Menu

Saturday, 22 April 2017

/



Jika kamu berkunjung ke Ambon, jangan lupa untuk menyebrang ke Saparua, sebuah pulau kecil yang terletak tak jauh dari pulau Ambon. Saparua masih masuk dalam wilayah Maluku, tapi secara administratif Saparua masuk dalam wilayah Maluku Tengah. Ada banyak wisata pantai yang memanjakan mata, salah satunya adalah pantai teluk Saparua.

Letak pantai ini persis bersebelahan dengan benteng Duurstede, sebuah benteng yang sangat fenomenal waktu jaman SD dulu, karena gambarnya sering masuk dalam buku sejarah. Bagaimana tidak fenomenal, di benteng ini Pattimura beserta rekan-rekannya, berhasil menduduki benteng dan merebutnya dari tangan Belanda sampai akhirnya Pattimura dikelabui dan dibawa ke Ambon untuk disiksa dan dihukum gantung disana.

dibelakang itu benteng Duurstedenya

pemandangan diambil dari atas benteng


Melihat Pantai Teluk Saparua mata kita seolah termanjakan dengan kebeningan warna lautnya yang biru muda sehingga biota lautnya pun sangat terlihat jelas, bahkan…*bahkan loh* dari atas benteng Duurstede. Tidak hanya itu pasir putihnya benar-benar bersih dan indah menghiasi bibir pantai, kalau dipegang pasir tersebut sangat halus sekali.

Fokus ama pasirnya coy!

Pantai Teluk Saparua memiliki ombak yang tenang, cocok untuk bermeditasi atau hanya sekedar ingin menikmati warna lautnya. Dijamin stress pun hilang dan pikiranpun tenang. Jadi kalau kamu kepikiran surfing, kayaknya bukan tempat yang cocok wkwk
Tak jauh dari pantai ini terdapat sebuah lapangan Merdeka Saparua, sebuah lapangan yang menjadi tempat berkumpulnya seluruh warga Saparua jika ada acara besar, anyway di lapangan Merdeka ini terdapat obor Pattimura, obor ini dinyalakan setiap tanggal 15 Mei dan diarak keliling Saparua, lalu obor tersebut naik kapal cepat menuju Ambon dan terakhir obor tersebut biasanya berakhir di Pattimura park, tempat dimana dulu Pattimura di eksekusi hukum gantung oleh Belanda. Nah acara besarnya diadakan di Ambon.


teluk Saparua dari atas benteng Duurstede

Indah banget ya itu, terumbu karangnya keliatan

Oh ya, karena Pantai teluk Saparua ini bukan tempat wisata umum, jadi pantai ini nggak menyediakan kamar mandi jika kamu ingin nyebur ya. Lalu bagaimana, jika kita ingin nekat nyebur dan menikmati keindahan bawah lautnya? Gampang, cukup Sediakan segalon air mentah di Mobil, Selesai nyebur, kamu bisa bilas tubuh dibalik pintu mobil, nggak usah mandi yang penting pasir ditubuh bisa hilang, setelah itu lap-lap tubuh, lalu pakai baju deh. Nanti kan bisa mandi di peginapan, jangan lupa pula untuk selalu menyediakan sun block
Karena Saparua daerah yang suangaaat panas, jadi pakai sunblock itu wajib daripada tubuh menghitam hehe.. kecuali kalau kamu emang pengen panas-panasan disana.

Salah satu spot yang Instagramable banget


Bagaimana cara menuju Saparua?
Kota Ambon - pelabuhan Tulehu, perjalanan memakan waktu 1 jam ongkos 200rb untuk sewa mobil menuju pelabuhan Tulehu, kalo naik angkot beda lagi ya boo harganya.
Naik kapal cepat jam 8.30 atau siang yang jam 13.00 dari pelabuhan Tulehu menuju pelabuhan Haria, ongkosnya :
Vip : 160.000 *pake AC, Full Music*
Eko : 65.000 *panas, sempit, lagu kadang ada kadang nggak hee*
(Dewasa+anak sama aja)
Tulehu ke Haria kira-kira 45 menit
Sewa mobil : 600.000 seharian untuk keliling Saparua

Pulang bisa sore jam 4, tapi nggak ada kapal cepat seperti di pagi hari ya, jadi kalau mau naik kapal besar bisa nunggu besok pagi atau kalau mau pulang hari itu juga bisa sewa speed dengan bayar 800.000 tapi ada resiko ombak yang bikin kamu spot jantung. Dan lama perjalanan bukan 45 menit lagi kayak naik kapal cepat tapi 2 jam kurang 10 menitan. Yaa.. kecuali kalau kamu gila petualangan dan seneng dengan kericuhan, nggak apa-apa merasakan tantangan ini haha.. :D

Kalau saran saya sih kalau ke Ambon dan pengen ke pulau-pulau di Maluku rame-rame jadi semuanya serba patungan dan jatuhnya malah lebih murah. Karena Maluku daerah kepulauan dan tempat wisata yang menggila indahnya itu letakanya memang di pulau-pulau kecilnya. Jadi saran kedua saya, kalau niat ke Maluku, bawa duit yang banyak ya, sebab, kalau main ke Ambonnya doang, kamu nggak akan menemukan keindahan berbeda seperti di gambar ini. Mudah-mudahan next time kalian mampir ke sini ya gaes ^^
28 comments

Bagus banget pantainya biru dan bening ya, keren! Dan masih jadi cita2ku bisa ke daerah Timur indonesia

Reply

Pantainya bagus ya.. Tapi jadi gagal fokus nih ama kecantikan yg punya blog.. . *eaaa

Reply

Masya allah pantainya indah banget, lautnya pun bersih,,semoga bisa kesana sama keluarga ��

Reply

Moga bisa yg deket2 dlu misal dari Makassar trus deket2 ke Ternate ntr mampir Ambon deh

Reply

Pantai di bagian Indonesia Timur memang bikin mupeng

Reply

Terima kasih mbak Manda untuk tulisan keren dan kunjungannya ke Saparua (Kota). Hitung-hitung ikut mempromosi kampung gue biar makin dikenal. Jadi baperan nih pengen pulang kampung. Salam kenal mbak Manda dari kami anak-anak Saparua di perantauan. HOROMATE!

Reply

woww... warna airnya keren banget, dan airnya tenang ya... :)

Reply

Insya Allah agustus merapat ke Maluku aamiin

Reply

kapan ni keluarganawra ke Maluku ya

Reply

Subhanallah, bagus banget pantainya manda, betah liatnya

Reply

Betul betul tempat yang sangat indah.. Apakah ada permainan air seperti banana boat disana?

Reply

Aamiin. Mudah mudahan saya dan suami saya punya kesempatan main ke Saparua. Bismillah.

Reply

Eaaa..gombalisme -_-;

Reply

Amiiin... main sini mba nanti

Reply

Embeeeer... berasa kecelup surga :D

Reply

Yeaaay danke abang su mampir ke beta pung blog. Saparua negri yg indah luar biasa mempesona

Reply

Hooh bikin mupeng nyebur kan :D

Reply

Yah sayang, aku udah ga di Ambon hee

Reply

Besok, Insya Allah

Reply

Digambar aja bagus ya mba apalagi aslinya :D

Reply

Sayangnya bukan tempat wisata, jd kayaknya nggak ada :D makannya pantainya bersih kan, bebas sampah dari para pengunjung

Reply

subhanaallah, luar biasa ciptaan Allah ini .......
kapan aku bisa main kesana ??? wkwkkw #ngarep

Reply

Mudah2an secepatnya ya ^^

Reply

Apakah disana juga sudah tersedia penginapan seperti hotel ,losmen atau lainnya ?

Reply

Weh lautnya biru amat. Perayaan bulanan untuk memperingati Pattimura ada ya. Keren ya, sejarah pahlawan nggak mereka lupakan.

Reply

Kalau di Saparua banyak penginapan, tenang saja ^^

Reply

Huum ada :) ntar tanggal 15 ada acaranya

Reply

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...