Sunday 16 September 2018

4 Waktu Perempuan Ini Harap Dimengerti Laki-laki




Tau kan kalau perempuan itu mahluk yang unik, sangking uniknya banyak laki-laki yang nggak ngerti dengan perilaku yang sering dialami perempuan, perempuan terlalu sensitiflah, terlalu baperlah, terlalu lebaylah, dan hal-hal lainnya yang sebenarnya itu tuh bukan perempuan sulit dimengerti tapi laki-lai yang kadang nggak ngerti tentang waktu-waktu sensitif yang dialami perempuan. Iya, perempuan itu punya waktu yang nggak bisa diganggu dan pengen banget menyendiri kalau hal tersebut sedang dialaminya. Hah?? Para laki-laki pasti penasaran dong, waktu-waktu apa saja yang membuat perempuan itu punya perilaku aneh, simak yang dibawah dan tolong dibaca pelan-pelan ya pak, mas, bang, le…



PMS
Sering banget kan dengar kata-kata, “Kenapa sih marah-marah mulu?”, “Oh mungkin dia lagi PMS” ternyata ungkapan ini tuh bener banget, saat PMS atau Pra Menstruasi peremupuan itu mengalami gangguan hormon yang identik dengan depresi, kecemasan, perasaan yang sensitif, marah-marah, melankolis, sedikit narsis bahkan bisa jadi lawannya yaitu membenci diri sendiri. kenapa terjadi PMS? Karena hormon Estrogen dan Progesterone berubah drastis. Dari awal pubertas sampai pelepasan sel telur kadar Estrogen meningkat drastis puncaknya adalah ketika perempuan Haid. Nah kadar Estrogen yang meningkat inilah yng menyebabkan perempuan kehilangan moodnya, akibatnya ya… bisa dipastikan perempuan jadi punya hobby marah-marahlah, bête-lah, juteklah, dan lainnya. Harap maklum ya pak :D


HAID
Nah kemudian yang jadi pertanyaan, kenapa cuma Estrogen naik perempuan bisa marah-marah nggak jelas? Jadi gini, pada  masa haid, perempuan akan mengalami perubahan pada tubuhnya, nggak cuma perubahan fisik tapi juga perubahan psikis. Ketika haid hormon reproduksi seperti Estrogen dan Progesteron akan mulai bekerja (seperti yang saya sebutkan diatas), suasana hati bisa tiba-tiba nggak enak. Apalagi ketika dinding rahim mulai meluruh, saat ini daya tahan tubuh mulai menurun hingga membuat tubuh jadi gampang lelah dan terjadi mood swing. Inilah yang bikin perempuan jadi lebih sensitif dan suasana hatinya jadi gampang berubah. Perempuan itu ya pak, kalau udah haid bakalan susah mengontrol perasaan kecewa dan stress dalam dirinya. Coba laki-laki bayangkan deh, udah moodnya turun naik ditambah suasana perut yang sakit karena haid itu gimana coba rasanya? Yah, laki-laki nggak pernah haid sih jadi dia bakalan bingung kalau ditanya begini :p.
Ngomong-ngomong, haid yang dialami perempuan bisa jadi nggak teratur karena disebabkan oleh banyak faktor yang dibuat oleh perempuan itu sendiri, misal stress, homesick, LDR dengan pasangan dll, karena hormon yang dimuat sendiri itulah yang akhirnya bisa memancing hormon lain untuk kembali aktif, dan akhirnya haid jadi tidak teratur.


Kecapean
Perempuan yang punya aktifitas tinggi seperti perempuan pekerja atau ibu rumah tangga sudah pasti melakukn kegiatan yang banyak dan memerlukan tenaga yang besar. Jangan salah, perempuan yang dikantor sama yang dirumah sama capeknya. Kalau laki-laki pulang kerja bisa langsung tidur, perempuan nggak gitu, pasti ada aja yang dia kerjain sebelum rumahnya rapi. Bener apa bener?  Dan sebagai laki-laki yang bekerja pasti  dong merasakan bagaimana capenya bekerja, kerja aja cape kan ya, gimana seteah pulang kerja rumah masih berantakan. Byuhhh….
Nah coba posisikan diri Anda sebagai ibu pekerja atau ibu rumah tangga, yang ketika cape, rumah beantakan, anak rewel, pekerjaan belum selesai, bayangkan betapa lelahnya Anda saat itu, sudah pasti yang ada emosi semakin memuncak dan rasanya ingin marah-marah aja kan. Itulah pak, mas, bang, yang terjadi pada istri atau pasangan Anda kalau misalnya dia marah-marah mungkin saat itu lelahnya sedang menumpuk.


Cemburu
Ini dia nih, sebagai perempuan kamu pernah nggak merasakan cemburu? Bagaimana perasaanmu? Apa yang ada dalam pikiranmu saat itu? pasti berkecamuk dan berfikiran macam-macam kan? Padahal apa yang kita fikirkan belum tentu terjadi pada pasangan kita. Cemburu bisa membuat yang nggak mungkin tiba-tiba menjadi mungkin gara-gara fikiran kita sendiri. misalnya, banyak kasus pembunuhan terjadi gara-gara cemburu. Padahal kan nggak mungkin ya ada perempuan yang berani membunuh, ituhanya contoh, jangan banyangin yang enggak-enggak.
Bahayanya kalau perasaan cemburu tersebut terus dipendam dan tidak diungkapkan, emosi akan terus tertahan, jika tidak disalurkan suatu saat akan meledak dan akhirnya akan meluap-luap. Sebagai laki-laki, jika Anda menemukan istri/ pasangan sedang cemburu, coba diselesaikan dengan duduk berdua, jangan sampai pasangan/istri Anda meledak-ledak dan akhirnya malah membahayakan rumah tangga. Banyak perempuan yang cemburu pada akhirnya membahayakan dirinya sendiri bahkan anak. Eh pak, tak kasih tau sini, banyak anak yang menjadi korban karena pelampiasan marah ibunya, hanya gara-gara cemburu. Nggak percaya? Coba aja baca sosmed, jangan baca koran terus, nggak nemu itu berita.


Nah itulah 4 waktu dimana perempuan ingin sekali dimengerti, jika Anda para laki-laki menemukan tanda-tanda pasangan anda marah-marah kemungkinan ada 4 hal yang edang terjadi, kalau nggak lagi PMS ya lagi Haid, kalau nggak lagi Haid ya mungkin lagi cape, atau jangan-jangan istri Anda cemburu. Haha..

28 comments :

  1. Wah, sangat bermanfaat sekali informasinya, apalagi untuk para laki-laki yang kurang peka terhadap pasangannya :D

    ReplyDelete
  2. Aduh, saya setuju sekali dengan 4 waktu perempuan yang harus di mengerti laki-laki :D

    ReplyDelete
  3. Itu 4 waktu saya banget, jadi malu hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gosah malu, kita tuh emang butuh bgt dimengerti 😬😬

      Delete
  4. Waktu yang paling saya tidak bisa kontrol ketika PMS, mood saya benar-benar gak karuan sekali :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh saya mah di 4 waktu itu, apa saya nih stress akut ya haha

      Delete
  5. ahahahhaha, wanita semua yang komen. laki laki manut manut aja setelah membaca ini :D

    ReplyDelete
  6. Ada kalanya saat-saat seperti itu jadi momen lucu. Terutama poin 1 dan 4. :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Moment lucu gimana?m gagal paham aku 😭😭😭

      Delete
  7. saya mau nambahin satu waktu yg harus dimaklumi. saat ditanya "kamu kenapa" , dijawab " aku ga apa2".

    nah ini harus diwaspadai haha

    ReplyDelete
  8. kecapean adalah hal yg wajar sih sis.. :) namanya jg lelah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eaaa.. perempuan cape tapi kadang nggak dimengerti laki2 😤

      Delete
  9. hahaha judulnya saya banget deh, kalau lagi pms suami saya udah tahuin deh

    ReplyDelete
  10. Duhhhh tingkat ngamuknya juga sesuaiblevel nih. Dari PMS, Haid, Capek, Cemburu. Lengkingan teriaknya beda. Makin naik nadanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk.. trus klo perempuan cape pasti yg jd korban anak2 duh.. emak marahnya ke anak2

      Delete
  11. Aku seringnya krn capek sih.. Pms alhamdulillah ga pernah sakit lg sampe skr, jd biar lg haid ga nyulut emosi nahan sakit.

    Tp kalo capek dan LAPER, omg, aku bisa berubah jd singa wkwkwkwk. Percayalah, laper itu bikin akal sehat hilang :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mba, makannya banyak orang kalap jadi maling cma gara2 perut

      Delete
  12. Wahhh ini sih mewakili perasaan terdalam dari setiap cewek nih hihi, mudah2an byk cowok yg membaca biar mereka sedikit lebih peka hahahaha

    ReplyDelete
  13. Tambahin 1 lagi mba. Pas hamil, perempuan jadi jauh lebih sensitif. Kata dokter memang hormon bumil begitu, sensitif banget. Hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya lupa akutu.. sama waktu hamil aku juga jd lbh sensitif sih hiks

      Delete

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)