Menu

Monday, 19 November 2018

/



Kepo deh, pengen tau aja apa pengen tau banget :p? oke gini, silahkan duduk manis ya, saya cerita dikit.


Kenapa menulis di blog?
Jadi awalnya itu gini, dulu tepatnya di tahun 2008-2009 kan saya ngajar di sebuah lembaga kursus ya, karena sana-sini nyari kerja ga dapet-dapet, akhirnya direkomendasiin temen untuk ngajar komputer sesuai latar belakang pendidikan saya di bangku kuliah. Tapi sebenarnya saya tuh dulu males banget kerja kan, saya pengennya langsung kawin, tapi ya demi membahagiakan orangtua saya lakoni pekerjaan saya ini. Yang saya ajarin itu dari anak TK sampai ibu-ibu dan bapak-bapak. Iya murid saya itu beragam banget jumlahnya dan jenisnya. Ada yang gampang banget nerima pelajarannya, ada yang susah banget ngertinya sehingga saya harus berulang-ulang kali ngajarin dia dengan penuh gemes kesabaran.


kalo pengen baca tulisan alay-alay saya buka simpanan tahun 2009nan

Kurikulumnya pun beragam, kalau anak TK yang saya ajarin hanya paint dan ketak ketik biasa, belajar huruf lah intinya. Kalau anak SD mulai belajar dasar-dasar Word, Excel, dan Power point, yang lebih dahsyat kalau saya ngajarin anak-anak kuliahan, mereka sudah dapet materi Internet ya termasuk Blogging di dalamnya. Ya masak sih sebagai ibu guru saya nggak bikin blog padahal itu buat contoh ke mereka, kocak nggak sih misalnya saya ngajar nih tapi media ngajarnya nggak ada, terus sebagai pembuktian saya menguasai materi itu apa? Masak mau bilang ke murid, “Maaf ya anak-anak blognya belum ibu bikin”, byuuh Ya akhirnya saya bikinlah blog demi totalitas.
Sebenarnya dulu waktu jaman kuliah saya sudah punya blog, karena diajarkan juga cara bikin blog dalam sebuah materi kuliah, tapi sayang… yang bapak dosen ajarkan itu cara bikin blog di wordpress padahal yang lebih gampangnya kan bikin blog di blogspot. Ya udah aja blog di wordpress cuma sekedar ada, diisi juga nggak. Karena nggak ngerti cara ngepost disana gimana kan *dodol*.
Berbekal blog untuk materi ngajar itulah saya akhirnya punya blog di blogspot. Dulu… duluuu banget, saya suka ganti-ganti template, aduh alay deh pokoknya. Ada salju-saljunya, ada musiknya, pointernya aja pakai gliter :D, dijamin yang mampir ke blog saya dulu bakalan muntah, sangking alaynya dan cukup berat kalau dibuka. Ngakak kan lo?
Ga hanya tampilannya aja yang alay, isinya juga alay huahahaha… segala rupa curhatan yang nggak jelas ada di sana, ya sekedar ngisi aja daripada kosong. Nanti apa kata murid-murid, ngajarin blog tapi isinya kok nggak ada :D?


Kemudian sadar
Bahwa blog pun bisa menyimpan segala kenangan kalau ditulisnya apik. Setelah menikah saya mulai menulis blog dengan waras, menuliskan kenangan-kenangan yang terjadi ya walaupun masih banyak nulis yang alay sih tapi sudah agak mendingan lah ya hehe.. dan nulis blog ini pun masih sekehendak hati, kalau ada kesempatan aja nulis karena di sisi lain saya juga nulis buku. Saya lebih konsen nulis buku dibanding nulis blog.
Suatu hari teman saya yang sangat konsen di dunia per bloggingan, memberi pencerahan bahwa dari ngeblog pun bisa menghasilkan asal mau serius. Dan semenjak hari dimana temen saya menasehati itulah titik balik saya konsen ngeblog. Saya mulai memperbaiki template yang alay, beli domain, dan memperbaiki isi blog. “Kalau pengen dapet job mulailah menulis, blogwalking, ajukan penawaran, ikut event, dan yang pasti blog kamu jangan iklan terus” begitu kata temen saya, alhasil karena dinasehati kayak gitu ya mulai deh saya rajin ngeblog, nulis kenangan-kenangan yang terjadi, tips-tips dan gaya hidup dan banyak lainnya yang bisa saya bagi di blog. Alhamdulillah berkat kegigihan dan keistiqomahan yang dulunya masih minta buat bayar domain, sekarang saya sudah bisa bayar sendiri, bahkan bisa buat ngebayarin orang banyak *whoo gaya lo*


senengnya kalau pada termotivasi :)

Manfaat untuk orang banyak
Tapi yang terpenting, nulis di blog bukan sekedar materi, tapi apa yang bisa kita kasih ke orang lain, dan orang lain bisa mendapatkan banyak manfaat dari apa yang kita tulis, mereka tercerahkan dan termotifasi. Begitulah awal mulanya, udah ya.. nggak kepo lagi kan? :p

4 comments:

  1. Memotivasi org lewat tulisan itu selain emang kebahagiaan tersendiri ya..aku pun merasakan hal yg sama. Awalnya nulis cuma suka2 aja, diari online aja gitu. Lambat laun org bisa ambil manfaat dari pengalaman yg dibagikan, jd makin semangat utk memotivasi org :)

    ReplyDelete
  2. Aku dulu sempat pengen kerja kantoran setelah lulus kuliah. Sayangnya disuruh cepet nikah sama ortu. Sebagai anak yang patuh dan baik hati...aku nurut tapi nego, nikahnya abis wisuda.
    Aku awal ngeblog dulu isinya cuma curhat gak jelas. Sampai ada beberapa yang aku hapus deh.

    ReplyDelete
  3. Tulisan Emak Naqibe nih terasa banget jujurny n dari hati
    Jadi tau awalny ngeblog tuh karena tuntutan profesi po wkkkk
    Kadang ngerasa... enak dunk ya jd anak IT tuh ilmu coding dah nglonthok yes pasti
    Drpd yg harus belajar sendiri T_T

    ReplyDelete
  4. Inget banget dulu blog kak manda, templatenya biru...aku udah sering baca dari sejak blm pakai domain sendiri...kl gak salah nama blognya dulu tuh bluefeatherku..gitu deh kl gak slah inget. Sampai skrg aq masih suka baca blog kak manda

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...