Monday, 21 September 2020

Pandemi Belum Berakhir, Salah Pilih Handsanitizer Bisa Menyebabkan Iritasi Kulit


Pandemi belum usai nih bun, sebagai Ibu saya beneran worry. Hampir 7 bulan mati gaya dirumah aja, saya aja bosan ya apalagi anak yang masih kecil, tentunya dia beneran bosan. Dulu waktu awal-awal libur kami senang bukan main, karena ternyata keseringan masuk kantor atau masuk sekolah bikin bete, tapi lama kelamaan, kebanyakan dirumah juga bikin jenuh, haduh emang manusia nggak pernah pandai bersyukur  yah :D.

Karena dirumah aja itulah yang akhirnya membuat saya membiarkan anak berbuat semaunya, ya terserahlah dia mau apa yang penting dia happy, sesekali kami ajak keluar tentunya dengan protokol kesehatan yang lengkap, mulai dari bawa masker, terkadang faceshield juga hand sanitizer.
Ngomong-ngomong soal hand sanitizer nih bun, saya kembali worry hahaha… (ya ampun kebanyakan worrynya yah :D) pasalnya, hand sanitizer di luar itu kan alkoholnya tinggi, jujur deh, saya aja yang keseringan pakai itu tangan bisa kering banget, apalagi anak-anak yang kulitnya masih sangat sensitif, makannya kalau sudah keluar, saya sering banget ngingetin anak untuk sering cuci tangan, misalnya dia ketemu wastafel. Soalnya dalam 7 jam, 1 bakteri di tangan kita bisa berkembang biak menjadi 2.097.152, dan bakteri bisa bertahan lama hingga 3 jam. Nah ini dia yang menyebabkan anak-anak sering banget diare dan terkena penyakit pernafasan. Belum lagi di masa pandemi ini, dimana covid-19 betah banget berlama-lama di tubuh, bahaya banget kan kalau nggak cuci tangan?
Tapi namanya anak-anak ya bun, suka lupa cuci tangan, pengennya langsung main atau kalau lagi ingat cuci tangan, malas ke kamar mandi jadi yang dipakai ya hand sanitizer yang beralkohol lagi deh. Saya baneran nggak tega kalau tangan si kecil jadi terkelupas karena alkohol yang tinggi.
Syukur Alhamdulillah banget Mama’s Choice mengeluarkan produk Moisturizing Hand Gel, Hand Gel yang ini bebas alkohol jadi tidak membuat kulit anak maupun bayi teriritasi.


Lalu bagaimana cara kerja Hand Gel itu, kalau nggak ada alkoholnya?
Tenang bun, Mama’s Choice menggantinya dengan Benzalkonium Chloride, senyawa aktif yang tidak mudah terbakar dan tidak beracun. agen antibakteri ini aman dan mampu menghambat+menghentikan pertumbuhan mikroorganisme. Bahan lain yang terdapat pada Hand Gel ini adalah Aloe Vera, sudah tau kan kalau Aloe Vera meningkatkan integritas kulit dan melembapkan kulit, jadi tangan tidak mudah kering, selain itu ada Centella Asiatica berfungsi melembapkan kulit dan mempercepat penyembuhan

Tau nggak sih bun, bahwa penggunaan hand sanitizer dari bahan kimia memberikan dampak cukup besar bagi kesehatan. Karena, alkohol yang terkandung didalamnya mengandung bahan yang mudah terbakar, alkohol juga bisa meningkatkan resiko infeksi virus yang memicu radang saluran cerna. Selain itu A;kohol seperti etanol, isopropyl alkohol, alkohol denat dan alkohol methanol dapat menyebabkan kulit kering, iritasi dan berjerawat. Oleh karena itu Mama’s Choice berupaya tidak menghadirkan alkohol dalam hand gel ini. Karena bebas alkohol itulah yang menjadikan produk Mama’s Choice halal, selain itu Hand Gel Mama’s Choice teruji secara hipoalergenik dan dermatologis, cocok banget kan untuk kulit sensitif. Nggak hanya anak kecil, bayi pun bisa pakai, soo.. Hand Gel Mama’s Choice hand sanitizer aman untuk bayi


Ada lagi yang anti bakteri selain Hand Gel Mama’s Choice
Bunda-bunda kepikiran nggak sih kalau keringat kita itu mengandung bakteri banyak, kadang bakteri tersebut yang membuat kulit menjadi ruam-ruam merah, gatal-gatal dan penyakit kulit lainnya, nah apalagi kulit bayi ya, sangat sensitif banget. Maka dari itu perlu banget kita memilih detergent yang pas, tapi nggak bikin serat kain menjadi rusak. Kebetulan saya pakai Mama’s Choice Detergen nih bun, detergen yang satu ini berbentuk cair gitu, hanya cukup menuangkan 1 tutup botol detergen, bisa untuk mencuci dengan bersih seember baju bayi. Asli, busanya melimpah dan wangi banget. Jadi saya nggak perlu pakai pewangi konsentrat lagi.

Kenapa sih kita harus pakai detergen khusus?
Saya sih dulu mikirnya juga gitu, ribet banget cuci baju harus dipisah antara baju orang dewasa dan bayi, secara kerjaan domestik sudah banyak pengennya buru-buru aja biar semua kepegang, belum lagi harus ngurusin si jabang bayi kan. Ternyata kulit bayi itu kan sensitif jadi nggak bisa pakai sembarang detergen karena dapat merusak serat kain. Dan coba deh perhatikan baju-baju bayi, bahannya lembut, dan kalau pakai detergen dipasaran, serat kainnya bisa cepat rusak. Nah serat kain ini yang bisa membuat kulit bayi teriritasi, huhuhu..
Selain itu detergen umumnya mengandung SLS/SLES, Paraben atau Triclosan yang  bisa berefek samping pada sistem pernapasan, endokrin, reproduksi, pencernaan dan saraf bayi. Sedangkan pada Mama’s Choice detergen bahan-bahan tersebut tidak ada dan digantikan dengan Lauryl Glucoside, Potassium Sorbate, juga Tea tree extract yang berfungsi sebagai anti bakteri yang alami, sehingga aman untuk pakaian bayi. Mama’s choice detergen ini juga ternyata biodegradable surfaktan, alias aman untuk lingkungan. Pernah dengar kan kalau sabun cuci yang kita pakai pada umumnya itu dapat mencemarkan tanah?

cuci baju dede aaaah...

Ada kabar gembira juga buat bunda-bunda yang suka banget produk diskonan, mau tau apa itu?
Setiap pembelian minimal Rp.150.000 produk Mama's Choice di Mama's Choice Official Shop, Shopee bunda-bunda bisa dapat diskon Rp.25.000 yahh.. Dengan memasukkan kode MAMANDAM, lumayan banget kan bisa jajan banyak hihihi.. jangan sampai ketinggalan diskonnya ya bun J





Post a comment

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)