Wednesday, 21 November 2018

Kenapa Nama Blognya Catatanamanda?





Lah terus arepmu opo? Sini tak bisikno, ben kamu tau kenapa aku milih nama blog yang sekarang, sini-sini duduk manis, begini ceritanya..


Kamu sudah baca cerita yang ini belum? Belum? Baca sek, ben nyambung aku lagi ngebahas apa di tulisan ini. pada akhirnya setelah membaca, kamu sudah tau kan asal muasal saya bikin domain kenapa? Disuatu malam yang cerah di Timur Indonesia ketika teman saya tiba-tiba bilang, “Woi, cepetan beli domain sana, lagi diskon!” seketika itulah otak saya langsung berfikir cepat, inilah saatnya untuk segera memiliki domain, saya harus segera berbenah untuk blog yang lebih baik! Akhirnya saya nanya-nanya temen yang blognya sudah ber-domain kan ya bagaimana caranya membuat domain, setelah dikasih tau kisi-kisinya, saya lalu mempelajarinya, mengamati dan kalau ada yang bikin bingung nanya lagi.


Keesokan harinya saya bilang ke pak suami sembari merayu, “Bah, aku pengen beli domain boleh ya, nggak sampe seratus ribu kok bah, lagi promo” kemudian suami mengangguk, itu sih tandanya membolehkan saya rasa, walaupun dia jawabnya lagi manyun :D/.
Seharian penuh sambil membereskan rumah, momong Naqib, melayani suami saya mulai  memikirkan jam  yang pas untuk beli domain, karena tau sendiri dong sinyal di Indonesia Timur itu gimana, susah sinyaaal men! *tuh kan jadi promo filmnya si Ernest*, seharian penuh pula saya memikirkan nama domain yang unik dan mudah diingat orang, karena kata temen saya, kalau memilih nama domain harus memikirkan beberapa hal diantaranya :


1.      Nama jangan terlalu panjang
Kalau namanya panjang-panjang nanti susah dibikin branding katanya, jadi nama domain harus bener-bener singkat, jelas, padat. Jangan yang, www.emaknyanaqibistrinyapaklukman.com ini jelas, kalau misalnya ada kerja sama sangat menyusahkan klien, klienmu bisa muntah duluan sebelum akhirnya memutuskan mengajak kerjasama :D

2.      Nama mudah diingat
Usahakan bikin nama domain yang gampang dan bikin orang selalu inget, kalau itu tuh milik kita, dan mencerminkan kita banget. Pernah loh saya ikutan event, terus ketemu orang, eh dia hapal masa nama blog saya, “Eh kamu Amanda kan? Oh blog kamu yang catatanamanda itu ya?” ih seneng dong saya, nah kan, klo blog kita gampang diinget itu bakalan jadi perbincangan orang-orang. Dan ya, pastinya memberikan benefit tersendiri buat kita

3.      Nama jangan alay
Plis deh, ini kan bikin blog buat jangka panjang kan? Nggak buat sehari-dua hari, nah usahakan kalau bikin domain jangan yang alay namanya. Ya, selain bikin malu, nama alay itu njijiki wkwkwk.. walaupun ada sih keuntungan lainnya kalau nama alay itu bakalan diinget karena akan terus digunjing orang tapi ya plis dah, kalau alay itu hanya akan membuat citra kita menjadi buruk ya jangan dibuat hehe..

4.      Nama jangan bikin orang pusing ngejanya
Pernah nih ya saya nemu blog dengan nama domain susah banget, sumpah! Untungnya saat itu saya tinggal klik link aja untuk menuju blog tersebut, coba kalau disuruh nulis sendiri, amit-amit bikin kesel. Ya boleh sih bikin nama blog yang keren, tapi mikir lagi kita ini tinggal di mana, kalau orang-orang sak-Indonesia ini pada ngerti bahasa asing ya silahkan bikin tapi kalau nggak, plislah pikirin orang lain. Contoh nama domain yang sulit pelafalannya, ini contoh ya contoh, entah ini juga blognya siapa saya nggak tau, incrediblewomen, lafofmylife, beautifulday dll ah nyebelin lah pokoknya.


Setelah coret-coret
Dari beberapa nama yang dicoba, dan saya memutuskan untuk membuat nama domain berbau-bau buku harian misalnya : Diary, catatan, perjalanan dll, daan setelah di test huhuhu… ya masak sih udah dipake orang semua, misal DiaryAmanda, pengen banget bikin domain dengan nama ini, karena ini kan isinya adalah cerita-cerita saya, dimana kadang saya nulis dengan bahasa yang santai khas gaya-gaya diary, tapi sayang udah dipake. Terus nyoba lagi domain dengan nama catatan-amanda, biar lebih mendekati, tapi ternyata juga sudah ada yang pakai, duuuuh maksudnya kan kalau pakai spasi berupa tanda baca itu kan biar orang gampang bacanya, ya udahlah akhirnya saya pilih catatanamanda dan… Alhamdulillah bisa, walaupun yaah… untuk menuliskannya saya harus baca pelan-pelan, karena takut salah kan. Dan itu terjadi berulang-ulang selama hampir 3 tahun saya memiliki blog, ketika menulis, mengetik saya tulis pelan-pelan nama domain saya biar nggak salah, ya habis yang pakai tanda baca sudah dimiliki orang lain, byuhh lah..


Sampai sekarang, walaupun nama domain itu harus dibaca pelan-pelan, domain ini sudah 3 tahun menemani saya menulis dalam suka dan duka, dari yang awalnya hanya diberikan ucapan terimakasih barang untuk di review hingga banyak brand kemudian mempercayakan saya untuk  memberikan penghasilan puluhan juta dalam setahun. Dengan nama catatanamanda pula pelan-pelan orang mengenali saya dengan nama blog ini. laff..

Post a comment

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)