Monday, 18 November 2019

Inilah Beberapa Masalah Haid yang Sering Dialami Wanita





Menstruasi merupakan salah satu tolak ukur untuk mengetahui kondisi kesehatan sistem reproduksi wanita. Dimana sistem reproduksi dikatakan sehat jika mengalami menstruasi yang lancar setiap bulannya dengan siklus menstruasi yang teratur yaitu 28-30 hari. Sehingga jika Anda tidak mengalami hal demikian, sebaiknya Anda segera mencari tahu penyebabnya agar bisa mencari solusi terbaik. Karena sistem reproduksi merupakan bagian penting bagi wanita yang tidak boleh dianggap remeh. Terutama yang berhubungan dengan bisa memiliki keturunan di masa depan atau kesuburan, serta terhindar dari resiko buruk yang menyerang sistem reproduksi.


Ada beberapa masalah haid yang sering sekali melanda wanita. Masalah-masalah ini tentunya tidak bisa dianggap sepele jika terjadi terus dan berulang-ulang. Adapun beberapa masalah yang sering dialami, antara lain:

  1. Jadwal haid yang tidak menentu.
Normalnya, siklus menstruasi yang terjadi setiap bulannya tidak akan mengalami perbedaan. Ketika haid yang datang tidak seusai jadwal, maka bisa jadi ada yang tidak beres dengan kondisi sistem reproduksi Anda. Penyebab haid tidak teratur ini biasanya disebabkan karena ada masalah pada kelenjar tiroid pada leher yang berperan sebagai pengatur hormone. Kondisi ini bisa menjadi pertanda terkena penyakit hipotiroidisme yang menyebabkan menstruasi tidak menentu.

  1. Terlambat datang bulan.
Menstruasi yang tidak teratur bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti stress, pola makan tidak sehat, berolahraga berlebihan, dll. Jika kondisi ini berlangsung selama lebih dari 3 bulan, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.



  1. Haid dengan keluar darah yang sedikit.
Hal ini juga tidak boleh dianggap remeh. Karena hal ini juga bisa disebabkan karena faktor gaya hidup, usia, genetik, penggunaan alat kontrasepsi, sindrom PCOS, dll. Sehingga jika mengalami terlalu sering, sebaiknya lakukan cara agar darah haid keluar deras, seperti mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, mengganti ke jenis alat kontrasepsi yang lain, dll.

  1. Pendarahan lebih dari satu minggu.
Umumnya datang bulan akan berlangsung selama 5-7 hari. Saat pendarahan haid sangat berlebih dan berlangsung dalam waktu yang lama, Anda sebaiknya jangan mengabaikannya. Karena hal ini bisa menyebabkan Anda lemas akibat kehilangan darah dalam jumlah yang banyak. Terlebih jika memiliki riwayat anemia.

Nah biasanya kamu mengalami yang mana nih girl’s? kalau aku seringnya mengalami yang nomor 1 dan 2, tapi setelah menikah akhirnya haid lancar juga. Cerita yuk permasalahan haid yang sering dialami di kolom komentar


Post a comment

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)