Menu

Sunday, 24 February 2019

/




Ini pertanyaan paling absurd yang sering banget saya dengar dari semua orang yang sedang bepergian menggunakan pesawat. Orang-orang ini sebetulnya bukan yang pertama kali bepergian menggunakan pesawat, hanya saja mereka orang-orang yang nggak mau belajar dari kesalahan, ya masak sih sudah sering naik pesawat masih saja nanya, “Kalau gue ke bandara jam sekian, penerbangan jam sekian kira-kira keburu nggak yah?”

Kadang saya tuh sebel banget dengar pertanyaan yang berulang-ulang sama, walaupun yang nanya tentunya beda, nggak itu dengar langsung nggak itu baca status, pokoknya mereka sungguh menyebalkan, jadi pengen ngomong kasar tapi takut dosa pengen ngasih saran yang absurd juga, misal “Yah nggak apa-apa mepet-mepet, kan enak begitu sampai bandara langsung terbang” tapi kan kenyataannya kalau orang yang datang ke Bandara nggak bisa sedemikian absurdnya. Kita harus lewat mesin X-ray dulu, check in dulu, cari gate dulu, kadang nggak disangka kebelet buang air kecil atau kepingin banget makan, kalau waktunya mepet mana bisa melakukan ini semua, terlebih kalau misalnya penerbangan luar negri yang disiplin banget, waduh.. nggak hanya harus melewati mesin X-ray, check in di counter yang antrinya naudzubillah, kita harus melewati counter imigrasi, dan pemeriksaan lainnya, misalnya dari rumah mepet-mepet bisa-bisa ketinggalan pesawat.


Belajar dari orang-orang yang pergi meeting
Pergi meeting itu butuh ‘spare time’ yang lega. Bayangkan kalau kita ada jadwal meeting ke luar kota yang mengharuskan pergi menggunakan pesawat tapi perginya mepet-mepet? Kita nggak pernah tau apa yang akan terjadi di jalan, di bandara, bahkan selama penerbangan. Untuk perjalanan jauh, saya belajar dari orang-orang yang pergi meeting, saya anggap semua perjalanan saya itu untuk pertemuan meeting, walaupun sejatinya saya pergi untuk traveling, tapi saya memposisikan diri selalu dalam keadaaan menjadi orang sibuk, sehingga perjalanan saya ke bandara masih punya waktu tunggu yang lumayan. Bagi saya, tidak apa-apa menunggu di bandara daripada terlambat dan nggak jadi piknik, ini lebih menyesakkan dari ukuran celana yang sudah nggak muat di pinggang. Lah ya, sudah beli tiket mahal-mahal masak nggak jadi piknik, kan pengen nangis rasanya :D
Nah, sebetulnya kita nggak usah merasa menjadi orang sibuk atau merasa pura-pura punya jadwal meeting ke luar kota agar nggak ketinggalan pesawat asalkaaan.. *asalkan yaa* punya kedisiplinan yang tinggi ketika sudah faham dengan jadwal terbangnya. Ada beberapa tips nih dari saya agar nggak ketinggalan pesawat buat kamu yang belum juga bisa disiplin memanfaatkan waktu, seperti :


·         Menyusun itinerary 1 bulan sebelum berangkat
Ketika piknik, kita perlu banyak membaca dan menyusun itinerary agar kita tidak bingung akan melakukan apa ketika sudah sampai di tempat tujuan, yang terjadi ketika malas membuat itinerary dan berencana on the spot pergi dadakan ke mana-mana, kita akan bingung dan lokasi yang didatangi jadi lebih sedikit. Waktu yang terbuang juga akhirnya akan menjadi lebih banyak. Perbuatan yang sangat sia-sia bukan? Coba kalau sudah menyusun itinerary kan enak, tinggal coret-coret spot yang sudah didatangi. Masalah waktu nggak cukup buat jalan-jalan itu urusan nanti.

kan enak kalau punya waktu lowong, jadi bisa jalan-jalan di bandara

·         Mempersiapkan baju 2 hari sebelum berangkat
Sebelum berangkat, kamu wajib mencatat apa yang ingin dibawa selama keberangkatan, pentingnya mencatat hal-hal sepele agar tidak tertinggal benda-benda yang ingin dibawa, apalagi kalau kamu tipe manusia yang pelupa, aduh.. makasih deh kalau hanya mengandalkan ingatan. Sebelum bepergian biasanya saya mencatat keperluan dengan sangat detail, misal : peralatan mandi yang dibawa : sabun, shampo sachet, odol kecil, sikat gigi, mouthwash kecil. Ya, sedetail itu saya mencatat. Sampai membawa baju berapa, celana berapa semua saya catat, sehingga ketika ingin merapikan baju saya tidak kebingungan lagi dan hanya tinggal masuk-masukin aja ke koper.

·         Prepare penginapan dan tiket lainnya
Tidak mungkin ketika bepergian kita membeli tiket penginapan on the spot, apalagi jaman sudah semakin canggih seperti ini, orang-orang lebih memilih booking online daripada pesan langsung di hotel. Selain harganya yang sangat murah pesan langsung via booking online sangat memudahkan kita ketika sudah sampai di tujuan, hanya perlu menyerahkan bukti booking dan pihak hotel akan memproses semuanya. Lalu kita akan diberikan kunci kamar. Ketika liburan pun tidak mungkin tidak ada kunjungan kemana-mana, pasti kita sangat menginginkan untuk mengunjungi tempat wisata, seandainya membeli dalam keadaan on the spot, pasti kita akan dihadapkan pada antrian yang mengular, enaknya beli online kita tidak perlu lagi mengantre membeli tiket dan hanya menunjukkan kode booking di ponsel kita pada petugas.


·         Pesan mobil khusus menuju bandara
Nah.. ini, jika kamu tipe orang yang suka bangun kesiangan? Bahaya banget kalau selalu kejadian padahal hari itu juga kamu harus pergi berangkat, apalagi kalau penerbangan yang dilakukan adalah penerbangan luar negri, aduuh apa nggak terburu-buru kan? Sebaiknya kalau memang manajemen waktu kamu jelek kenapa tidak memesan layanan transportasi bandara menggunakan golden bird? Di Traveloka kamu bisa memesan semuanya, mulai dari tiket hotel, tiket pesawat, tiket atraksi, voucher makan sampai layanan transportasi menuju bandara semuanya bisa dipesan sesuai schedule. Sehingga liburanmu jadi berasa menyenangkan

·         Pasang alarm
Ini loh penting banget, kalau nggak kepingin banget terlambat kenapa juga nggak pasang alarm? Misalnya kamu berangkat jam 10 pagi, jarak antara rumah dan bandara sekitar 2 jam perjalanan. Minimal kamu harus bangun jam 4 pagi dan berangkat jam 6 pagi dari rumah, ingat, bandara itu luas banget, apalagi di kota-kota besar. Dengan memperkirakan waktu kedatangan di bandara setidaknya kamu tidak akan merasa tergesa-gesa ketika sudah sampai di bandara

Jadi , nggak perlu berpura-pura seperti orang sedang berangkat meeting kan, kalau manajemen waktumu sudah bagus?

4 comments:

  1. Jadi kangen Balikpapan
    Boarding jam 7
    Jam stengah 7 baru cuz dr rumah g masyalah

    ReplyDelete
  2. Saya selalu berangkat 3-4 jam sebelum kebersngkatan , kalau pakaian dan toiletries 2 hari sebelum memang penting, terus di h-1 saya cek ulang, memastikan ga ada yang ketinggalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah.. musti bgtu mas klo nggak nangis darah ada yg ketinggalan

      Delete

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...