Menu

Friday, 28 December 2018

/



Wih ngeri loh, beberapa waktu lalu saya pernah mendengar beberapa teman yang rekannya meminjam uang pada sebuah aplikasi yang dipercaya dapat memberikan uang dengan cepat. Sebagaimana kita tahu, uang adalah sebuah alat yang amat sangat menggiurkan, tidak ada manusia yang tidak terpikat dengan uang, bahkan sehari-hari pun kita selalu memikirkan cara bagaimana caranya mendapatkan uang dengan cepat, jika sabar kita akan bekerja keras, berusaha dan tidak lupa berdoa, tidak sedikit orang yang mengambil jalan pintas karena tidak sabar seperti mencuri, korupsi bahkan pinjam pada rentenir, ih ngeri loh ini yang terakhir. Rentenir itu memang baik awalnya, tapi kalau kita nggak mampu bayar, siap-siap kita dikunjungi penagih-penagih berbadan besar dan kasar.


Rentenir berbasis aplikasi memang menggiurkan, menawarkan pinjaman tanpa jaminan apa-apa, kita bisa bebas memakainya, tapi jangan disangka, bunganya mencekik leher, ada manusia-manusia yang terjebak dengan hutang dan tak jarang mengakhiri hidupnya dengan tragis, ada pula yang menjual organ tubuhnya agar dapat membayar hutangnya dengan cepat. Ada kisah yang nggak banget, ternyata orang yang meminjam uang pada rentenir berkedok aplikasi, nomor kontaknya akan terhubung dengan orang-orang yang ada pada kontaknya, baik kontaknya maupun media sosialnya. Jika orang yang meminjam uang tidak bisa dihubungi, ia akan menelpon temna-teman yang ada dalam satu kontak, padahal teman-temannya tidak tahu menahu kalau temannya tersebut pinjam uang, ini ngeri nggak sih? Kita nggak tau apa-apa, tiba-tiba ditelpon orang, “WOI! BILANGIN SAMA SI A, BAYAR UTANGNYA” ih ngeri, bener-bener ngeri. Saya berharap teman saya dalam satu kontak tidak ada yang pinjam pada rentenir, sehingga saya pun tidak dikejar-kejar oleh mereka

Nah, daripada pinjam pada rentenir, kenapa juga nggak menggadai apa yang kita punya dirumah? Kalau sifatnya digadaikan pasti kita punya keinginan untuk menebus kembali barang tersebut, misalnya saja perkakas rumah seperti peralatan elektronik, atau hal yang bernilai jual tinggi seperti emas dan kendaraan, coba deh mikir siapa yang nggak kepingin barangnya balik lagi kalau yang digadaikan barang kesayangan misalnya. Dibanding minjam, sudah pasti kita lupa dan malas mengembalikan, jangan sampai nanti ada pepatah, ‘lebih galak orang yang dipijemin duit dibanding orang yang nagih’ hihihi... kalau saya sih, misalnya butuh duit banget lebih baik barang dirumah digadaikan, biar semangat buat nebusnya lagi. Kalau dijual belum tentu saya bisa dapat barang yang serupa, kan sedih kebayang-bayang barang kesayangan. Atau pinjem pada rentenir, byuh yang ada susah ngembaliin duitnya. Nggak mau.. nggak mau!!


Di jaman serba canggih ini, ketika semua hal bisa diakses lewat internet, kita bisa menggadai barang online, Disitu.com adalah layanan gadai online cukup Gadai BPKB Mobil kita bisa dapat pinjaman sesuai yang diinginkan, pinjaman yang dapat kita peroleh adalah sekitar 85% dari nilai taksiran mobil, dan umur peminjam adalah 17 tahun.

Ada beberapa mitra yang bergabung pada disitu.com dalam melayani konsumen untuk membantu memberikan dana cepat, diantaranya 
       BFI Finance – Kredit Multiguna Mobil
       Clipan Finance - Pembiayaan Multiguna Mobil
       Indosurya Finance – Super
       ACC – KMG Mobil
       Alif Finance – Pembiayaan Syariah Mobil
       First Indo Finance – Multiguna Mobil
       Mandiri Utama Finance Multiguna Mobil
       Olympindo Finance – Pembiayaan Multiguna Mobil
       WOM Finance – Pembiayaan Multiguna Mobil
       Smart Finance – Pembiayaan Multiguna Mobil

mitra Disitu.com

Karena mitranya cukup banyak, kita jadi bisa membandingkan antara satu mitra dengan yang lainnya, semua mitra yang tergabung pada disitu.com adalah institusi keuangan terbaik di Indonesia dan kita tidak akan ragu lagi mengajukan pinjaman pada mitra-mitra tersebut.

Ingat untung-ruginya
Namun dalam menggadaikan barang yang kita miliki, kita harus mengingat beberapa hal, bahwa menggadaikan barang tentu saja ada untung ruginya. Jangan sampai nantinya kita menyesal, barang kesayangan telah hilang dari pandangan sebab kita menggadaikan, mau tau untung ruginya?

  •  Berbagai merek kendaraan dapat digadaikan, walaupun kendaraanmu jelek tetap akan diterima dan dapat dijadikan jaminan untuk mendapatkan pinjaman uang, asal bisa digunakan. Kalau nggak bisa dipakai buat apa digadaikan? :D
  • Tentu saja mobilnya yang dititipkan akan dapat asuransi perlindungan seperti TLO (Total Loss Only) ataupun All Risk, jadi tidak perlu khawatir.
  • Lama pinjaman bisa sampai 5 tahun
  • Suku bungan diberikan langsung oleh Intitusi keuangan yang kita pinjam

Boleh tutup mata baca kekurangan jika kita menggadaikan kendaraan :
  • Ya siap-siap naik kendaraan umum ya, dan jangan banyak mengeluh
  •  Jika tidak mampu membayar sesuai perjanjian, siap-siap barang kita disita, nah ini jangan sampai yang ditagih duitnya lebih galak dari yang nagih, kalau nggak mau disita ya kudu konsisten membayar
  • Dalam meminjam dana perlu adanya jaminan, tapi jika tidak memiliki aset yang dipinta, tentu saja kita tidak bisa meminjam uang. Namun Disitu.com terdapat permohonan pinjaman lain yang telah disediakan
  • Proses pengajuan lama karena yang dijadikan jaminan harus disurvey dulu, apakah sesuai dengan nilai dana yang dipinjam. Nanti pengen pinjem sekian juta, eh itu mobil nggak bisa jalan, duh ya nggak cair deh dananya.


Saran saya, bijaklah dalam mengelola keuangan, jika tidak terlalu kepepet meminjam uang lebih baik berhemat. Menggadaikan barang hanya disarankan untuk orang-orang yang sangat butuh dengan masalah keuangan, bukan orang yang ingin meminjam uang demi gaya hidup.

6 comments:

  1. Sekarang banyak sekali aplikasi renternir di playstore ya kak

    ReplyDelete
  2. Jaman skrg liburan aja bisa dicicil, pinjam duit segampang klik install aplikasi lalu dana cair..giliran bayar lunasin pusing tujuh keliling krn duitnya mepet sana sini..betul tuhhh mbak, gadai kalo betul2 kepepet gaboleh demi memuaskan nafsu belanja atau traveling..bahayaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kalau mampu balikin sih sebenernya nggak apa, yang jadi masalah kalau udh minjem ditagih susah wkkwk

      Delete
  3. Sekarang banyak banget ya aplikasi kayak gitu di play store hmm

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...