Menu

Wednesday, 19 October 2016

/

Suka nonton Global TV nggak? Setiap hari sabtu dan minggu, kalau nggak salah sekitar jam 08.00 (WIT)  ada acara kartun tentang salah satu profesi yang paling digemari anak-anak usia dini karena menganggap profesi ini super hero banget, yaitu pemadam kebakaran. Dan nama kartunnya adalah Fireman Sam.

Sam yang mengacungkan jempol beserta jajarannya 
Nah, Naqib itu suka banget ngeliat kartun ini, bukan karena profesinya si Sam sebagai pemadam kebakaran. Tapi dia takjub dengan bentuk mobil pemadam yang menurutnya keren banget. Ada sirine, ada selang pemadam, ada tombol-tombol yang berintegrasi satu sama lainnya. Dan yang paling utama, karena bentuk mobilnya yang nggak biasa. Sangking ngefansnya sama bentuk mobil ini, kadang kalau saya senggang, Naqib suka banget memaksa saya minta gambarin mobil pemadam, “Ibu.. gambalin fayel tuk (Fire Truck)”, ya dia taunya mobil Damkar itu namanya Fire Truck karena keseringan nonton kartun berbahasa Inggris, dan saya gagal mengedukasi dia bukan itu sebenernya namanya kalau di bahasa Indonesiakan. Walah, gambar saya yang asal aja dianggapnya keren, yang penting ada bentuk sirine dan selang pemadam. Nah soal profesi pemadam yang menurut anak-anak lain keren, menurut Naqib, profesi ini kerennya di nomer 2 setelah bentuk mobilnya lebih keren di nomer 1. Dia baru menganggap profesi ini keren setelah Fireman-fireman ini beraksi.

Baca juga : Ini bisnis yang paling tepat untuk remaja


Dan sudah berapa kali Naqib merengek minta mampir, agar bisa berfoto di depan mobil tersebut. Sebenarnya kami ragu, takutnya aktifitas foto-foto ini malah mengganggu petugas yang ada disana. Tapi karena terus merengek dan menyindir, “Bu, bagusnyaaaa mobil payel tuk (Fire Truck), Atib mau poto disitu ya?” akhirnya luluh juga pertahan kami, dengan menebalkan muka, hari sabtu kemarin tepatnya tanggal 8 oktober 2016 kami berangkat ke kantor Pemadam Kebakaran Ambon di jalan A.Y Pati. Dengan sikap izin yang malu-malu pada petugas Damkar ingin berfoto di tempat tersebut, nggak disangka petugasnya malah ramah dan menggiring kami untuk berfoto di setiap sudut mobil. Bak, petugas museum salah satu pekerja mengantarkan kami,

Baca juga : bikin mainan wayang yuk..

Sebenernya dia foto malu-malu makannya nggak fokus
“Ayo ade foto disini,” Petugas tersebut menyuruh Naqib berfoto di depan mobil, selesai foto di depan mobil Damkar, petugasnya berkata lagi.
“Ayo disitu,” dia menggiring kami untuk masuk ke dalam area parkiran mobil dan berfoto di sela-sela mobil yang lain. Petugas yang lain seperti takjub melihat kenarsisan kami yang aneh, mungkin baru kali ini ada orang yang mau foto-foto di area parkir mobil Damkar. Karena kan biasanya anak-anak lebih seneng foto-foto di taman, berfoto dengan badut-badut lucu, di mall atau pusat keramaian lain.
Mungkin yang bicara kali ini ketua regunya, bapak yang bertubuh agak gempal itu teriak pada petugas yang mengantar kami, “He! Tolong ko buka pintunya, suruh dia foto di dalam mobil” alahmak, dan petugas tersebut melaksanakan titah atasannya, dia sigap membuka pintu mobil Damkar. Naqib dinaikkan ke atasnya. Sekarang, puaslah Naqib berfoto di dalam mobil Damkar. Dia meraskan bagaimana rasanya jadi Fireman sesungguhnya wahahaha..
Nggak cukup sampai di sana, bapak bertubuh gempal tadi menyuruh Naqib memakai topi petugas Damkar dan menyuruhnya memegang selang pemadam, apa sih namanya ya? Oke, jepret bareng Abahnya. Selesai dari foto-foto, kami pun berpamitan pada petugas yang berjaga. Mereka melepas kepergian kami dengan senyum ramahnya, seperti merasa bangga profesinya digemari anak-anak usia dini. Naqib pun pulang dengan senyum mengembang, “Bu nanti kita poto agy ya dicana” gyaaa….. oke-oke, harus menebalkan muka dengan lebih tebal lagi. Lah, kan sudah foto disana, malu kali lah mampir lagi hihihi..

Baca juga : apa ini ya penyebab anak kurus?

lirikannya itu antipati, takut orang ngeliatin dia foto -_-'


Sebenernya bukan hanya menurutkan Naqib tentang permintaannya berfoto di mobil-mobil Damkar, tapi lebih mengedukasi dia bahwa ada banyak profesi di dunia ini yang patut dia ketahui. Ya salah satunya petugas pemadam kebakaran tadi. Profesi yang nggak biasa, tentang penyelamatan kehidupan orang di masa-masa sulitnya, bertaruh hidup dan mati. Menyelamatkan harta benda berharga juga tempat tinggalnya.
Yang ini okelah fotonya :D

Kami sebagai orangtuanya mengajaknya ke tempat-tempat yang nggak biasa ini biar dia merasa, pekerjaan itu banyak di dunia, rejeki Allah luas di muka bumi ini, jangan terkungkung sama satu pekerjaan saja, misal jadi pegawai kantoran. Bekerjalah apa saja, berjalanlah kemana saja mencari rejeki, yang penting halal. Tujuan saya sih utamanya itu. Seru kan, belajar sambil bermain ^^, Cara ini kami harapkan agar lebih membekas di memori Naqib tentang masa kecilnya yang tak biasa. Ia punya kenangan yang menakjubkan yang bisa ia ceritakan pada guru dan teman-temannya nanti di masa sekolah.
yeaaah Pantang pulang sebelum padam!

Kemarin kita bertandang ke kantor Dinas Pemadam Kebakaran, next time mungkin kita bakalan main ke kantor polisi, mudah-mudahan bapak Polisinya nggak berfikiran yang macam-macam ya, hahah.. :D


Ambon manise, 191016
4 comments

Sama dong mbak, anakku jg suka bgt mobil pemadam, bedanya dia nontonnya di upin ipin, jadi nyebutnya "bomba". Aku nggak kepikiran buat ngajak dia ke garasi damkar, cuma pas lewat, dia bakal langsung berdiri (naik motor padahal) dan dadagh dadagh.....
Kalau foto sama sama mobil polisi, udah banyaaaakkk bgt, tiap nemu mobil polisi parkir, foto

Reply

Seru banget bisa langsung merealisasikan keinginan Naqib xixixi..anakku juga pengen jadi dokter karena dibeliin kakak saya mainan dokter terus pas dia sakit periksa ke dokter disuruh buka mulut sama buka baju hahaha..

Reply

Wah kudu kita sosialisasikan emang yang namanya mobil pemadam bukan bomba apalagi fire truck walaupun emang itu nama asingnya wahahaha

Reply

Hahahha anak2 emang ajaib, salam buat anaknya y mba

Reply

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...