Wednesday, 16 September 2020

5 Makanan untuk Atasi Diare pada Ibu Hamil



Ketika sedang hamil, biasanya seorang ibu banyak mengalami keluhan pada tubuhnya. Salah satu hal yang dirasakan ibu hamil adalah diare. Perubahan hormon selama kehamilan membuat sebagian ibu hamil mengalami masalah pencernaan seperti mual, muntah dan diare. Hal ini akan membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Mengharuskan bolak-balik ke toilet untuk buang air besar, diare bisa berisiko membuat ibu hamil dehidrasi. Dehidrasi memiliki risiko yang tinggi pada ibu hamil sehingga harus dicegah semaksimal mungkin.

Beberapa hal yang dapat menjadi penyebab diare pada ibu hamil, seperti:
      Adanya perubahan pola makan. Umumnya, wanita yang mengetahui bahwa dirinya sedang mengandung akan mengubah pola makannya secara drastis. Ia pun akan mulai menghidupi dua makhluk hidup sehingga porsi makan otomatis lebih banyak dari biasanya. Sayangnya, sebagian orang memiliki pencernaan yang belum siap menerima perubahan pola makan tersebut yang akhirnya meningkatkan risiko diare.
      Suplemen kehamilan. Meskipun sangat penting untuk dikonsumsi selama kehamilan, namun ibu hamil harus mengetahui bahwa suplemen kehamilan dapat meningkatkan risiko diare.
      Perubahan hormon. Perubahan hormon selama kehamilan membuat banyak respon yang tak terduga dari tubuh ibu hamil, salah satunya adalah diare.
      infeksi virus, bakteri, parasit
      mendekati masa persalinan

Banyak cara untuk mengatasi diare ketika sedang hamil. Misalnya seperti banyak minum air putih, istirahat yang cukup, minum oralit, dan sebagainya. Selain itu, ibu hamil juga harus mengkonsumsi makanan-makanan yang dapat mengatasi diare. Kami akan merekomendasikan 5 makanan untuk atasi diare pada ibu hamil.

1. Telur

Siapa yang tidak suka telur? Sumber protein hewani yang satu ini hampir disukai hampir semua orang. Selain rasanya yang enak, telur juga memiliki lemak yang dapat menetralkan asam lambung sehingga dapat membantu mengatasi diare. Kandungan proteinnya pun sangat diperlukan untuk ibu hamil. Yuk makan telur!

2. Gandum

Meskipun rasanya hambar, gandum seperti yang dimakan dalam bentuk oatmeal bermanfaat dalam mengatasi diare ketika sedang hamil. Kandungan serat pada gandum membantu dalam mengatasi diare. Selain itu, gandum juga memiliki banyak nutrisi penting seperti selenium, zat besi, magnesium, serta sumber vitamin B yang diperlukan bagi ibu hamil.

3. Yoghurt

Ketika sedang diare, saluran pencernaan membutuhkan bakteri baik untuk melawan bakteri penyebab diare tersebut. Minuman probiotik seperti yoghurt dapat menjadi pilihan ibu hamil untuk mengatasi diare. Lactobacillus yang terdapat pada yoghurt akan membantu memperbaiki saluran pencernaan pada ibu hamil. Rasanya yang enak juga dapat membantu meningkatkan mood ibu lho.

4. Jahe

Rempah-rempah sejuta manfaat yang satu ini juga bisa menjadi pilihan ketika ibu hamil sedang diare. Jahe memiliki kandungan yang dapat meredakan diare saat hamil. Caranya cukup mudah, siapkan dua buah jahe berukuran 3 ruas jari, memarkan lalu rebuslah bersama 250 ml air putih. Setelah mendidih, air jahe sudah bisa disajikan. Sebaiknya diminum ketika masih hangat.

5. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang mudah dicari. Selain rasanya enak, pisang juga dapat membantu ibu hamil dalam meredakan diare. Kandungan serat dan pektin pada pisang membuat diare teratasi. Namun, tidak perlu berlebihan dalam mengkonsumsinya ya, Bu.
Itulah 5 makanan untuk atasi diare selama masa kehamilanl. Selain memperhatikan asupan, ibu hamil juga bisa mengkonsumsi obat diare. Pilihlah obat diare yang aman untuk dikonsumsi ibu hamil, seperti entrostop. Bacalah dosis pemakaiannya dan tetap berkonsultasi pada dokter. Semoga cepat sembuh, Bu!



Post a comment

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)