Sunday 18 November 2018

Tips Merawat Buku agar Tidak Cepat Rusak



Anda suka membaca buku dan punya perpustakaan pribadi? Membaca buku memang hobi yang mengasyikkan, Anda bisa larut dengan cerita di dalamnya dan merasa rileks. Buku-buku menjadi sahabat Anda saat kesepian. Koleksi buku Anda semakin bertambah karena ada banyak toko buku online yang menjual buku dengan harga murah dan rak buku jadi penuh sesak. Pernahkah Anda menyesal karena salah satu buku kesayangan rusak karena salah menyimpannya?


Ini cara Merawat Buku agar Tetap Awet
1. Sampul Buku
Menyampul buku memang terlihat sepele, namun sampul plastik mampu membuat cover buku aman dari debu dan juga cairan. Buku yang tersampul rapi, covernya juga bebas dari resiko sobek. Lebih baik Anda membeli sampul plastik yang mungkin harganya tak sampai 2.000 rupiah per lembar, daripada sampul buku kesayangan sobek dan rusak.

2. Jemur Secara Berkala
Kelembaban adalah musuh bagi buku, karena bisa membuat buku berwarna kuning dan rusak. Ambil seluruh koleksi buku Anda, lalu jemur satu per satu di bawah terik matahari. Bukalah perl lembar buku saat proses penjemuran. Buku akan kering dan tetap awet. Anda bisa melakukan penjemuran ini setiap 4 bulan sekali.



3. Lapisi Rak Buku dengan Cat Anti Rayap
Anda masih memakai rak kayu untuk menyimpan buku? Sebelum digunakan, lapisi rak dengan cat pelapis anti rayap. Rayap yang nakal akan menggerogoti buku dengan senang hati, jika rak tidak dilapisi terlebih dahulu. Harga cat anti rayap itu tidak terlalu mahal, namun bisa melindungi koleksi buku Anda agar lebih awet.

4. Jangan Simpan di Kardus
Bagaimana jika rak buku Anda tidak muat lagi menyimpan semua buku yang dulunya dibeli di toko buku online? Jangan pernah menyimpan buku-buku di dalam kardus. Penyimpanan di kardus lebih beresiko, karena bisa jadi kardus terkena tumpahan air dan buku jadi basah dan rusak.
Buku yang disimpan dalam kardus yang rapat juga bisa lebih lembab, sehingga lembarannya jadi tertempel. Menyimpan dalam kardus memang praktis, namun lebih beresiko karena buku bisa dimakan rayap. Jika rak buku Anda sudah terlalu penuh,, simpan buku di kontainer plastik bertutup rapat.

5. Kembalikan Buku ke Lemari setelah dibaca
Apa Anda suka membaca buku sebelum tidur? Hati-hati, kembalikan buku setelah dibaca. Buku yang Anda bawa ke tempat tidur bisa beresiko lungset atau sobek secara tidak sengaja. Jika Anda ingin menyimpan buku dengan mudah, buatlah rak buku yang posisinya ada di kolong ranjang.

6. Pisahkan Buku Menurut Kategori
Anda sering membaca suatu novel karena ceritanya sangat menarik? Pilih beberapa buku favorit Anda, lalu taruh di bagian rak yang sama. Sementara, buku yang jarang Anda baca disimpan di bagian rak yang lain. Penyimpanan ini akan memudahkan Anda saat akan membaca buku favorit. Buku yang jarang dibaca akan lebih awet karena sampul bukunya tidak bergesekan oleh buku favorit Anda.
Merawat koleksi buku memang membutuhkan waktu dan ketelatenan. Perawatan buku tidak memerlukan uang banyak. Anda hanya perlu menyampuli buku, menjemurnya, dan menyimpannya dalam kontainer jika rak sudah penuh. Dapatkan buku berkualitas baik hanya di Bukalapak. Harganya terjangkau dan Anda akan makin suka membaca

2 comments :

  1. Wah baru tau kalo buku juga harus dijemur, pantes beberapa buku-ku kertasnya mulai menguning, hiks! Thanks sudah berbagi tips merawat bukunya ya. Bermanfaat! :D

    ReplyDelete
  2. baru tau kalau buku hrs dijemur hehehe

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)