Menu

Wednesday, 5 October 2016

/

Usia remaja itu usia yang paling produktif banget, dimana banyak ide-ide cemerlang bertaburan. Makannya nggak heran banyak remaja yang bisa menghasilkan karya-karya emasnya di usia remaja. Jika remaja kita diarahkan berkarya pada sisi yang positif ya hasilnya akan cemerlang, membanggakan dan bisa memberikan inspirasi pada banyak orang. Namun kalau salah jalur ya hasilnya kayak awkeren deh :p

Sebagai orangtua kita pengen dong anak kita produktif di usia muda, *banget* dan ini sudah menjadi target semua orangtua, dan bakalan masuk dalam list rencana jangka panjang akan mengarahkan mereka kemana nantinya. Banyak orangtua kemudian latah memasukkan anak-anak ke berbagai les, padahal belum tentu sesuai bakat dan minat mereka. Hal ini dikarenakan, orangtua ingin anak-anaknya tidak salah jalur pas remaja. Orangtua pengen anak-anaknya produktif, mengisi waktu luang dengan hal yang bermanfaat. Padahal belum tentu anak suka dengan keinginan orangtua tersebut.
Nah bagaimana jika anak-anak dirumah diajakan konsep berbisnis yang menyenangkan yang sesuai dengan bakat dan minat mereka. Misalnya :

Anak anda suka sekali olahraga
Coba sekali-kali orangtua duduk bareng dengan anak, lalu berkata padanya, “Dek, adek kan pinter berenang. Coba sekali-kali bikin les. Kan lumayan uangnya bisa buat kamu jajan. Kamu bisa beli apa aja jika kamu membisniskan keahlian kamu ini,” Stop berkata, “Kan lumayan uangnya bisa buat nambah uang sekolah” karena akan menjadi beban pada mereka, mereka akan berfikir, “Loh kok mama nggak bisa bayar uang sekolah aku lagi ya, kok mama malah nyuruh aku yang kerja, ini kan masih kewajiban mama dan papa,” yeah kata-kata itu bukan menjadi motivasi anak untuk berusaha, tapi malah menjadi pikiran serius di kepala mereka.
Buat bisnis ini menjadi fun dimata anak-anak, biarlah kedepan mereka yang akan berfikir bahwa uang yang mereka dapat tidak boleh dihambur-hamburkan. Ya tentunya sambil mengarahkan mereka, bahwa mencari uang itu tidak semudah yang dibayangin. Sambil mengajarkan mereka bisnis, arahkan mereka pada hidup hemat.

Anak anda suka sekali berkreasi
“Wah dek, karyanya keren banget. Coba deh dibuat yang agak serius, terus dijual nanti mama bantu pasarkan” sumpah, orangtua berkata kayak gini bikin anak semangat untuk menghasilkan karya yang lebih baik lagi. Apapun hasilnya bantu menyemangati mereka, dukung karya-karyanya. Kreasi ini misalnya, doodle art, meronce, kerajinan tangan dari sebuah bahan dan banyak yang lainnya. Orangtua jika melihat anak tekun melakukan sebuah pekerjaan sebaiknya diteliti, jika perlu difasilitasi. Mungkin bakatnya memang disana. Semangati, siapa tau bisa jadi ide bisnis untuk masa depannya.

Anak anda pintar dalam sastra
Coba sekali-kali bilang padanya, “Dek, coba bikin sebuah cerita. Mama mau baca”
“Nanti mama ketawa, baca tulisanku,”
“Enggak, mama mau baca. Kayaknya tulisan adek bagus banget” Jika anak anda menyukai sastra, cobalah latih imajinasinya dalam mengembangkan tulisan-tulisannya, Misal, “Dek, coba bayangkan meja itu. Bagaimana kalau meja itu bisa berubah jadi monster. Bikin ceritanya”
dan jangan sekali-kali menorehkan kata-kata pedas padanya, “Emang bisa diterima media?”, “Emang bisa bikin buku” tidak semua motivasi pedas bisa diterima baik pada diri anak. Semangati dan motivasi anak untuk bisa menerbitkan buku, “Tulis dengan semangat ya dek nanti mama bantu cariin penerbit ya”, yakin anak anda pasti akan semangat 45 nulis.


Dan motivasi-motivasi bisnis lainnya sudah saya rangkum di buku terbaru saya, Ting! Yes! Aku bisa berbisnis. Ini buku solo ke 5 saya, yang terbit sekitar akhir Juli kemaren. Sebenernya ini buku untuk pengayaan program pemerintah, cuma nggak lolos, huhuhu.. Ya sudah, daripada nganggur naskah ini, menurut nasehat teman, “Gimana kalau di daur ulang dan dikasihin penerbit mayor. Kali bisa terbit” eeh bener, saya daur ulang, Alhamdulillah nggak nyangka banget bisa terbit di penerbit mayor sekelas Elexmedia. Buku ini masih tersedia di Gramedia dan toko-toko buku di seluruh Indonesia ya parents. Semoga bisa memotivasi remaja untuk memproduktifkan waktu berharga mereka. Selamat membaca, saya mohon jangan minjem ya wahahahaha….


Judul : Ting! Yes! Aku bisa berbisnis
Penulis : Amanda ratih pratiwi
Penerbit : Elexmedia Komputindo
ISBN : 978-602-02-8784-3

Harga : Rp.42.800



28 comments

Alhamdulillaah..., buku yang penting ini, Mbak, sebab remaja (dan tentunya yang dewasa juga) perlu dinspirasi hal-hal yang seperti ini. Selamat ya, Mbak. Semoga semakin banyak bermnafaat.

Reply

Kerennya mba Manda :) semoga laris manis bukunya dan menginspirasi y mb

Reply

Selamat atas terbit bukunya. Semoga laris manis

Reply

bagus nih bukunya, dulu anak saya suka ngajak jualan keluar rmh cuma sayanya baru bisa jualan dr dalam rumah (online) dan sekarang malah lagi off dulu :(

Reply

Aihhh keren bangetttt isi bukunya.. Selamat ya mbak bukunya udah published.. :)

Reply

Buku yang bagus untuk remaja zaman sekarang. :D

Reply

selamat Mba Manda, semoga banyak yang beli, amin..

Reply

Kovernya mencerahkan banget Mbak.
Moga tambah sukses Mbak
Terima kasih dan salam kenal

Reply

keren banget mbak, terbit di elexmedia. semoga laris manis, aamiin :)

Reply

Terimakasih banyak ya mas, jangan lupa beli wehehehehe

Reply

Amiiiin, makasih banyak ya mba

Reply

Wah keren banget mba. Mau donk diajarin nulis, aku nich termasuk yang susah berimajinasi. Makanya tulisanku kebanyakan informatif atau perjalananku

Reply

Weiiih, keren banget udah bikin buku solo ke 5 lagi. Ajarin dong caranya. Hehe. Te O Pe deh.

Reply

Amin, makasih banyak mba

Reply

Ayo mak, sekarang jualan lagi, semangat ^^

Reply

Makasih banyak, jangan lupa beli ya ^^

Reply

Amin, makasih banyak mba :)

Reply

Amin, amin. makasih banyak ya mas, salam kenal :)

Reply

Haha, iya perjuangan banget.. setelah 8 tahun nulis :)
Amin, makasih banyak ya mba :)

Reply

Lah itu bisa nulis :D nulis kan nggak harus berupa cerita mba :D

Reply

kalau 5 tandanya masih belajar mba :D
aduh malu ah saya mah masih newbie ni

Reply

Waaaaaah kerennyaaa, selamat untuk buku barunya ya mbaaaa <3 Aku sama sekali ngga ngeh kalo ternyta kita bisa ya mengajarkan anak untuk bisnis sedari kecil, ntar coba tips tips disni ah, sekalin ntar kalo mampir ke tokbuk mau nyari buku ini aaah. Hehhehee. Sukses terus ya mbaaak :D

Reply

Nice sharing mba, bagus sekali untuk mengarahkan anak-anak khususnya para remaja untuk beraktivitas secara positif ya, eh tapi untuk orang dewasa juga bisa ini agar selalu berpikir kreatif :)

Reply

Terimakasih banyak ya mba atas apresiasinya, salam sukses dan makasih sudah mau beli bukuku ^^

Reply

Iya mba sebenernya buku ini bisa untuk siapa saja, hanya bahasa yang saya gunakan meremaja banget hehe

Reply

Salam kenal ya mba, semoga saya juga bisa jadi penulis hebat kaya mba ^_^

Reply

Halo mba, salam kenal juga.. Semangat menulis ya mba :D

Reply

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...