Menu

Friday, 8 March 2019

/

foto : Air asia

Tau kan Tripadvisor? sebuah situs review terbesar di dunia tentang travel. Biasanya orang dari seluruh dunia menengok situs ini sebelum bepergian, tujuannya adalah mencari rekomendasi lokasi wisata, penginapan, makanan yang akan didatangi. Di dalam Tripadvisor terdapat rate dan komentar, jika ratenya penuh terisi 5 berarti tempat tersebut sangat rekomen untuk didatangi. Nggak sedikit yang ngasih review jelek karena pelayanan tempat wisata tersebut buruk. Dengan adanya Tripadvisor tentu saja sangat membantu para wisatawan yang ingin berlibur melalui referensi-referensi yang dtulis oleh kontributor.


Nggak hanya membaca, sebenarnya kita pun bisa menjadi kontributor didalamnya. Bahkan semakin banyak yang kita review, semakin besar pula kesempatan kita mendapatkan Air Asia Big Point, tau kan point ini kalau sudah banyak bisa diapain? Iyeees, ditukerin tiket lagi, buat jalan-jalan lagi. Dari hobi kita jalan-jalan itu sebenernya bisa dibalikin lagi keuntungannya untuk kita hanya dengan menuliskan review di Tripadvisor, lah enak kan, siapa sih yang nggak mau jalan-jalan gratis.


Caranya gimana sih?
Sebelum melangkah lebih jauh, sebaiknya baca ini pelan-pelan ya, soalnya step-step ini agak rumit dan kalau bacanya loncat-loncat yang ada kamu bakalan baca dari awal lagi, karena bisa jadi ada yang terlewat, oh ya.. mempraktekan ini harus sabar, agak lama banget memang. Dan saya harap kalian jangan terlalu berharap sesuatu yang instan tanpa usaha. Oke daripada kelamaan berikut step-stepnya:

Mendaftar di Tripadvisor
1.      Pertama kamu harus mendaftar dulu di situs Tripadvisor.com


2.      Kamu bisa log in,dengan menggunakan alamat facebook, google ataupun melalui email


3.   Klik profile dan lengkapi data diri selengkap-lengkapnya *jangan sampai ada yang terlewat*, jangan lupa tambahkan foto yang kece.
4.      Selesai


Mendaftar di Air Asia Big
1.      Klik log in pada sudut kanan atas


2.   Sama seperti di Tripadvisor, kamu bisa log in dengan menggunakan alamat Facebook, Google ataupun WeChat
3.      Penggunaan password di Air Asia Big agak ribet ya, harus kombinasi huruf besar-huruf kecil dan angka. Harap diingat baik-baik password ini, jangan sampai nanti pas log in lupa :D, awalnya saya sering lupa, tapi karena sering diakses *buat ngecek harga doang kok* ya jadi inget.
4.      Lengkapi profil dengan selengkap-lengkapnya dan selesai

Menghubungkan Air Asia Big dengan Tripadvisor
1.      Masuk ke situs ini https://www.tripadvisor.co.id/AirAsia
2.      Klik mulai di sini


3.      Masukkan data diri dan pada BIG SHOOT ID masukkan nomor keanggotaan *ID Anggota BIG Point* bisa dilihat di bagian profile Air Asia Big Point, kalau belum daftar di Air Asia Big Point ya nggak bakalan ada. Makannya saya suruh baca step pelan-pelan biar apa, biar nggak kebolak-bolak


contoh ID BIG 


4.      Nah kalau sudah, kamu sudah terhubung antara Air Asia Big dengan Tripadvisor


Mulai menulis
Jangan diliatin aja, punya foto banyak dan pengalaman petualangan yang banyak kan? Sebaiknya mulai tulis dan dipublih. Karena saya ini jarang banget jalan-jalan ya akhirnya point Air Asia Big saya segitu-gitu aja :D cara menulis di TripAdvisor nggak begitu susah kok, caranya :
1.      Pojok kiri bawa pada ‘Berikan saran wisata Anda’ klik tulis ulasan



2.      Tentukan kota/negara yang akan diulas lalu pilih nama lokasi, tempat wisata, hotel atau kuliner yang akan diulas



3.      Berikan ulasan yang informatif ya gaes jangan asal



4.      Tunggu sampai terverifikasi. Ulasan bisa saja tertolak kalau hanya menulis, ‘Nice info’, ‘Tempat yang bagus’, ‘Penginapan nggak oke’ ah receh dan sampah banget dah :D, bisa-bisa nggak diterima tim Tripadvisor ini mah.



5. Kalau diterima, nanti akan ada pemberitahuan dari tim Tripadvisor masuk ke email kita


Saran saya :
1. Karena ini menjadi acuan seluruh dunia termasuk diri sendiri, berikan ulasan terbaik, informatif, jelas dan sangat membantu. Lah diri sendiri aja kadang suka nyari informasi di Tripadvisor kan? Kesel nggak kalau lagi baca ulasan, yang ngulas cuma nulis sebaris kata, kau pasti bakalan nyari infomasi yang lain yang lebih membantu. Coba deh posisikan diri sebagai orang yang mencari informasi bukan pemberi informasi, jangan malas ngetik. Nggak ada salahnya nulis panjang-panjang, orang pasti akan sangat bersyukur baca ulasanmu
2. Berikan gambar *kalau ada, ya pasti ada dong kalau nggak ada, sia-sia amat traveling nggak foto-foto :D* ini akan menambah point kamu
3. Berikan informasi sejujurnya apa yang kamu rasakan saat itu, jangan bohong. Kasian yang baca
4. Kalau belum pernah ke tempat tersebut jangan pura-pura kasih informasi hanya untuk sekedar menambah point, bohong amat demi Air Asia Big point rela kasih informasi bodong
5. Karena ini dibaca seluruh dunia, bawa nama baik Negara kita. 


lencana yang sudah saya kumpulkan kurang lebih dari tahun 2016
Untuk kamu yang penasaran, berapa point yang didapat jika menulis di Tripadvisor, bisa dilihat pada kolom dibawah ya :), berikan ulasan yang bagus, hingga mendapat feedback yang bagus juga dari pembaca. Itu juga menghasilkan point loh.



Berapa point yang didapat untuk Air Asia Big setelah menulis di Tripadvisor?




Untuk 6000 point d Tripadvisor saya mendapatkan 280 Air Asia Big point. Haha.. tentunya ini masih jauh dari angan-angan untuk terbang gratis ya jeng! Tapi tenang saja, Air Asia Big Point ini nggak hanya diapat dari mengulas tulisan di Tripadvisor aja, masih banyak sarana yang bisa menjadi acuan untuk mendapatkan point, misalnya memesan tiket pesawat langsung di AirAsia.com, menginap di booking.com, membeli produk di merchant yang bekerja sama dengan Air Asia, menggunakan kartu kredit dan banyak lagi.

beberapa merchant yang bekerja sama dengan Air Asia

 Jika point Air Asia Bigmu lama terkumpul, anggap saja memberi ulasan pada Tripadvisor sebagai sarana untuk membantu wisatawan menemukan tempat terbaik di dunia untuk travelingnya. Pahala loh.. J Happy Traveling ^^



5 comments:

  1. Beruntung bener, mbak bsa banyak ngumpulin point, ntar lama2 juga bsa nembus tiket gratia

    ReplyDelete
  2. Saya baru tau dong mba kalau di Tripadvisor itu bisa juga nulis review dapat poin.
    Asyik banget ya, bisa gunakan poinnya untuk hobi traveling.

    Saya hanya sering liat tripadvidor ini muncul di Google, tapi belum ngeh banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe.. klo hobi jalan2 kuliner dan staycation, coba deh sekali2 review hehe

      Delete
  3. Aku juga sering buka2 tripadvisor mbak, tp belum pernah nulis review hehehe

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...