Tuesday 3 September 2019

Saya Pun Pernah Bersentuhan Dengan Mereka Yang Tak Kasat Mata




Dulu saya penakut abis, bener-bener penakut banget, ya manusiawi dong, kalau manusia takut sama yang namanya jin. Apalagi kalau kita sedang tidak siap lalu jin nongol gitu aja di depan kita dengan wujud yang menakutkan, wah itu sih beneran uji nyali. Tapi ibu saya itu manusia yang sangat tega, beliau nggak bosan cerita tentang kuyang, hantu legendaris dari Kalimantan. Dibalik cerita-cerita horornya ibu saya selalu menyisipkan pesan, “Jangan pernah takut sama jin, mereka itu derajatnya lebih rendah dari kita. Kalau kamu takut mereka akan semakin berani menggoda” pesan itu nggak pernah sekali dua kali disampaikan, sampai saya bosan pun ibu saya tetap berpesan seperti itu.

Untuk menambah rasa tega atau mungkin membuat saya semakin berani, ibu saya pernah meninggalkan saya sendirian di rumah seluas 300 meter, dimana bagian belakang rumah adalah tanah kosong yang ditumbuhi ilalang, bagian depan rumah terdapat lapangan luas yang cukup untuk bermain bola, itu semua masih dalam satu wilayah rumah dinas kami di Samarinda. Rumah itu angkernya bukan main, dan saat itu ibu saya meninggalkan saya sendirian untuk pergi berpesta dengan teman-teman kantor bapak. Terlalu! Anak kelas 3 SD ditinggalkan dalam rumah angker sendirian. Mbok ya saya diajak atau dititipin gitu kan lebih enak ya, ih sungguh kalau ingat itu rasanya saya kesel, benci campur gemes. Yaah, walaupun kurang lebih setengah jam kemudian ada tetangga yang datang dan jagain, tapi kan tetap saja, menunggu setengah jam itu kayak nungguin seharian penuh. Saya bersembunyi di balik selimut, dikelilingi bantal guling, seolah-olah ada yang jagain.
Itu rumah angker pertama saya, setelahnya entah kenapa kami selalu saja menempati rumah-rumah dinas yang nggak wajar. Ah, hanya rumah kami di Bekasi saja yang nyaman dan saya tidak pernah merasakan hawa apa-apa. Pindah ke Balikpapan, kami menempati rumah dinas lagi bergaya kolonial, dengan halaman luas dengan pohon jambu besar di kanan dan kiri. Tetangga kerap berpesan, di pohon jambu itu hati-hati suka ada ular, ih kan horor :D sebenarnya biasa aja pohon jambu itu tapi kok kalau malam saya melihatnya kayak rimbun banget, misalnya pulang malam dari bepergian, saya terlihat seperti memasuki rumah ditengah hutan sangking rimbunnya itu pohon. Tapi yang saya rasakan rumah saya tenang dan damai, kawanan lelembut  yang saya rasakan berkumpul di depan rumah tidak berani menjamah masuk kerumah kami, mungkin karena kami kerap mengaji. Tapi tetap saja ada kok yang namanya jin di dalam rumah, setiap rumah pasti ada penghuninya selain kita, dan penghuninya itu tergantung perbuatan kita. Kalau kitanya jahat sama orang ya, itu jin kayaknya jin iprit :D, kalau kita rajin shalat+ngaji sepertinya dia jin yang baik, tapi yang apes kalau orangnya baik jinnya usil, itu beneran apes T_T.
Seringnya mendengar cerita tentang jin, apalagi keluarga dari nenek terbiasa menceritakan kisah-kisah mistis dalam pertemuan-pertemuan keluarga, seolah kisah mistis itu seperti gosip yang biasa saja diceritakan, nggak bikin merinding membuat saya menjadi akrab dan mulai terbiasa mendengar cerita-cerita mistis. Entah sejak kapan saya sudah tidak takut lagi jika ditinggal sendirian, atau malam-malam baca kisah horor atau melewati tempat-tempat gelap sendirian. Yang saya takutkan malah bukan bangsa jin, melainkan garong, rampok atau manusia berhati setan. Seolah salah sasaran, ketika ada teman yang menakuti saya berekspresi biasa saja, saya tidak takut, ajaib loh ini. mungkin kalian yang penakut bisa banget mencoba saran saya untuk mulai membaca kisah-kisah horor agar lebih berani. Nah, rupanya nggak hanya mendengar saya pun pernah merasakan langsung bersentuhan dengan mahluk halus.

Suatu hari di malam tahun baru
Sebagai anak kostan, pengen dong menghabiskan malam tahun baru dan tidur tengah malam, kita bakar-bakar jagung, masak ayam dan makan-makan. Walaupun tau modhorotnya apa dan gimana, emang dasar remaja, jadi maklumin aja.. Ga ada remaja yang bener-bener lurus walaupun udah hijrah, pasti ada khilafnya :D :D (Tapi habis itu muhasabah kok, tenang aja)
Sembari menunggu malam, temen-temen pada nyiapin apa yang bisa disiapkan, beberapa ada yang mencuci baju di belakang. Jadi kostan kita itu semi terbuka pada area kamar mandi, wah kebayang klo pengen pipis tengah malam trus tiba-tiba ada yg melayang di langit gimana shocknya (maksudnya pesawat, gosah tegang gitu bacanya)
Ketika semua ada di teras depan, saya berniat shalat isya, saya satu-satunya orang yang ada di belakang saat itu, dengan mengucap niat wudhu dan rasanya geli ngeliat sempak-sempak perempuan bergelayutan basah saya melewatinya dan membuka keran. Diantara keran itu ada kamar mandi di kanan kiri, di bagian kiri saya ada kamar mandi yang gelap gulita, konon katanya itu kamar mandi ga bisa dipakai, rusak terus walaupun sudah diperbaiki, saya menengok ke kiri seolah ada yang mengawasi, saya berkata pelan, "Jangan gangguin gue ya plis.. Ini lantainya berlumut. Klo gue lari gue kepleset" Konyol banget ngomong sama angin. Tapi saya bisa merasakan ada yang menatap saya disana walaupun saya ga tau wujudnya apa.
Dengan mengucap ta'awudz pun saya berwudhu, tapi yang saya rasakan saat itu tengkuk terasa berat, seperti ada seseorang diatas atap. Dan benar saja, selepas wudhu saya refleks nengok ke atas atap, ada sosok monyet entah berwajah apa kok menyeramkan sekali menyeringai seperti tersenyum tapi kok serem menatap saya. Saya istighfar, satu kedipan mata si monyet berwajah buruk hilang, lah kok ilang, padahal pengen diliatin bener-bener itu apaan, kenapa disaat-saat hilangnya jin saya jadi penasaran gimana bentuk mukanya, padahal sumpah saat itu kagetnya bukan main. Mbeling.. emang saya :D

Kamu pernah, lagi liat layar hape, ngaca disana tapi yang memantul dilayar itu bukan kamu, tapi sosok lain ? 
Saya pernah. Kami sekeluarga pernah mengontrak sebelum akhirnya kembali kerumah yang lama dan rumah itu angker. Pemiliknya tidak membolehkan kita memaku dinding dan alasan aneh lainnya. Saat itu saya lagi tiduran, sibuk main ponsel (oh ya saat itu siang), kemudian bosan, dan setelahnya saya berkaca pada layar hape. Saya mematut-matut diri di layar, tersenyum, kemudian beberapa menit sadar setelah diperhatikan baik-baik, "Loh ini kan bukan mukaku" Ternyata benar saya saat itu pegang ponsel agak menyamping, yang saya lihat saat itu sosok lain dan dia berkaca disana, dia tidur disebelah saya, cantik seperti nona Belanda. Makannya saya langsung sadar, lah jomplang banget kalau disamain sama nona Belanda.
Setelah tak lagi menyamping, saya bisa berkaca dan itu beneran saya. Tapi iseng dong pengen liat si 'dia' lagi, karna tadi nggak gitu puas lihat mukanya, saya arahkan ponsel ke tempat yang tadi, ternyata dia menghilang, yaah..
Berarti selama bermenit-menit saya tidur bersamanya, dia menyeringai sedangkan saya hanya tersenyum.

Ada mba kunti lewat di belakang saya
Waktu saya kuliah tiba-tiba bapak dipindahkan ke Kalimantan, saya otomatis ngekost dong. Nah saat menjelang lebaran saya mudik ke Kalimantan. Bapak menempati rumah dinas di belakang SMP 1 persis, kalau ada yang baca terus tinggal di Balikpapan, rumah di Belakang SMP 1 gunung pasir itu rumah saya dulu. Emang dasar nyokap, beliau itu seneng banget ngasih tau saya bahwa ada hal-hal ghaib di rumah, yang entah maksudnya ngomong gitu apa dan gimana T_T. Kalau pingin bikin saya berani ya nggak usahlah cerita-cerita kayak gitu, misalnya gini.
“Kamu tau nggak di dua rumah pavilion di belakang itu ada sepasang suami istri, dia tinggal di sana tapi dia nggak ganggu”
“Terus kalau malam biasanya sih ada yang suka nyapu, kedengaran jelas kok. Tapi jangan kaget dia nggak ganggu, mungkin dia cuma bantuin mami bersihin halaman samping”
“Di tong sampah bagian depan, ada genderuwo nikah sama kuntilanak, anak-anaknya suka main ke dalam rumah sini” dipikir-pikir itu halu ya, ada genderuwo nikah sama mbak kunti wkwk... dan ini nyebelin banget nggak sih, ya akhirnya saya nggak berani tidur sendirian, akibatnya saya nyampur sama orangtua, kebetulan kamar nyokap gede banget, ada kasur besar dan single bed, saya tidur di single bed itu. Suatu hari nyokap ngomel karena nggak bisa nganu sama bokap karena ada saya, ya salahnya sendiri saya diceritain hal-hal nggak asik. Saya disuruh tidur sendiri, buat orang yang baru datang menempati sesuatu yang baru itu butuh waktu kan buat beradaptasi, eh ini nggak men.. dalam waktu seminggu saya disuruh cepat beradaptasi, tidak semudah itu kan Ferguso? Ah sudahlah, orangtua saya kadang emang nggak jelas pola didiknya terhadap anak.
Suatu malam pernah saya pipis di kamar mandi depan, dan itu dekat sekali dengan tong sampah bagian depan, pas lagi cebok tiba-tiba saya melihat ada bayangan orang lewat dengan sebuah gaun putih dan dia lewat dibelakang saya dengan gerakan lamban. Hah itu apa? Saya perjelas.. ah gilaaaa. Itu mba kunti T_T. dan akhirnya saya pasrah aja di dalam kamar mandi itu, melanjutkan pipis dan gosok gigi. Pas saya bilang ke nyokap, “Dia pengen kenalan sama kamu” kenalannya nggak asik banget ya gengs!
Pas malam juga pernah saya dengar orang nyapu tepat di bawah jendela saya dan ini jelas banget, saya kemudian melirik nyokap, “Mi, itu orang yang nyapu di SMP satu?”, “Ya nggak mungkin ada yang nyapu malem-malem di sekolah. Itu dirumah kita” jawab nyokap tenang. Ini saya nggak ngerti maksudnya apa si nyokap jawab dengan tenang begitu, mau bikin saya berani apa gimana nggak ngerti. Tapi saya saranin buat orangtua jangan pernah cerita macam-macam ke anak kalau anak nggak siap, dia bukannya tambah berani malah semakin takut. Memang sih gara-gara saya sering diceritain hal-hal mistis bikin saya jadi berani, tapi caranya sungguh nggak asik banget.
Suatu hari saya pernah ditinggal sendirian dirumah seluas 300m itu, lupa pastinya nyokap mau kemana yang jelas saya nggak ikut. Tapi begonya saya bukannya diem-diem aja di kamar, malah nantangin buat uji nyali, maksudnya selepas itu saya kepingin cari muka ke nyokap pengen nunjukin saya nggak takut ada di situ. Saya beberes rumah dong, nyapu, sambil nyapu saya bersenandung kecil dengerin radio biar rame, eh ga ada angin, ga ada hujan pintu goyang-goyang. Nyokap pernah cerita, kalau anak-anak jin itu suka main pintu, jadi jangan kaget. Ga itu aja, lepas dari situ, saya nyuci baju *ah bego beneran bego* di halaman belakang yang terdapat paviliun disana, bener-bener cari masalah. Kebetulan mesin cucinya ditaro di luar, ya akibatnya saya merinding disko dong, sambil jemur saya bilang, “Jangan ganggu ya, saya pengen banget cari muka sama nyokap plis.” Ya sudah akhirnya selesai nyuci bonyok pulang, mereka seneng dong baju sudah dicuciin :D saya dipuji tapi keselnya saya jadi mengalami hal yang nggak-nggak..

Dan masih banyak sekali kisah-kisah yang saya alami, tapi sebetulnya saya meyakini bahwa mahluk tak kasat mata itu memang beneran ada, jangan pernah tergoda bujuk rayu jin agar kita tak terjerumus tipu dayanya (bersekutu dengan jin) dan jangan juga nggak percaya, karena banyak banget hal-hal diluar nalar yang kita sendiri nggak ngerti maksudnya apa dan bagaimana bisa seperti itu. Dan ini beneran banyak terjadi di luar sana.

7 comments :

  1. wehehe,,rumah 300 meter belakang ilalang depan lap bola..klo sendiri bisa bayangin tuh kayak apa..
    sama dong aku dulu tinggal di rumah2 belanda ala Pabrik Gula belasan tahun..
    feel nya tetep beda banget tinggal di tempat seperti itu..
    tapi lama lama ya biasa, sejak kecil soalnya kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, biasa banget.. tapi kayaknya ttp spooky sih klo tinggal dirumah2 kayak gitu hihihi

      Delete
  2. Iya ya
    Di rumah dinas tuh napa gitu sih
    Ngalamin pas d Lampung n Balikpapan
    Tapi iya sih bener fokusny deg2an sama rampok apalagi kalau sendirian d rumah malem2

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya karena yang nempatin beda2 sih Yos, kan ga semuanya alim gtu Yos :D

      Delete
  3. Huaaahh bisa ikutan ngaca gitu noninya di hape ya Mba Manda.. Aduh merinding jadinya.. Hihi.. Aku pernah juga pas SD ditinggal sendiri di rumah. Rumahku juga di bagian belakangnya kebon luas mba. Tiap sendirian itu aku selalu nyalain tv volumenya kugedein, lamou kamar, kamar mandi semua aku nyalain.. Nah, pernah pas lagi sendiri aku ada yang ngetok pintu sambil manggil2 namaku. Suaranya suara papa. Eh, tapi pas diliat nggak ada siapa2. Papa baru pulang malem.. wkwkwk.. Di kosan juga sering kasurku digoyang-goyangin. Ampun deh isengnyaah.. 😌😁

    ReplyDelete
  4. aku termasuk yg penakut si Nda pas kecil sampe smu kls 2..smu kls3 dipaksa berani krn aku mulai ngekost :D. skr sih udah ga sepenakut dulu, tapi ttp aja yaa, kalo nekad nonton horor, waduuh itu bisa kebayang2 setidaknya 2 minggu hahahaha.. di kantor, salahbtugasku hrs meriksa ruangan server di lt4, yg mana ruangannya itu tertutup, dan harus dingin bgt, secara isinya kan kabel, pc dan segala peralatan IT. nah itu ga sembarangan org bisa msk. Gara2 jd kebayang film horor yg br aku tonton, sempet tuh 2 minggu aku minta ditemenin security pas meriksain server :p. smpe ga kebayang lg pokoknya.

    di kantor cabang mangga dua yg skr, aku sih ga ngerasa aura macem2. tp pas di kantor cabang sebelumnya, naaah ga enak tuh :p. pernah diganggu pas di servernya, itu aku lgs lari sih ga meriksa2 lagi wkwkwkwkkw...

    Salut makanya ama org yg bisa melihat mereka.untung ya Allah ga anugrahin kemampuan itu k aku. bisa pingsan kali kalo melihat mereka.:p

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)