Menu

Thursday, 2 August 2018

/


Bagi sebagian besar orang awam, berinvestasi membuka peluang untuk bisa mendapatkan keuntungan tambahan. Hal ini bukanlah anggapan yang salah namun untuk bisa mendapatkan keuntungan, Anda tidak bisa melakukannya semudah membalikkan telapak tangan begitu saja. Karena, dalam berinvestasi Anda tidak bisa mendapatkan keuntungan begitu saja karena ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi Anda. Salah satu faktornya adalah risiko. Mari mengenal lebih jauh seputar risiko melalui ulasan berikut ini.


Selalu hadir pada setiap investasi

Jika Anda berharap investasi yang tidak memiliki risiko, maka ada baiknya buang harapan tersebut jauh-jauh karena setiap investasi memiliki risikonya masing-masing. Meski memiliki risiko, bukan berarti setiap investasi berbahaya dan bisa merugikan Anda. Karena, ada beberapa investasi mudah yang bisa Anda pilih untuk menghindari risiko tinggi. Jadi, jika Anda ingin berinvestasi dan berusaha menghindari risiko, maka pilihlah investasi yang rendah risiko sehingga membuat investasi yang Anda jalani jadi lebih menjanjikan.

Selalu beriringan dengan return

Bagi sebagian besar investor pemula, memiliki investasi dengan imbal hasil yang besar merupakan skema investasi idaman saat mencari investasi terbaik. Padahal, dibalik imbal hasil yang besar Anda juga akan menghadapi return investasi yang besar pula. Jika Anda ingin mencari investasi terbaik, maka sebaiknya pilihlah opsi investasi dengan risiko sangat rendah karena meskipun return yang dihasilkan tidak terlalu besar namun setidaknya Anda bisa menjaga uang yang Anda investasikan. Jadi, bijaklah dalam memilih investasi dan jangan langsung tergiur ketika ditawari investasi dengan return yang besar.



Berasal dari eksternal dan internal

Apabila setiap investasi memiliki risiko masing-masing, lalu dari manakah risiko tersebut berasal? Risiko tersebut bisa berasal dari dua sisi yakni eksternal dan internal. Beberapa investasi memiliki risiko yang berasal dari internal seperti skema investasi yang tidak cukup baik sampai risiko penggelapan dana yang bisa hadir. Sementara itu, ada pula investasi yang memiliki risiko dari eksternal seperti kondisi ekonomi yang bisa saja mempengaruhi imbal hasil dari investasi yang dilakukan. Oleh karena itu, pastikan Anda mengetahui dari mana saja risiko suatu investasi berasal dan cari tahu seberapa besar peluang risiko tersebut bisa hadir.

2 comments

Setahunan ini, saya coba investasi emas dan reksadana. Return-nya ga begitu besar, tapi worth sekali untuk dicoba. Lumayan buat belajar-belajar hehe. Secara umum, profil resikonya juga rendah, bahkan sangat rendah dibanding nabung saham, trading saham, bahkan bitcoin :)

Reply

dulu aku juga investasi emas, cuma sayang nggak rukun (awet) naik dikit langsung aku jual :D emang lg ada pengeluaran juga si waktu itu

Reply

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...