Menu

Thursday, 6 December 2018

/



Pergantian tahun tinggal menghitung hari, kok rasanya cepet banget ya waktu berlalu tau-tau sudah 2019 aja, kadang saya nulis tahun aja masih suka salah, ini tahun sudah mau berganti lagi aja. Tapi whateverlah, selama kita mengisi hari-hari di tahun itu dengan bijak pastinya kita nggak akan menyesal banget kalau tahun akan berganti dengan yang baru. Btw, setiap tahun saya selalu menyusun resolusi loh dan akan saya evaluasi di akhir tahun, di tahun depan saya sudah punya target dan rencana yang sudah saya susun matang, diantaranya


1.      Membuat laporan keuangan lebih terperinci
Jadi tau nggak, di tahun 2017 ketika saya dapat honor nulis, honor tersebut cuma mampir aja di rekening, nggak saya catat, nggak saya publikasikan. Akhirnya saya nggak tau ini honor kemana perginya, karena nggak jelas rimbanya, tau-tau habis aja  gitu.
Kemudian, ada temen saya yang sesama blogger dan selalu dapat honor juga, dia rajin banget melakukan pembukuan, jadi jelas duitnya dari mana aja dia tau. 3 bulan di akhir 2017 saya mulai melakukan pembukuan, sampai dengan saat ini, saya jadi punya dokumentasi dari mana saja duit saya berasal. Ndilalah ternyata pembukuan itu nggak cukup hanya melihat dari uang masuknya aaja, uang keluarnya pun kudu jelas kemana postnya. Setelah diitung-itung dari awal tahun sampai dengan mau habis tahun, ternyata pendapatan saya banyak juga, tapi kok direkening tinggal sekian, waaah… ini ada yang nggak beres sama pola keuangan saya. Maka di tahun 2019 saya bertekad, saya harus melakukan pembukuan lebih terperinci lagi, agar jelas uang masuk dan uang keluarnya saya belanjain buat apa saja. Ya walaupun belinya buat hal-hal yang urgent juga tapi penting banget ini melakukan pembukuan.


2.      Puas-puasin traveling
Jadi ya, gara-gara liat total laporan keuangan dan menghitung keseluruhan angkanya di tahun 2017 dari awal bulan sampai bulan ke 10 saya kemudian sadar, gilaaa!! Ini duit kalau dibawa traveling udah kemana-mana, terus duit gue segini banyak itu kemana? Ya sih selama ini saya sadar, duit ngeblog di tahun 2017 ini lebih banyak dikeluarkan untuk alat rumah tangga yang walaupun sepele, karena rumah saya masih kosong kan :D, kalau dikeluarkan secara terus menerus ya habis juga. di tahun 2019 perlengkapan rumah udah cukup lumayan jadi saya mau istirahat dulu buat beli-beli barang, beli baju atau beli ini dan itu. saya mau fokus nabung, ngumpulin duit buat jalan-jalan, di tahun 2019 ini saya kepingin puas traveling dan menuh-menuhin blog saya dengan aktifitas-aktifitas travel.


3.      Qurban 2 kambing
Saya selalu mimpi, bisa beli kambing 2 ekor dalam setahun, tapi kayaknya tekadnya belum kuat dan masih tergoda hal-hal duniawi untuk beli hal-hal lain. Insya Allah di tahun 2019 saya akan berniat untuk beli kambing sebanyak 2 ekor, amin..


4.      Nabung dan mendekor kamar kosong untuk Naqib
Naqib udah mau 7 tahun nih, dikit lagi haha.. ya masih 2 tahun kurang lagi sih, tapi ini perlu persiapan dan perlu disounding anaknya agar bobok nggak nempel emaknya terus. Ya iyalah dia makin gede kali, rasanya sempit banget bobok bertiga sama anak yang badannya bakalan gede dari tahun ke tahun. Lagi kan dalam islam nggak membolehkan anak udah 7 tahun masih bobo sama emak bapaknya, doi harus bobo sendiri. Di tahun depan Insya Allah saya mau mendekor kamar Naqib, dia minta yang lucu gitu. jadi ada kamar kosong yang saya jadikan gudang dan itu belum terpakai, Insya Allah nanti mau saya jadikan kamar Naqib. Ya okelah.. nabung dulu emaknya, nggak mungkin langsung ada kan Qib :D


5.      Lebih produktif lagi
Sebagai penulis saya nggak boleh berpuas diri dengan keadaan, saya harus lebih produktif lagi menempa diri dan menimba ilmu, termassuk ikut-ikutan lomba blog. Selain itu saya ingin lebih memperbanyak konten yang orisinil, nggak melulu iklan. Biar pembaca saya nggak bosan

Sebenernya masih banyak hal lain yang ingin saya lakukan di tahun 2019, tapi poin-poin pentingnya itu. Kalau yang ke 5 diatas aja udah goal, berarti saya sudah bisa memanajemen waktu dan keuangan dengan baik. Yuk akhir tahun saatnya menyusun resolusi untuk revolusi hidup yang lebih baik. Yeaah!!

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...