Menu

Tuesday, 14 August 2018

/


Salah satu bentuk atau ciri seorang wanita sudah mengalami masa pubertas adalah telah terjadinya menstruasi.  Menstruasi atau pendarahan yang terjadi karena peluruhan dinding rahim yang tidak dibuahi ini adalah suatu peristiwa yang menunjukkan jika seorang wanita atau gadis sudah mengalami masa pendewasaan.  Ada banyak perubahan yang terjadi pada perempuan jika sedang mengalami menstruasi.  


Dan biasanya bagi anak gadis yang belum mengetahui perubahan-perubahan tersebut akan sedikit kaget atau mengalami stres.  Salah satu perubahan yang terjadi saat menstruasi adalah wanita mengalami kram perut.  Namun selain keram perut masih banyak lagi perubahan yang terjadi saat mengalami menstruasi,  di antaranya adalah :

  1. Payudara membesar dan nyeri
Saat mengalami menstruasi ,  maka hormon kewanitaan menjadi aktif.  Sehingga salah satu perubahan terjadi pada payudara.  Rasa nyeri dan juga pembesaran pada payudara akan berlangsung di awal-awal menjelang menstruasi.  Namun keadaan ini akan mereda seiring dengan mentruasi berakhir.  Biasanya gejalanya hanya terjadi di hari ke 1 dan 2 menstruasi saja,  selebihnya tidak ada rasa sakit lagi.

  1. Mood swing
Perubahan juga terjadi pada mood perempuan yang sedang mengalami menstruasi.  Perempuan, biasanya akan lebih sensitif dikarenakan adanya perubahan hormon,  maka tidak heran jika perempuan yang sedang mengalami menstruasi akan mudah tersinggung,  marah,  atau sedih. Hehehe.. jangan dekat-dekat sama orang yang lagi PMS ya, kalua nggak kamu akan kena semprot loh :D


  1. Sakit kepala
Beberapa perempuan juga mengalami sakit kepala hebat saat sedang menstruasi,  namun sebaiknya anda jangan bergantung pada obat.  Selagi sakitnya masih bisa ditahan lebih baik biarkan saja.  Dikhawatirkan obat kimia malah akan membuat kondisi rahim terganggu. Lebih baik perbanyak minum air putih dan istirahat yang cukup

  1. Sakit pinggang
Sakit pinggang juga kerap terjadi saat mengalami menstruasi.  Anda bisa menempelkan koyo pada pinggang atau mengolesinya dengan minyak yang membuat pinggang anda panas atau hangat untuk meredakan.

Itulah beberapa perubahan pada perempuan saat sedang menstruasi selain dari mengalami perut nyeri.  Untuk meredakan nyeri di perut, anda bisa mengompres perut dengan menggunakan botol yang berisi air hangat,  dan disarankan untuk tidak meminum jamu atau obat pereda sakit supaya tidak ketergantungan.

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...