Friday, 23 November 2018

Mudah Mengatasi Kram Pada Perut





Haid bulanan tidak lancar merupakan keadaan tidak stabil dari proses menstruasi sebagian besar wanita. Wanita memang setiap individunya memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda. Bukan hanya siklusnya, bahkan warna darah menstruasi ataupun gejala-gejala selama menstruasi setiap orang dapat berbeda-beda. Hal ini sebenarnya tidak menjadi masalah, apa lagi untuk wanita remaja yang masih baru dalam siklus menstruasinya. Beberapa hal yang menyebabkan hadi tidak lancer, salah satunya adalah kram perut. Nah dalam artikel ini akan kita bahas tentang cara mengatasi kram perut. Mari kita simak informasi detailnya:


1.      Minum Air Putih hangat

Siapa sangka, obat kram perut alami yang dipercaya bisa meredakan perut kram adalah air putih hangat. Memperbanyak minum air putih hangat saat perut terasa kram, karena air dapat mengurangi kadar asam di lambung. Juga anda sebaiknya mengurangi konsumsi kopi, teh dan minuman alkohol karena akan membuat rasa nyeri semakin bertambah.

2.      Kapulaga

Ambil semua bagian tanaman kapulaga secukupnya dan air satu gelas. cuci bersih semua tanaman kapulaga. Rebus air satu gelas hingga mendidih, saring dahulu dan minum air rebusan selagi hangat. Kapulaga adalah obat kram perut alami yang pantas Anda coba sebagai salah satu cara mengatasi kram perut.

3.      Istirahat

Istirahat dianggap mampu mengurangi rasa sakit pada perut, karena saat tidur tubuh kita menjadi relaks dan otot-otot ikut mengendur. Dengan tidur pula setidaknya kita bisa melupakan rasa sakit yang mendera. Ketika bangun rasa sakit pasti sudah berkurang banyak.



4.      Gunakan Botol Atau Handuk Hangat

Cara mengatasi kram perut selanjutnya adalah dengan menggunakan botol yang diisi dengan air hangat. Biasanya, cara penanganan kram perut ini banyak dilakukan oleh wanita yang mengalami perut kram, akibat sedang datang bulan. Suhu hangat dari air botol dapat membantu untuk mengendurkan otot dan mengurangi rasa nyeri akibat kram usus atau perut. Anda juga bisa mencoba meletakkan handuk hangat di perut. Lakukan cara ini sambil berbaring sampai anda merasa nyaman

5.      Obat Penghilang Rasa Sakit

Obat kram perut dalam bentuk tablet banyak tersedia di apotek. Bisa juga dengan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit seperti parasetamol, untuk mengurangi nyeri akibat kram yang terjadi pada perut. Tetapi, hindari mengonsumsi aspirin atau obat anti-peradangan lain, karena rasa nyeri bisa semakin bertambah.
 
ilustrasi, pixabay

6.      Mengonsumsi Makanan Hambar

Apabila kram pada perut muncul setelah mengonsumsi makanan tertentu, cobalah atasi perut kram dengan mengonsumsi makanan hambar. Seperti, nasi, crackers, pisang atau roti tawar hingga perut kembali normal.

Sebagai wanita, sudah kodratnya ketika datang bulan datang menghampiri. Mungkin sebelum datang bulan datang kita bisa mempersiapkan hal-hal yang sifatnya dapat membantu meredakan peradangan pada perut, selamat mencoba ya girls J



Post a comment

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)