Friday 22 November 2019

Cara Mendeteksi Kanker Payudara Sejak Dini Pada Pria




Kanker payudara identik dengan wanita, namun pria juga bisa terkena penyakit ini. Persentasinya memang hanya 1 persen, namun jika di keluarga Anda ada yang terkena kanker, wajib untuk diwaspadai. Jangan malu untuk konsultasi dan memeriksa payudara di dokter, ini cara mendeteksi kanker payudara sejak dini pada laki-laki.


Anda Laki-Laki? Ini Cara Mendeteksi Kanker Payudara Sejak Dini

1. Mengamati Payudara di Depan Cermin
Setelah mandi dan menyeka badan dengan handuk, jangan terburu-buru memakai baju. Amati payudara baik-baik. Biasanya pria cenderung cuek dengan bagian tubuhnya, namun tak ada salahnya memeriksa badan, terutama pada bagian dada. Lihatlah dada di depan cermin. Periksa apakah ada benjolan di aerola (bagian yang berwarna agak gelap di dekat puting). Biasanya, tonjolan itu tidak terasa sakit ketika dipegang.

2. Memeriksa Putting Dengan Rabaan Tangan
Puting pada inti payudara juga wajib diperiksa sebagai cara mendeteksi kanker payudara sejak dini pada laki-laki. Gunakan tangan untuk meraba puting. Jika ada luka di puting atau bagian di dekatnya, namun masih sakit ketika sudah rutin diberi obat merah maka waspadalah. Apalagi jika bentuk puting menjadi aneh, tidak menonjol tapi malah melesak ke dalam.
Kondisi puting yang payudaranya terkena kanker juga mengeluarkan cairan yang berbau kurang sedap. Warnanya juga tidak hitam atau cokelat gelap, tapi berubah jadi kemerahan. Selain itu, puting yang sakit juga membengkak dan bisa mengeras, seperti kena infeksi. Jika kondisi dada seperti itu, maka cepat-cepatlah pergi ke Rumah Sakit untuk diperiksa oleh dokter.



3. Mamografi Sebagai Cara Mendeteksi Kanker Payudara Sejak Dini
Jika pemeriksaan dengan rabaan dan pengamatan kurang memuaskan, maka dokter akan menyarankan mamografi pada dada Anda. Caranya, dada akan diperiksa dengan alat dan disorot sinar X-ray. Mirip seperti pemeriksaan dengan rontgent. Jadi, nanti dokter akan melihat foto hasilnya dan meneliti, apakah ada sel yang mencurigakan dan berpotensi jadi kanker.
Jangan malu untuk pergi ke laboratorium karena lebih baik mengetahui sejak awal, keanehan pada dada Anda ini karena kanker atau infeksi biasa. Jika memang kanker payudara stadium awal, maka akan lebih cepat diobati dan akan segera sembuh. Mamografi adalah cara mendeteksi kanker payudara sejak dini dan sebaiknya dilakukan saat Anda berusia 40 tahun. Semakin bertambah usia, maka resiko terkena penyakit ini akan membesar.

4. USG Mammae
USG mammae adalah pemeriksaan payudara dengan gelombang ultra sono grafi. Rupanya, USG tidak hanya diperlukan oleh ibu hamil, tapi juga bagi pasien yang terduga kena kanker payudara. Biaya USG lebih miring daripada mamografi, mulai dari 250.000 rupiah (tergantung dari kebijakan Rumah Sakit). Jadi ada dokter spesialis yang menyarankan untuk USG saja.

Cara USG payudara adalah dengan membuka baju, lalu bagian dada Anda akan dipulas dengan gel khusus. Setelah itu, ada alat bernama transduser yang bentuknya memanjang seperti tongkat, yang akan menelusuri tiap inchi pada payudara dan juga bagian bawah ketiak. Hasil penyinaran USG akan terlihat pada layar monitor dan dokter akan tahu, sel yang mencurigakan itu adalah kanker payudara, kista, atau bukan.

Cara mendeteksi kanker payudara sejak dini wajib dilakukan walau Anda seorang pria. Potensi kanker pada dada memang sangat kecil, namun jika ada faktor genetika atau Anda obesitas, wajib untuk lebih waspada. Jangan segan untuk menelepon dokter dan membuat janji untuk konsultasi. Dari beberapa pemeriksaan di atas, mana yang pernah Anda lakukan?
Anda ingin USG payudara, tapi sedang bokek? Cekaja.com siap membantu Anda dalam masalah keuangan serta kesehatan. Bila   anda ingin info lebih lanjut mengenai kanker payudara kunjungi https://www.cekaja.com/info/yuk-kepoin-penyebab-gejala-dan-cara-mendeteksi-kanker-payudara/ untuk info lebih lanjut mengenai kanker payudara.


1 comment :

  1. Ehhh baru tahu saya kalau ada kanker payu dara di cowok. ahhahah. nice post mbak.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)