Wednesday, 21 November 2018

Selain Durian Medan, Durian Bengkulu Ternyata Tak Kalah Legit Lho!

foto:unsplash.com/@jonnyclow - ilustrasi durian


 Medan tak hanya dikenal akan Bika Ambon dan Kue Bolu Merantinya saja, melainkan juga terkenal akan buah durian. Jika kamu pernah melancong ke Medan, kamu pasti melihat pedagang buah berbau khas ini di sepanjang jalanan yang ada di Medan. Harga yang ditawarkan pun bervariasi tergantung ukuran buahnya.

Mungkin selama ini kamu sering mendengar jika durian Medan adalah rajanya  buah ini. Durian Medan terkenal akan daging buahnya yang legit dan rasanya yang manis. Namun tahukah kalian jika Bengkulu juga memiliki durian yang tak kalah legitnya dengan Medan? Ada beberapa perbedaan mencolok yang bisa kita bedakan antara dua jenis durian ini.

foto:instagram/@mmaulanam - durian medan
Perbedaan yang pertama adalah dilihat dari kulit  durinya. Kulit duri durian Medan berwarna kuning dan besar-besar. Sedangkan durian Bengkulu memiliki duri kulit yang lebih tipis namun isi daging lebih banyak. Warna dari daging durian medan juga cenderung lebih kuning jika dibandingkan dengan durian Bengkulu. Jangan salah, warna daging ini sama sekali tidak berpengaruh pada rasanya kok.
Perbedaan selanjutnya adalah mengenai biji, biji durian Bengkulu cenderung lebih kecil dengan daging yang tebal jika dibandingkan dengan durian medan. Namun kamu harus pintar-pintar memilih agar mendapatkan kualitas durian yang terbaik. Yang membuat stok durian bengkulu tidak begitu banyak seperti durian medan adalah karena masa panennya yang berbeda. Durian Bengkulu hanya musim sekitar lima bulan saja, sedangkan durian Medan musim panennya adalah sepanjang tahun.

 
foto:ezraap22jurnalistik16.blogspot.com - durian Bengkulu

Banyak yang mengira jika durian hanya bisa dimakan di tempat saja dan tidak bisa dibawa pulang. Padahal sebenarnya kamu bisa kok membawanya, asal tahu peraturan yang berlaku. Jika kamu adalah pelancong dari luar kota yang menggunakan pesawat sebagai transportasinya, kamu bisa juga kok membawa durian ini pulang sebagai oleh-oleh. Berikut adalah tips yang bisa kami berikan:

        Kupas durian dan ambil hanya daging buahnya saja
        Masukkan daging buah tersebut ke dalam kotak plastik yang tertutup rapat
        Setelah itu masukkan kotak tersebut ke dalam plastik bening hingga empat sampai lima lapis lalu rekatkan plastik tersebut menggunakan isolasi secara menyeluruh.
        Masukkan ke lemari pendingin terlebih dahulu sebelum berangkat
        Pastikan terlebih dahulu durian tersebut sudah tidak berbau

 
foto:rri.co.id - packing durian
Meski sudah tidak mengeluarkan bau, durian ini harus tetap masuk ke dalam bagasi dan tidak boleh dibawa masuk ke dalam kabin pesawat ya. Tapi kalian harus ingat satu hal, jadilah pemegang tiket pesawat yang mematuhi peraturan yang berlaku pada maskapai yang ditumpangi, meskipun bawa duriannya sedikit dan kamu sudah yakin tidak mengeluarkan bau lagi, ada baiknya tidak membawanya kedalam kabin . Cek harga tiket pesawat traveloka menuju Bengkulu sekarang dan segera serbu durian Bengkulu yang sangat legit itu.

Tak hanya menumpang pesawat, tips membawa durian ini sebaiknya digunakan juga saat menumpang moda transportasi lainnya, demi kenyamanan bersama!

Post a comment

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)