Monday, 27 January 2020

Bisnis Coworking Space di Jakarta yang bisa Dijadikan Pilihan



Bisnis coworking space di Jakarta kini tengah nge-trend. Pasalnya, banyak perusahaan rintisan ataupun startup yang butuh akan kantor namun dengan harga yang terjangkau. Kemudian coworking space ini hadir untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut. Meskipun sedang nge-trend, terdapat 5 hal penting yang harus dipersiapkan dalam membangun bisnis coworking space.

Kelima hal tersebut tentunya harus diperhatikan dengan baik agar bisnis coworking space menjadi lebih berkembang. Terlebih lagi jika ingin merintis bisnis coworking space di Jakarta, yang tentunya memiliki banyak pesaing. Oleh karena itu, sebaiknya kenali dahulu lebih dalam apa itu bisnis coworking space sebelum merintis bisnis serupa.

Mengenal Bisnis Coworking Space

Bisnis coworking space tentunya sudah tidak asing lagi di era sekarang ini. Banyaknya minat orang akan coworking space membuat bisnis ini begitu banyak dilirik. Coworking space itu sendiri adalah suatu tempat di mana banyak orang dapat melakukan aktivitasnya. Namun, kebanyakan orang tersebut memang sengaja ingin ‘berkantor’ di startup tersebut.
Bisnis coworking space begitu menguntungkan sekarang ini, apalagi di kota besar, seperti Jakarta. Pasalnya, di kota besar kini banyak muncul perusahaan kecil rintisan atau bahkan startup. Tentunya perusaahaan rintisan atau startup tersebut membutuhkan suatu kantor namun dengan biaya yang terjangkau.
Maka, coworking space hadir sebagai solusi dari permintaan tersebut. Meskipun kini tengah naik daun, membangun bisnis coworking space tentunya tidak mudah. Dengan begitu, harus memperhatikan banyak elemen agar coworking space yang akan dibangun memiliki keunikan tersendiri.
Di Jakarta misalnya, meskipun banyak coworking space namun konsepnya beraneka ragam. Hal itulah yang membuat bisnis coworking space bertahan sampai sekarang terlebih lagi semakin maju dan berkembang.


5 Daftar Bisnis Coworking Space di Jakarta

Bisnis coworking space memang lebih mudah ditemui di kota besar, khususnya Jakarta. Pasalnya, kota besar memiliki banyak startup baru yang membutuhkan gedung sehingga menyewa coworking space menjadi alternatif utama. Selain harganya terjangkau, lokasi yang ditawarkan juga mudah diakses. Berikut ini adalah daftar bisnis coworking space di Jakarta yang sebaiknya diketahui:

1.     CoHive

Coworking space di Jakarta yang pertama yaitu CoHive. Jika ingin menyewa perhari, harga yang ditawarkan cukup terjangkau, yaitu mulai dari 50 ribu per harinya. Coworking space yang sudah ada sejak tahun 2015 ini memiliki jam operasional dari Hari Senin sampai dengan Hari Jumat. Jam operasionalnya yaitu mulai dari jam 9 pagi sampai dengan jam 8 malam.
Terdapat dua konsep ruangan di coworking space ini, yaitu shared space dan juga private space. Tidak hanya di Jakarta, CoHive juga salah satu coworking space yang ternyata memiliki beberapa cabang di kota lain. Misalnya, CoHive juga ada di Tanggerang, Medan, dan 21 kota lainnya.

2.     Greenhouse

Jika menyukai konsep coworking space dengan suasana alam, Greenhouse adalah coworking space adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, coworking space ini memang memiliki konsep alam dengan dominasi warna hijau dan cokelat muda. Tentunya, warna –warna tersebut memiliki efek nyaman, teduh, dan juga segar.
Harga sewa dari coworking space ini perharinya mulai dari 150 ribu dan 2 juta per bulan. Jam operasionalnya, mulai dari Hari Senin sampai dengan Hari Jumat, dari jam 9 pagi sampai jam 8 malam. Terdapat dua variasi ruangan yang bisa disewa, yaitu private office dan juga hot desk.

3.     Conclave

Bisnis coworking space di Jakarta yang ketiga, yaitu Conclave. Coworking space ini di Jakarta sendiri terdapat di dua daerah, yaitu di Jalan Wijaya dan di Simatupang. Selain itu, coworking space ini juga menawarkan layanan yang menarik, seperti jam operasional 24 jam khusus untuk anggota bulanan.
Namun, di luar anggota bulanan hanya bisa menggunakan coworking space ini mulai dari jam 8 pagi sampai dengan jam 10 malam. Coworking space ini juga memiliki auditorium yang bisa menampung sampai dengan 150 orang. Tentunya, ruangan tersebut cocok jika ada event seperti workshop, seminar, dan lain sebagainya.

4.     Go Work

Coworking space ini resmi di-merger oleh Rework pada tahun 2018. Selain itu, coworking space ini memiliki banyak lokasi yang tersebar di Jakarta. Lokasinya mulai dari di Thamrin, Sudirman, Kemang, sampai dengan Kawasan Mega Kuningan. Harga sewanya mulai dari 125 ribu per hari dan 2,3 juta per bulan.
Sedangkan jam operasionalnya mulai dari Hari Senin sampai dengan Hari Jumat, pukul 9 pagi sampai pukul 6 sore. Coworking space ini cocok bagi kosumen yang menyukai konsep dengan interior premium. Selain itu, coworking space ini pula menyediakan banyak varian ruangan, seperti event spaces, conference room, sampai dengan private office.

5.     Concrete       

Jika mencari coworking space di daerah Pluit, bisa singgah di Concrete Coworking Space. Mengenai harga, coworking space ini mematok harga mulai dari 35 ribu per jam, 120 ribu per hari, dan 1,8 juta per bulan. Coworking space ini buka dari Hari Senin sampai dengan Hari Sabtu.
Sedangkan jam operasionalnya yaitu mulai pukul 9 pagi sampai dengan pukul 9 malam. Fasilitas di coworking space ini cukup lengkap, mulai dari private office, ruangan meeting, sampai dengan function hall. Uniknya, coworking space ini memiliki Zen Garden untuk refreshing para konsumennya.
Merintis bisnis coworking space di Jakarta tentunya bukanlah hal yang mudah di lakukan. Hal ini karena di Jakarta sendiri sudah banyak bisnis coworking space dengan berbagai layanan dan produk yang ditawarkan. Dengan demikian, cobalah untuk memahami dulu 5 hal yang haris dipersiapkan dalam bisnis coworking space, melalui link berikut: https://www.cekaja.com/info/bisnis-coworking-space-persiapkan-5-hal-ini/

Post a comment

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)