Menu

Tuesday, 26 February 2019

/



Sepertinya tagline ini ada benarnya juga, sebab gara-gara Air Asia saya bisa 2x terbang ke luar negri. Pertama ke Malaysia, kedua ke Singapura. Penerbangan kedua saya bawa keluarga, sebuah hal yang mustahil pergi keluar negri jika harga tiket pesawatnya mahal, dan Air Asia mewujudkan mimpi saya di siang bolong :D.

Sebagaimana tiket murah, pasti pelayanannya akan menyesuaikan dengan harganya dong, sebelum saya mengenal Air Asia, orang-orang yang pertama kali menggunakan maskapai ini menakut-nakuti, katanya milih nomer bangkunya kayak naik bis, rebutan. Nyatanya, 3x naik Air Asia (pulang-pergi dari Malaysia dan pergi ke Singapura) duduk kok nggak rebutan? Malah dikasih nomor kursi, ajaib bener hoaxnya. Air Asia ini bagi saya dewa penolong banget, harga tiketnya beneran bikin mimpi-mimpi orang yang kepingin terbang ke luar negri jadi kenyataan, bagi saya tiket-tiketnya beneran low banget, nabung sebulan bisa dapet tiket pergi, dua bulan kekumpul tiket pulang, tapi tergantung nabungnya juga sih wkwk.. kalo banyak dan bener-bener irit ya, bisa beli tiket pergi dan pulang dalam 1 bulan, nabung bulan ke 2 bisa buat biaya nginep dan ongkos, nabung bulan ke 3 bisa buat biaya cadangan. 


Dulu waktu ke Malaysia saya hanya modal 2 juta bisa beli tiket PP Malaysia-Jakarta-Malaysia, biaya nginep, biaya makan dan oleh-oleh, oleh-olehnya banyak lagi, semua temen dapet, sampai keluarga kebagian. Nah yang ke Singapura ini nggak bisa hanya bawa duit 2 juta, karena bawa keluarga kan. Tapi gara-gara Air Asia tiket perginya jadi ramah kantong banget.

antri check in dulu kaka...


Fasilitas-fasilitas
Sebagaimana ketika mengeluarkan harga ramah kantong sudah pasti fasilitas yang didapat tidak bisa plus-plus, yah dimana-mana kan memang begitu harga murah yah fasilitas sesuai harga. Lah kok enak pengen murah dapat meriah haha.. walaupun ada beberapa yang bayar, tapi fasilitasnya tetap ramah kantong. Karena seperti yang kita tau, ada maskapai yang menerapkan bagasi berbayar, dan ini bagasinya mahal banget, bahkan ada yang setara dengan harga tiketnya sangking nggak manusiawi banget. Lalu apa saja fasilitas-fasilitas dari Air Asia?

karena low budget, pesawatnya penuh banget *beberapa baru naik*
b
·         Bagasi Berbayar
Karena harganya murah, Air Asia tidak menyediakan bagasi. Melainkan kita harus membelinya pada saat booking ticket, harga bagasinya standar tidak terlalu mahal, untuk bagasi 15 kg harganya Rp.252.000, bagasi 20 kg harganya Rp.263.000, bagasi 25 kg harganya Rp.384.000, bagasi 30 kg harganya Rp.395.000, bagasi 35 kg harganya Rp.515.000, bagasi 40 kg harganya Rp.526.000. Pada saat pergi, bagasi saya hanya 12 kg :D, padahal ini bertiga. Saran saya kalau mau pergi-pergi pakai Air Asia, coba sebelum berangkat iseng tarok baju yang mau dibawa terus ditimbang. Nah setelah ketahuan beratnya baru beli ticket, jangan kayak saya beli ticket dulu baru nimbang. Alhasil, karena takut over bagasi saya beli bagasi yang 25 kg, lebihnya banyak banget kan. Kalau tau hanya 12 kg, mending beli bagasi yang 15 kg aja T_T.. ya udahlah ini pelajaran. Tapi pulangnya lumayan juga sih, sekitar 21 kg, karena bawa pakaian basah kan sama oleh-oleh. Bagasi banyak saya rasa ketika bepergian ke negara 4 musim deh, kalau masih seputaran Asia sih kayaknya nggak terlalu besar bagasinya.



·        Meals
Sama seperti bagasi, meals di Air Asia juga berbayar. Sewaktu narok bagasi di counter check in, setiap penumpang ditanyain mau beli makanan nggak? Kalau mau beli, bisa pilih dan bayar ditempat, pas dipesawat tinggal kasih boarding pass, tapi karena waktu itu mefet banget sama waktu keberangkatan *karena nggak disangka-sangka saya kena macet*, akhirnya pembelian makanan ditutup. Tapi kita bisa kok beli meals dipesawat, bayar diatas juga. Saat itu sudah siang, saya pikir beli makanan buat Naqib aja karena dia paling nggak bisa telat makan kan, kalau kita mah telat makan nggak apa-apa, perut orangtua udah kebal banget hihi.. Harga yang dipatok untuk satu kotak makan *tidak dengan minum* adalah Rp.55.000, menu-menu saat itu adalah :
  • ·         Sweet and sour chicken with rice
  • ·         Chicken teriyaki with rice
  • ·         Nasi kuning manado
  • ·         Pak nasser's nasi lemak
  • ·         Roasted Chicken With Pesto Cream Sauce
  • ·         Uncle chin's chicken rice
  • ·         Nasi padang uda ratman
  • ·         Glutinous rice with chicken
  • ·         dll

Naqib pesan Chicken teriyaki, rasanya lumayan sih. Tapi ekspektasi tidak sesuai kenyataan, di gambar saya lihat jamurnya gede banget, pas dibuka tutup mealsnya, jamurnya hanya segede kelingking :D bagi orang lafar, bodo amat dah yang penting perut kenyang :D.


3 kali naik Air Asia, landing dan take offnya mulus, walaupun pesawatnya kecil kok nggak berasa banget. Mulus…lus..lus… tapi sayang banget, karena ini pesawat low budget masih banyak orang yang semena-mena, seperti orang di belakang saya, padahal sudah disediakan kantung muntah disetiap bangku, ndilalah kok dia muntah di dinding pesawat dan ketika saya menengok kebelakang yang dianya juga melihat saya, dia tetap melanjutkan muntahnya tanpa dosa. Astaga… untung saat itu mau landing, saya jadi beneran ilfil sama orang dibelakang.


Untuk ukuran bangku, bangku di Air Asia tidak terlalu sempit, ya standar aja tapi bangkunya agak kurang nyaman, semacam bangku yang ada di tukang cukur begitu empuk tapi berasa krenyes-krenyes, lagi-lagi saya tidak boleh mengeluh karena harga tiket yang murmer hihihi.. over all saya puas dengan pelayanan Air Asia, apalagi waktu itu saya lupa masukin cairan ke dalam bagasi dan hampir di sita karena lebih dari 100 ml tapi petugas Air Asia sigap menolong saya, mumumu… sungguh saya nggak kapok naik maskapai ini, Thanks Air Asia J

2 comments:

  1. Saya belum pernah ke LN naik Air Asia, Mbak. Alhamdulillahnya malah dapat Citilink kemarin keberangkatan 21 - 24 Feb 2019. PP Surabaya - Kuala Lumpur - Surabaya kena 515 ribu. Dapat makan pula. Bagasi free 10 kg plus kabin 7 kg. Padahal beli tiketnya Januari 2019

    Belum pernah dapat rejeki tiket murah di Air Asia, nih, huhu..

    ReplyDelete
  2. Maskapai favorit.. berkat 'bantuan' AirAsia aku juga bisa ke LN. Tapi ya namanya juga maskapaki LCC, jadi fasilitas juga seadanya ya. But, ngga masalah yang penting bisa ke LN hahaha

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...