Wednesday 27 November 2019

Itinerary Bandung 4 Night 3 Day

Libur datang, waktunya liburan dong. Sebagai emak yang sibuk akan rutinitas, rasanya jenuh menghabiskan waktu di rumah saja, maka saya memutuskan untuk pergi liburan. Sayang banget lagi-lagi paksu nggak bisa izin dari kantor. Padahal saya lagi baik hati, kepingin bayarin paksu, itung-itung sebagai reward karena sudah memanjakan istrinya selama ini, rugi banget nggak dia nggak mau ikut, kapan lagi liburan di bayarin istri kan? Nggak gentar saya bujuk rayu si abah, mulai dari liburan ke luar negri sampai liburan sekitar Indonesia aja, tetap dia lebih sayang banget sama bosnya, astaga… ya sudahlah daripada bête,  mending saya ngajak orang lain aja, jadilah saya ngajakin adik ipar, lah beruntung banget kan dia, karena tiba-tiba dapat liburan gratis. Kasian dah paksu :D, tapi ajaibnya paksu, walaupun nggak diajak jalan-jalan, dia tetap ngasih saya ongkos, emang baik bener dan suami saya satu itu J

Yeaaay lajan..lajan
Perencanaan liburan dimulai dengan menyusun itinerary, biaya sampai pencarian akomodasi dan hotel. Ternyata hotel-hotel di Bandung itu murah-murah dan bagus-bagus banget, saya dapat hotel murah meriah dengan fasilitas bintang 3 dong, tidak hanya itu lokasinya dekat sekali dengan kota. Setelah semuanya siap, saya kemudian packing dan berangkat. Yeaay.. (sebelumnya jangan kaget kalau misalnya di blog ini banyak banget link, jadi itu link yang mengarah pada review lokasi tersebut, jadi kalian bisa lebih jelas tau lokasi tersebut)

sejauh mata memandang, ini saja yang terlihat :)

Day 1
Keretanya sebetulnya jam 9.17 tapi adik saya nggak mau telat banget, akhirnya berangkatlah kami jam 6, takut macet katanya, ya setelah saya sadar, ini tuh kan libur sekolah, walaupun hari senin yah nggak macet-macet banget, hadeeeeh rasanya pengen balik ke rumah melanjutkan tidur lagi T_T, ya sallam akhirnya menunggulah kami di stasiun kurang lebih 2,5 jam. Kalau nunggu di bandara aja sih nggak apa-apa yah, dingin, banyak makanan, banyak tempat hiburan ini nunggu di stasiun T_T dimana kami menunggu diruang terbuka dan puanaaaas bercampur debu dan asap rokok, sungguh kutersiksa sekalay. Setelah 2,5 jam menunggu, sembari mengerjakan deadline, Alhamdulillah kereta datang dan kami bersiap naik. Selama 3 jam diatas kereta tidak banyak yang bisa dilakukan selain menenangkan Naqib yang bosan, baca, main hape dan lainnya. Beruntung dia tidur tak lama kemudian, saya bisa baca-baca, tapi sebenarnya dia sangat excited karena ini perjalan panjang pertamanya menggunakan kereta, biasanya naik kereta paling banter ke Bogor :D itu juga naiknya dari stasiun Cakung, nggak terlalu jauh yang jelas :D. Perjalanan Bekasi-Bandung ditemani dengan rimbunnya pohon dan banyak persawahan, sebenarnya asri banget, cuma karena suntuk kelamaan di jalan akhirnya nggak menikmati.
Sekitar jam 12 siang kami sampai di Bandung, dan hotel kami tidak jauh dari stasiun, namanya Grand Viveana. Setelah shalat zuhur dan menaruh tas, kami makan siang, tak jauh dari hotel ada café, Tea Bumi nama café itu, biasalah di Bandung itu rumah-rumah bergaya kolonial dipakai untuk usaha kan, nah di Tea Bumi itu seperti itu, makanan di Tea Bumi juga enak-enak, worth it lah sama harganya.

Selesai makan kami memesan mobol (mobil online) ke Jalan Asia Afrika dimana disana terdapat sebuah museum KAA, tapi sayang banget tutup T_T, ya sudah, sembari menikmati sore kami berjalan sambil foto-foto menuju alun-alun kota Bandung. Oh ya jangan lupa untuk foto quotenya Pidi Baiq di bawah lorong sebelum alun-alun. Emosional banget bacanya ngiahaha… Jadi berasa sempurna berada di Bandung :D
Di Jalan Asia Afrika banyak banget spot foto kece, sayang rame banget kalau sore, jadi kalau mau foto ya kudu gantian, jangan lupa juga untuk sempatkan berfoto di globe besar yakni Tugu Asia Afrika, keren banget itu sumpah :D. puas menikmati keramaian Masjid Raya Bandung yang ternyata -kecil aja ya lokasinya, padahal kalau lihat di foto kayaknya luas banget :D- kami kembali ke hotel, istirahat dan pesan makan malam dengan Go Food, malay malehoy keluar.. pengennya bobo J

tau ga, foto disini bau pipis hoeeek..

Jadi hari 1 kita kemana aja?
-          Masjid Raya Bandung
-          Jalan Asia Afrika
-          Alun-alun Bandung

Day 2
Setelah sarapan, pagi-pagi sekali kita sudah menuju Amazing Art World, sangking paginya tempat itu belum buka gaes wkwk… Sebetulnya saya sudah pernah datang ke Museum serupa di Singapura bernama Trick Eye Museum, tapi jujur saya nggak puas, karena waktu itu kayaknya lelah banget, jadi foto-fotonya nggak maksimal, nah sebagai balas dendam saya datang ke AAW ini pagi-pagi biar bisa foto-foto sampai puas, karena pasti kalau siang bakalan banyak orang :D namanya juga tempat wisata yekan.. Dan AAW ini tempatnya 2x lebih luas dari yang di Singapura, ah puas banget foto-foto di banyak spotnya.

atuttttt ada lakcaca

Lanjut dari sana kami ke Museum UPI, eh.. ternyata tutup karena sudah menjelang makan siang heu..heu… nggak pakai mikir, langsung aja kami meluncur ke Museum Geologi Bandung, tempat fenomenal yang hanya bisa saya lihat di buku Geografi dulu. Sayang banget Naqib terlalu lelah dan kepingin banget makan, jadi ke Museum Geologinya hanya sebentar, lagipula ada ruang yang sedang direnovasi dan itu ruang yang kepingin banget saya lihat yakni ruang prasejarah heu…heu…

yaelah backlight T_T

Selesai makan kami menuju Museum Pos Indonesia yang tak jauh dari sana, apalagi yang dilihat selain sejarah Pos dimulai dari sejak jaman penjajahan Belanda sampai saat ini. Ajaibnya Naqib betah banget hahaha.. soalnya dia suka lihat miniatur mobil pos. Tidak jauh dari situ ternyata terdapat gedung sate, masih satu lokasi, ya kira-kia sekitar 200 meter dari Museum pos tinggal jalan kaki, Alhamdulilllah akhirnya lengkap sudah perjalanan ke Bandung kalau bisa foto-foto di Gedung Sate :D, sebenarnya di dalam sini ada Museum, tapi kayaknya sudah tutup.

Allahuakbar gendutnya akuh T_T

Malamnya kami cari makan di PVJ, Mall ini sebenarnya asik buat kongkow, tapi sayang lokasinya terlalu terbuka, sehingga orang bebas merokok disini, sungguh saya nggak nyaman bawa Naqib, akhirnya setelah dapat resto yang pas, makan dan saya memutuskan untuk pulang. Males juga lama-lama, secara saya bukan anak mall hahaha…

Hari ke 2 kita kemana nih?
-          Amazing Art World
-          Museum Geologi
-          Museum Pos Indonesia
-          Gedung Sate
-          Paris Van Java

Day 3
Pagi-pagi banget Lia teriak, “Ka Manda ada tikuuuus”
“Hah dimana?”
“Itu dia loncat dari tempat sampah terus lari ke kolong” ya Sallam, masak hotel sebagus ini ada tikus sih, tapi saya menganggap teriakan si Lia itu alarm buat saya bangun shalat subuh hahaha.. selesai shalat subuh seperti biasa saya nggak bisa tidur lagi, ya akhirnya saya putuskan untuk mendownload film, dan update sosial media, eh tiba-tiba itu tikus lari ke arah saya dari balik kolong, waah nggak beres nih beneran ada tikus. Menjelang pagi saya buru-buru mandiin Naqib, dandan dan ngacir, nggak lupa mangil OB buat ngusir si tikus. Hari ke 3 ini kami bakalan balik lagi ke Museum KAA, karena penasaran akibat hari kemarin tutup, ternyata ruang pamerannya tidak terlalu besar karena disini hanya menampilkan diorama –kenapa sampai terjadi perundingan KAA, sejumlah tamu, perumusan dan hasil- ya itu saja kayaknya, tapi lumayan nambah ilmu, ada pula ruang lain yakni tempat perumusan KAA itu sendiri.

mumpung sepi

Pulang dari KAA kita ke Taman Lalu Lintas, emang sih di Bandung itu banyak banget taman, sampai Lalu lintas aja dibikin taman edukasi, isinya pengenalan rambu-rambu, sewa sepeda buat keliling taman, ada kolam renang, juga tempat kumpul-kumpul, kurang terawat saya bilang, nggak terlalu menarik, tapi kalau mau nyenengin anak dengan cara receh, boleh kesini. Tak jauh dari Taman Lalu Lintas ada Museum Sejarah Bandung, hanya sebuah gedung yang isinya penuh dengan karikatur dan tulisan, menceritakan Bandung pertama kali berdiri. Tempatnya instagramable sekali dan sangat sejuk :D setelahnya kita makan siang dan lanjut jalan-jalan lagi yeaaay… Setelah makan siang perjalanan lanjut ke Museum Sri Baduga, setelah ke sini saya baru tau kalau Sri Baduga adalah raja yang pertama kali memerintah kerajaan Pasundan, tapi museum ini isinya nggak hanya itu sih, masih banyak yang lainnya kayak jaman sejarah dan prasejarah, Bandung dulu dan sekarang, kelilingnya juga nggak sampai selesai karena Naqib mau pup, nah selesai pup ya sudahlah kita pulang hahaha.. mau naik lagi udah malas.

Lanjut jalan-jalan menuju Chinatown, pas baca di Bandung ada Chinatown dalam pikiran saya, wah ini mah kayaknya pusat perbelanjaan kayak di Singapura atau Malaysia, eh ternyata setelah datang tempatnya hanya tempat wisata yang menceritakan sejarah pecinan masuk ke Bandung, juga ada tempat foto-foto yang instagramable, sayang untuk jajan dan belanja-belinji nggak bisa pakai uang tunai, karena semua menggunakan kartu flazz, untung ada saldo 25 ribu hadiah event, jadi bisa beli minum hehehe..

itu loh yg namanya Lia, udh jd bini orang tapi

Pulang dari Chinatown Lia ingin beli kopi di salah satu kedai yang paling fenomenal di Bandung, kopi Aroma namnaya. Pas sampai di lokasi, perasaan sudah bener titiknya :D, setelah ditanya owalah ternyata tutup, ya sudahlah balik aja ke hotel. Setelahnya kami mandi, shalat, dan makan malam pesan Go Food hehe.. lanjut beli oleh-oleh ke Kartika Sari di Dago, pulang dan istirahat deh

Hari ke 3 kemana yaa??
-          Museum KAA
-          Taman Lalu Lintas
-          Museum Sejarah Bandung
-          Museum Sri Baduga
-          Chinatown
-          Kartika Sari Dago

Day 4.
Ini hari terakhir kami berada di Bandung, setelah sarapan, kami packing dan lanjut datang ke Museum Pendidikan Indonesia, masih penasaran karena kemarin belum sempat kemari. Setelah puas, kami jalan-jalan ke Cihampelas Walk untuk makan siang, balik ke hotel untuk ngambil barang dan pulang balik ke Bekasi dong J

Pengeluaran :
Day 1 :
-          Pergi ke stasiun : Rp. 60.000
-          Makan malam : Rp.75.000
-          Jajan cireng : Rp. 20.000
-          Total : Rp.396.500

Day 2 :
-          Ongkos ke Amazing Art World : Rp.35.000

-          Pulang : Rp.20.000
-          Makan Liya : Rp.25.000
-          Total : 1.237.987

Day 4 :
-          OTW UPI : Rp.30.000
-          OTW rumah : Rp.70.000
-          Total : Rp.416.000

Total :
Day 1 : Rp.396.500
Day 2 : Rp.585.377
Day 3 : Rp.1.237.987
Day 4 : Rp.416.000
Tiket Kereta PP bertiga : Rp.644.837
Hotel 3 malam : Rp.1.142.653
Total : Rp.4.423.351

Ya, seperti itulah itinerary saya selama perjalanan ke Bandung, ini saja masih banyak yang belum dikunjungi, kayak Museum Nike Ardila, Museum Seni yang isinya lukisan, Up side down Bandung, dll next timelah, sekalian main ke Lembang, btw, pengeluaran diatas bisa kurang bisa lebih ya, tergantung kebutuhan dan banyaknya anggota keluarga J

4 comments :

1. sepertinya seru banget itinerary bandungnya mbak, jadi ngiler nih pengen ke bandung

ReplyDelete
  2. Woooww, detail banget itinerary-nya! Bisa banget dijadikan referensi dan membantu sekali :)

3. Keren si mbak, bisa tetap senyum n gaya meski foto dekat bau pipis hehehe

4. Kayaknya seru. Jadi pingin juga mampir Bandung. Ohya, berarti waktu foto tahsn napas ya.hehe

ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)