Saturday 10 November 2018

Beragam Peraturan Tak Tertulis yang Perlu Anda Perhatikan Saat Berpakaian Formal




Saat Anda diudang untuk menghadiri acara resmi, maka penggunaan pakaian formal jadi suatu hal yang wajib. Karena, penggunaan pakaian formal akan membuat Anda terlihat menghargai pemilik acara tersebut serta membuat Anda akan terlihat lebih rapi dan berkharisma. Meskipun demikian, penggunaan pakaian formal tidak dapat dilakukan secara sembarangan seperti saat Anda berpakaian sehari-hari di rumah. Karena, ada beragam peraturan tak tertulis yang perlu Anda ketahui saat berpakaian formal. Berikut ini beberapa peraturan yang perlu Anda ketahui.



Warna Ikat Pinggang dan Warna Sepatu

Pemilihan warna pakaian pria formal merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan, namun pastikan juga Anda menyesuaikan warna kiat pinggang dengan warna sepatu Anda. Karena, warna ikat pinggang yang sesuai dengan warna sepatu akan membuat pakaian yang Anda kenakan jadi lebih matching. Misalnya, apabila Anda menggunakan sepatu berwarna hitam maka gunakan juga ikat pinggang yang berwarna hitam. Tapi, pastikan juga Anda menyusaikan warna sepatu dengan pakaian yang digunakan agar tidak terlihat mencolok dan terlihat aneh saat menggunakan pakaian formal tersebut.


Warna Dasi dengan Warna Kemeja

Salah satu elemen wajib dalam pakaian pria untuk acara formal adalah penggunaan dasi. Dasi memberikan kesan bahwa Anda merupakan seorang yang profesional dan elegan. Saat menggunakan pakaian formal, usahakan untuk memperhatikan warna atau motif dasi yang akan digunakan. Karena, warna dasi yang kontras akan membuatmu terlihat tidak cocok menggunakan dasi tersebut. Usahakan untuk memilih dasi dengan warna yang senada dan sedikit lebih gelap dari jas yang Anda kenakan. Pastikan juga panjang dasi yang Anda gunakan tidak melebihi bagian pinggang agar dasi tersebut terlihat cocok untuk Anda gunakan.



Kancing pada Jas

Saat mengenakan jas, Anda akan dihadapkan pada pilihan apakah ingin mengancing jas tersebut atau tidak. Karena, biasanya terdapat 2 sampai 3 kancing yang ada di jas dan Anda harus tahu bagaimana cara mengancing jas tersebut. Saat sedang berdiri, kancinglah jas tersebut pada bagian kancing paling atas atau bagian tengah jika jas yang Anda kenakan memiliki 3 kancing. Akan tetapi, saat sedang duduk, buka seluruh kancing jas tersebut dan biarkan kemeja Anda terlihat saat sedang duduk. Hal ini merupakan salah satu peraturan tak tertulis yang perlu Anda ketahui karena sangat diperhatikan ketika menghadiri acara formal.


Pastikan Ukuran Sesuai dengan Postur Tubuh

Penggunaan jas tidak hanya harus disesuaikan dengan warna pakaian lainnya melainkan juga postur tubuh Anda. Setiap orang memiliki postur tubuh yang berbeda-beda sehingga Anda perlu menyesuaikan ukuran kemeja dan jas sesuai dengan postur tubuh Anda. Khusus untuk jas, usahakan untuk membuat jas khusus untuk Anda sendiri agar dapat disesuaikan dengan postur tubuh Anda. Sehingga, jas tersebut akan terlihat cocok dengan Anda dan tidak terlihat terlalu besar atau sempit saat digunakan.


Tonjolkan Kemeja dari Jas di Bagian Tangan

Tidak hanya ukuran yang harus disesuaikan dengan postur tubuh Anda, pakaian pria formal juga harus memperhatikan panjang kemeja dan jas yang Anda kenakan. Karena, ada peraturan tak tertulis yang perlu Anda ketahui mengenai panjang kemeja dan jas di bagian tangan Anda. Pastikan Anda menonjolkan kemeja Anda di bagian tangan dengan menunjukkannya sekitar 1 cm. Jadi, pastikan jas yang Anda kenakan tidak menutupi seluruh kemeja agar Anda terlihat profesional saat mengenakan pakaian formal.
Memperhatikan peraturan tak tertulis saat menggunakan pakaian formal sangatlah penting jika Anda ingin menghadiri acara resmi. Tapi, pastikan juga Anda menjaga etika yang perlu diterapkan saat menghadiri acara tersebut. Karena, etika yang Anda tunjukkan akan membuat Anda terlihat profesional dan pantas untuk menghadiri acara tersebut. Selamat mencoba!


6 comments :

  1. tip tip yang bermanfaat….
    thank you for sharing

    ReplyDelete
  2. Aku suka banget style memperlihatkan ujung kemeja saat memakai jas, bener, bikin keliatan lebih profesional menurutku (dan kalau lagi agak nyantai, nggulung jasnya 3 kali, lebih keliatan stylish :p)

    ReplyDelete
  3. Dulu pria selaku pakai pantovel ke kondangan, yang wanita pakai selop atau highheels. Sekarang, udah jamak melihat sepatu kets di kondangan :)

    ReplyDelete
  4. Biasanya org2 msh kalau kalau soal pemilihan warna hahaha, banyak yg suka tabrak lari, tapi OK lah selama mereka nyaman dan PD hahhaa

    ReplyDelete
  5. yang kaya gini nih yang gak banyak orang tahu, padahal penting banget ya...

    ReplyDelete
  6. pantesan yaaa, jas itu disarankan di jahit berdasarkan ukuran tubuh pemakai, bukan beli jadi ;p. tp aku blm nemu tempay jahit jas yg hasilnya bagus tp harga murah ;p.. selalunya kalo yg bagus dan enak dipakai, dijamin mahaaaal :D.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)