Menu

Thursday, 21 February 2019

/



Bandara Changi Singapura adalah salah satu bandara terbaik se-dunia, begitu kata orang-orang, bagaimana tidak, Changi menyajikan begitu banyak fasilitas gratis untuk para pengunjungnya, siapa pun yang datang ke Changi akan merasa terpesona dengan keindahannya. Selain itu, berada di dalam Changi, menunggu pesawat tidak lagi terasa membosankan, karena begitu banyak aktifitas yang bisa kita lakukan di dalamnya mulai dari yang berbayar, sampai yang gratis, salah satunya adalah melihat sebuah fasilitas taman kupu-kupu yang sangat indah.



Sebelahan sama Garbarata
Butterfly Garden ini terletak di terminal 3 Changi International Airport Singapura, kebetulan saat pulang saya akan menaiki maskapai Garuda Indonesia, nah Garuda ini berada di terminal 3, akan beda ceritanya jika saya naik maskapai lain, mungkin saya tidak akan bisa melihat Butterfly Garden, karena Butterfly Garden hanya khusus berada di terminal 3. 



Masuk ke dalamnya kita tidak akan merasa berada di dalam bandara, tapi lebih berasa masuk ke dalam hutan hihihi.. Butterfly Garden ini merupakan taman di dalam bandara pertama di dunia. Kalau dari luar sih kita hanya akan melihat pohon-pohon menjulang tinggi dengan aneka macam tumbuhan, nah begitu masuk kita akan merasa seperti berada di dalam hutan tropis, padahal kalau mau lihat di sisi bagian belakang dimana terdapat jendela bening, akan terlihat pesawat-pesawat pada parkir di sana, bahkan tempat ini sepertinya sebelahan sama garbarata, tempat dimana penumpang akan menuju pesawat. Yah kalau mau menghayati, cobalah turun ke bagian bawah, dimana banyak aneka tumbuhan liar berada.

pengunjung terlihat antusias


Hanya boleh memotret
Di bagian pintu masuk sudah diperingatkan, di dalam ruangan ini tidak boleh makan-minum apalagi berbuat onar, karena akan membuat kupu-kupu menjadi tidak nyaman, kalau kupu-kupu tidak nyaman hanya akan merusak habitatnya. 

dibelakang saya itu air terjun mini, walaupun mini tapi suaranya fantastis syahdu

Yang hanya boleh dilakukan adalah memotret dengan hati-hati jangan sampai membuat kupu-kupu yang ada di dalamnya menjadi tidak nyaman. Keluar masuk pintu pun harus hati-hati jangan sampai ada kupu-kupu yang ikut keluar. Maka ketika berada di pintu masuk saya memperhatikan sekeliling, jangan sampai ada kupu-kupu yang curi-curi kepingin kabur wkwk.. 





Pertama kali masuk di sisi bagian kanan terdapat bunga kantung semar, bunga-bunganya bergelantungan di antara pohon-pohon, di bagian atas ini belum banyak kupu-kupu berkeliaran, lalu di sisi bagian kanan terdapat tangga yang menghubungkan lahan atas dan lahan bawah. Di sisi bagian kanan dan kiri tangga juga terdapat banyak tanaman liar dengan keterangannya, pada bagian kiri terdapat air terjun setinggi 6 meter, beneran kayak berada di dalam hutan tropis saya. Bau-bau tanaman pun kuat banget di sini.






Melihat kupu-kupu berkembang biak
Di lahan bawah kita akan menyaksikan ribuan kupu-kupu tropis berterbangan dan hinggap dari satu tanaman ke tanaman lain, beberapa petugas terlihat sibuk membersihkan tangga, merapikan dan menggunting tanaman dan ada pula yang menyemproti tanaman dengan cairan khusus, mereka tidak begitu memperdulikan pengunjung yang ramai berdatangan, wajah-wajah mereka terlihat sibuk, mungkin petugasnya mikir, “Toh mereka semua sibuk berfoto dan memperhatikan kupu-kupu yang lagi terbang, ngapain gue ikutan sibuk” :D. Kalau kamu suka sekali dengan hal-hal yang berbau alam pasti betah sekali duduk diam di sini, melihat ratusan bunga dan ribuan kupu-kupu hilir mudik kesana kemari.




Ada lebih dari 40 spesies kupu-kupu dikembangkan dalam ruangan tersebut, di salah satu sudut kita dapat melihat tabung bening berisi ratusan kepompong, semuanya seperti siap mengeluarkan kupu-kupu. Ruangan ini pun didesain dengan gua mini yang dibagian atasnya terdapat air terjun bergemericik, ya ampun suasananya beneran syahdu walaupun sebelahnya tempat parkir pesawat, sesaat saya merasa seperti berada di alam yang lain bukan di bandara wkwk.. suhu ruangan pun menyesuaikan seperti kondisi di dalam hutan, nggak terlalu panas juga tidak terlalu dingin.
Tidak ketinggalan, kita akan melihat langsung kupu-kupu liar ini menghisap sari-sari tanaman, di beberapa sudut ada potongan-potongan buah yang mengeluarkan bau kurang sedap, saya agak-agak eneg sih nyium baunya, alhasil kalau ada potongan buah saya mendingan jauh-jauh dari tempat itu dan yang bikin kesel kupu-kupu banyak hinggap diatasnya, kan mau motret agak-agak gimana gitu sambil tahan napas motret, mungkin ini makanan kupu-kupu kali ya. Di sisi lain, saya seperti sejenak belajar proses perkembangbiakan kupu-kupu di dalam habitat ini.

kupu-kupunya lagi mamam nanas


Jika kamu berkesempatan mampir di terminal 3 bandara Changi Singapura, jangan lupa berkunjung ke Butterfly Garden ini ya, dijamin betah banget pengen motretin kupu-kupu liar ini semuanya.

Butterfly Garden
Changi International Airport Terminal 3
Buka dari jam 8 sampai jam 5 sore.

19 comments:

  1. Lumayan buat ngadem memang tempatnya. Changi memang bukan sekedara bandara tapi jg jadi tempat wisata ya.

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, di sebelah rumah masih ada kebun, itu pepagi kupu2 kadang rame datang, anak2 suka ngeliatnya. soalnya pemandangan jarak kan yah bisa liat langsung. btw itu kupu2 bagus2 banget warnanya mak manda

    ReplyDelete
  3. Iya di sana jadi g bete ya nunggu jam keberangkatan

    ReplyDelete
  4. Wah bagus banget nih tempatnya. Banyak kupu-kupunya

    ReplyDelete
  5. Cantik banget sih kupu-kupunya. Aku suka banget tuh yang warna kuning hehe

    ReplyDelete
  6. Keren banget nih tempatnya. Bisa lihat kepompong yang bisa jadi kupu-kupu secara langsung

    ReplyDelete
  7. Wah tempat ini cocok buat yang hobi fotografer nih hehe :D

    ReplyDelete
  8. Pasti ada banyak kupu-kupu yang beterbangan kesana kemari ya. Aku jadi pingin ke sana juga nih wkwk

    ReplyDelete
  9. sangat menarik....semoga di Indonesia bisa kayak gitu

    ReplyDelete
  10. wah semoga di Indonesia juga bisa memiliki bandara yang ramah seperti ini yah

    ReplyDelete
  11. Cantik yach Kupu2nya secantik Admin Blog ini ( modussss,,, biar dapat kunjungan balik.heheheheh ).

    Spertinya warna kupu2 tergantung apa yang ia makan dan lingkungannya yach Mbak... ? :)

    ReplyDelete
  12. Indahnya, semoga nanti bisa mampir kesini, aamiin tfs mba

    ReplyDelete
  13. wahh gokil nih. Di dalam bandara ada dunia lain. wkwkwk

    ReplyDelete
  14. wah indah2 kupu2nya, skrg sulit sekali melihat kupu2

    ReplyDelete
  15. Bakal betah nih lihat kupu-kupu. Semuanya sibuk foto2. Itu bunga asoka ya yang bunganya kecil-kecil kayak di halaman rumahku mbak. Cuma nggak ada kupu-kupunya.

    ReplyDelete
  16. Waduh malah nggak tahu kalau ada yang beginian, padahal sempat jalan jalan ke terminal 3, cuma bingung karena ini bandara gede banget haha...

    ReplyDelete
  17. Bisa saja Singapura ya, kalaupun delay bisa enggak terasa nih :D

    ReplyDelete
  18. cantik banget motretnyaa, kupu-kupunya juga cantik

    kalau ke Singapore nunggu boarding pesawat jadi gak bosen yaa geser aja liat kupu-kupu sambil nyicil konten

    ReplyDelete
  19. Keren banget bandara punya taman seperti ini. Aku kira cuma dikebun binatang, apalagi ini di bandara cangi. Dikelilingi kupu kupu berasa didunia fantasi

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...