Menu

Friday, 5 October 2018

/



Telepon pintar saya berdering,
“Assalamualaikum, Ka Manda mau ikutan gabung nggak, kita mau makan-makan es pisang ijo di Pamahan?” sahut suara di seberang sana? Pemiliknya bernama Farida.
“Waalaikumsalam, emang siapa aja yang ikutan?”
“Semuanya, kalau mau ikutan saya tunggu ya dirumah mama”
“Iyes tunggu ka Manda shalat maghrib dulu” saya shalat dan buru-buru menyuapi Naqib


Ya begitulah, malam minggu selalu kita lewatkan dengan acara kumpul-kumpul dirumah mertua. Sudah sering kan saya cerita kalau suami itu saudaranya banyak, mereka 6 bersaudara dan yang sudah menikah ada 4 orang dan usia kita deketan satu dengan yang lainnya. Jadi kebayanglah ya gimana akrabnya kita, karena umur nggak terlalu jauh hanya beda 2-3 tahun saja, antar adik dan kakak sudah kayak saudara kandung, kadang saya lupa kalau mereka ipar sangking deketnya kita wkwk.. dan kebayang dong betapa ramenya kalau kumpul bersepuluh, apa aja jadi bahan obrolan dan, dari yang standar sampai yang bully-bullyan lewaaat... Nah, malam minggu kemarin kita cari suasana baru gitu dengan nongkrong-nongkrong asyik di Es Pisang Hijau Pamahan, deket rumah sih, lumayanlah buat ngilangin suntuk, tapi sayang, salah satu adek nggak ikutan soalnya lagi tugas belajar di Jepang.


Maaf backlight

Sebenernya saya sudah sering lewat di tempat makan ini, cuma baru kali ini aja nih mampir, karena baru dapat kesempatan hari ini. Lokasinya menyempil sih saya bilang, jadi kalau kalian yang tinggal di seputaran Jati Asih, Pondok gede, Pekayon Bekasi dan sekitarnya bisa deh mampir disini, mungkin pulang-pulang langsung ketagihan gitu :D
Begitu sampai kita langsung menyerbu masuk, ada area Indoor dan outdoor, kita memilih di bagian Indoor yang begitu masuk hanya terdapat 3 meja, interior ruangan dikelilingi gorden-gorden besar dengan karpet sebagai alas lantai. Yang bikin syahdu, murattal mengalun lembut menemani acara makan malam kita, dijamin yang pengen maksiat berdua-duaan bisa langsung tobat makan disini :D


liat-liat menu dulu kita, sambil nunggu bisa bobok-bobok syantik
bagian depan

outdoor belakang

“Berasa rumah sendiri yak?” sahut kak Noor yang matanya menyapu seluruh ruangan
“Lah iya ini enak bisa gegoleran disini,” sahut saya. Ya kebetulan tempat itu lagi sepi banget, jadi kita bisa memilih ingin duduk dimana. Pada area outdoor belakang terdapat kolam renang yang entah disewakan aau enggak, yang jelas ini resto kayaknya menyatu sama yang punya rumah gitu. Di area luar dari pintu utama terlihat beberapa gambar makanan terpajang khas Makassar, seperti jalangkote, coto Makkasar, palu mara, sop konro dan banyak lainnya, tiba-tiba saya jadi kangen Makassar, biar kata cuma 3 bulan disana nyaris tiap minggu makan coto di banyak tempat, iya… kita nyobain coto tuh sampai keliling Makassar, nyari yang paling enak. Sop konro juga sering saya cicipi waktu tinggal di Ambon, karena kebetulan Makassar dan Ambon tu emang dua daerah yang kayak adek kakak gitu sangking deketnya.
“Woi, ka Manda pesen apaan?” tanya Lia, salah satu adek ipar, saya tergagap.
“Eh apaan, ya.. coba sini ka Manda liat” saya melihat-lihat menu yang beragam dan melihat daftar harganya yang tidak terlalu mahal. Akhirnya saya putuskan untuk memesan spaghetti dan thai iced tea, yang lain pada pesan ayam geprek, nasi goreng, dimsum, dll, siap-siap nyicipin yipiiiee….

daftar menu

Coto Makassar
Menurut saya yang sering makan coto, coto disini kurang nampol, bumbunya kurang berasa dan kurang kentel dan agak-agak manis gimana gitu, tapi ya lumayan enaklah buat ngilangin kangen sama Makassar mah. dagingnya lumayan empuk, tapi sayang nggak ada jeroannya seperti coto pada umumnya




Ayam Geprek Mozarella
Ayamnya enak, krenyes, pedesnya pas, mozarellanya kurang asin dan kurang melted :D, "Kalau mau yang melted beli sendiri" kata yang jual :D.


Spagheti
Dengan harga 15 rebu, spagheti disini enak yah sesuai hargalah ya.  Bumbunya banyak, keju sesuai, rasa nggak mengecewakan, dan saya pesen dua kali loh haha.. ga kenyang ih, soalnya sambil nyuapin bocah-bocah juga sih :D


Nasi goreng seafood dan nasi goreng lainnya
Nah, karena harganya juga minimalis, nasi goreng seafood yang kamu tau sendiri harga seafood di daerah tak berlaut itu gimana mahalnya, untuk taburan seafoodnya nggak begitu banyak, hanya ada beberapa udang, bakso dan apa lagi ya saya nggak begitu jelas lihatnya, saya bilang sih enak dan bumbunya pas. Nasinya juga keras khas nasi goreng, kalau kata orang betawi nasinya pera gitu :D


Dimsum dan kentang goreng
Kentang goreng nggak usah digambarin lah ya, rasanya ya kayak kentang goreng pada umumnya gimana sih. Untuk dimsum, naa ini kok rasanya agak manis, gurihnya kurang berasa


Es Pisang Ijo
Masih enak yang di Makassar sih. Terlalu manis dan es pisang ijonya keras. Mungkin yang bikin es pisang ijonya merasa di Pamahan itu nggak ada orang Makassar adanya orang Betawi, jadi pemiliknya ngerasa pede aja ngasih nama, ‘Es Pisang Ijo Paling Enak’ selain nggak ada saingan, yang punya mungkin mikir orang Betawi nggak tau rasa es pisang ijo asli.  No offence plis! :D

Thai tea original & Es teh
Ya, seperti Thai tea pada umumnya, hanya kurang kental


Ini review jujur yes, over all, makanan disini standar, nggak yang enak banget dan juga yang biasa banget, harganya murah meriah, cocok buat yang pengen hangout tapi kantong celananya bolong karena belom dijait, maksudnya lagi tongpes nggak ada fulus wkwk.. 
Kayaknya kalau diliat dari menunya, yang punya orang Makassar, tapi sayang makan disini pesanan lama sekali datangnya. Misalnya, paksu pesen coto ya, itu tuh dari awal kita datang sampai sejam ada disitu cotonya nggak datang-datang, pas saya intip ke bagian dapur, laah ya iya jelas lama, yang masak cuma tiga orang kok sedangkan yang pesan mulai banyak. Tapi saya nggak kapok makan disini sebab pelayanannya yang lama, karena rasa masakan yang saya pesen nggak begitu mengecewakan dari segi harga juga standar, kamu yang tinggal di Jati Asih sekitarnya kudu cobain dong ya, malam minggu jangan diem aja dirumah  :D/

Es pisang Ijo Paling Enak
Jl.Pamahan No.1, Jati Asih Bekasi
Telp.085216568880

3 comments

Reviewnya jujur..

Bikin pengen makan euy..

Reply

Hehe.. ayo kapan2 ke Bekasi mampir kak

Reply

Hahahahah, sayang banget ya mba, yg makanan utama sesuai nama rumah makannya malah ga terlalu enak. Es pisang ijo yg beneran enak, di jkt aja aku blm nemu yg sesuai. Baru mendekati level enak thok. Blm enak banget kyk di makasar hahahaha...

Dari foto2 di atas, aku malah kepengin ayam geprek mozarellanya.. Menggoda yg itu :D

Reply

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...