayam Bandung, kita harus nunggu pulang kampung baru bisa makan. Sedih kan masak makan bubur ayam Bandung atau mie Aceh nunggu pulang kampung. Tapi semua berubah semenjak negara api menyerang banyak yang migrasi ke sini.

Sunday, 15 January 2017

/ /

Yang namanya anak-anak pasti cepat bosan ya mam dengan mainan yang itu-itu saja. Apalagi di jaman serba canggih seperti sekarang, dimana gadget begitu menggoda dengan permainan-permainannya yang unik-unik dan seru-seru. Sudah pasti anak-anak bakalan berpaling pada gadget si benda keramat itu. Kadang kala kita sebagai orangtua juga bingung, “Duh, dikasih mainan apalagi ya biar anak anteng, nggak melulu pegang gadget atau kalaupun kita larang menggunakan gadget dia pasti bakalan teriak-teriak minta ditemani bermain, serba salah T_T. Padahal masa kecil anak dituntut untuk lebih produktif dalam melakukan banyak hal. Bergerak, berlari, loncat-loncat, berantakin mainan.

Saturday, 14 January 2017

/ /

Baronda adalah bahasa Ambon yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah Jalan-jalan. Jadi kalau Baronda Maluku sudah ngerti kan artinya apa? Semula saya iseng bikin folder foto di Facebook, dengan judul ‘Mangente Ambon’ (mengintip Ambon) ternyata responnya luar biasa, saya nggak nyangka animo orang-orang Maluku begitu mencintai tanah kelahirannya, mereka baper banget dan kemudian sangat bangga dengan wisata alam yang ada di sana. Pantas saja ada istilah, ‘Maluku tempa beta putus pusa e’ yang artinya Maluku tempat saya memutuskan pusar, ini esensinya dalem banget kalau bagi orang Maluku. Mereka nggak akan lupa dengan tanah kelahirannya walaupun sudah melanglang buana kemana saja. Nggak cuma orang Maluku yang seneng dengan foto-foto saya, orang yang nggak kenal Maluku pun takjub dan excited pengen kenal Ambon lebih dekat
Nah kali ini saya ingin memindahkan album foto saya di Facebook ke blog ini, biar kalian yang nggak temenan sama saya bisa melihat keindahan Maluku dari dekat.

Tuesday, 10 January 2017

/ /

Jika kamu datang ke Ambon dan kemudian menjelajahi pasar Mardika, pasar terbesar di kota Ambon. Kamu akan melihat ada banyak penjual yang menjajakan ikan matang yang bentuknya terbelah menjadi dua dan di bagian tengahnya ditusuk dengan sebilah bambu. Ya ikan ini disebut dengan ikan asar. Ikan asar sangat populer di wilayah Indonesia timur. Di semua tempat, khususnya pasar ikan di kota Ambon pasti menjual ikan yang diasapkan ini. Bahkan di Ambon ada pusat penjualan ikan asar ini loh, khusus sampai diberi plang yang menandakan disitu menjual ikan asar. Tepatnya di daerah Galala, kira-kira 5 Kilometer dari pusat kota Ambon. Letaknya dipinggir jalan nggak jauh dari jembatan merah putih. Disini berderet penjual yang menjajakan ikan asar khas Maluku, kalau kita datang mama-mama penjual ikan sudah heboh memanggil, "Ca... mari ca... kasini jua, ikang asar paleng sadap saja o"

Sunday, 8 January 2017

/ /


Ceritanya kamu sudah keliling Ambon, terus belum beli oleh-oleh? Itu tuh kayak makan sayur nggak pake bumbu, hambar cyyyn :p, jadi wajib beli oleh-oleh? Ya wajiblah, minimal nggak buat orang ya buat diri sendiri *catat, kalau kamu nggak bawa duit banyak*.

Saturday, 7 January 2017

/ /

Kamu tau nggak, kalau air di Ambon ini krisis banget. Di beberapa daerah ada air yang ngalir cuma seminggu sekali, ada yang ngalir tiap hari tapi nyalanya di jam-jam tertentu, ada yang ngalir tiap hari tapi di hari tertentu mati seharian. Kalau dirumah saya air ngalir 3 hari sekali, jadi misalnya jumat nyala, senin baru nyala lagi, begitu seterusnya. Saya sih udah nggak kaget soalnya saya sudah mengalami hal ini sejak tahun 2010 hee… *dulu kami tinggal di daerah kebun cengkeh, sekarang pindah ke daerah STAIN* malah tahun-tahun penuh perjuangan waktu masih jadi pengantin baru pernah air nggak nyala seminggu, sampai mandi di tetangga yang punya penampung lebih gede.

Friday, 6 January 2017

/ /

Ini seharusnya saya posting sebelum tahun baru tapi karena kesibukan jalan-jalan yang begitu padat, baru sempat posting sekarang, Jadi, 26 Desember kemarin mama+papa mertua datang ke Ambon. Katanya beliau pengen banget liat Ambon sekaligus jenguk anak cucunya dimari. Setelah nabung sekian lama, mereka akhirnya bisa menapakkan kakinya di Ambon manise. Pertama datang ke Ambon mama nggak berhenti muji-muji,
“Wiiih.. enak banget dah ya kotanya, bersih , rapi, kagak macet. Ini hari-hari luk?” nanya ke anaknya a.k.a Suamiku, Lukman.
“Lah iya ma, gini dah hari-hari.”
“Eh enak banget atuh, nggak ngerasain macet” ya begitulah Ambon, kota pesisir yang luar biasa bersih, rapi, tata kotanya baik, alamnya pun indah. Makannya saya kok nggak *berasa* bisa pindah ke kota lain selain Ambon.
“Apalagi sebelum kerusuhan bu, Ambon paling rapi saja” sahut supir kami pak Ali.

Thursday, 5 January 2017

/ /

Hola…hola… Selamat Tahun Baru 2017, semoga ditahun ini kalian para pembaca blog www.catatanamanda.com semakin kece badai, sehat dan bahagia selalu. Ngomong-ngomong tahun baru, pasti kita punya semangat baru dong ya, pasti! Saya juga, pengen banget tahun ini lebih produktif dan lebih bermanfaat dari tahun sebelumnya. Lebih kreatif, dan lebih bisa memaksimalkan umur dengan lebih baik lagi, udah 31 nih.. hahaha, makin tua kudunya kan harus makin bijak ya dalam mengisi hidup. Pasti!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...