Menu

Wednesday, 8 March 2017

/

Pada hari pertama kemarin Naqib sudah saya ajak untuk mengasah kecerdasan Intrapersonalnya, kalau ada yang mau tau tentang ide bermainnya, bisa dilihat disini. Dihari kedua ini saya akan mengajak Naqib untuk menstimulasi kecerdasan kinestetiknya. Dengan bermain mengelompokkan pemen berwarna sesuai warna wadahnya. Jadi misalnya warna permennya merah, saya nyuruh Naqib buat masukkin ke wadah warna merah, begitu seterusnya. Permainan ini masuk ke dalam kecerdasan Kinestetik.



Apa itu kecerdasan Kinestetik?
Kinestetik adalah kecerdasan yang menekankan pada penggunaan tubuh dalam berkomunikasi dan mengekspresikan diri.


Ciri-cirinya adalah :
  • Banyak bergerak dan memiliki kelenturan.
  • Pandai menirukan gerakan yang ia lihat.
  • Sangat suka dan menikmati kegiatan fisik.
  • Senang membongkar berbagai benda.
  • Perlu menyentuh sesuatu yang ingin dipelajari.
  • Memperlihatkan ketrampilan tangan.
  • dan lain lain.


Cara menstimulasinya bagaimana?
  • Banyak cara untuk merangsang kecerdasan gerak tubuh Si Kecil antara lain dengan cara:
  • Melalui kegiatan bermain atau kegiatan sehari-hari seperti aktivitas berlari di taman, melompati anak tangga ataupun bermain sepeda.
  • Mengajak Si Kecil untuk lebih peka merasakan apa yang dirasakan tubuh.
  • Melatih keluwesan Si Kecil dengan mengajarkan Si Kecil untuk menari atau bermain pantomime.
  • Memperbaiki keseimbangan tubuh dengan meniti balok yang diletakkan diatas lantai.
  • dan lain-lain.



Ide bermainnya apa? Mengelompokkan permen warna-warni
Membantu Si Kecil untuk mengenal warna bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan. Salah satunya adalah dengan aktivitas ini. Persiapannya sederhana, tetapi hasilnya sangat bermanfaat untuk Si Kecil. Tertarik untuk mencoba?


Tujuan Pencapaian:
  • Memperkenalkan konsep warna kepada Si Kecil.
  • Melatih gerakan motorik Si Kecil.


Alat dan Bahan:
  • Permen warna-warni.
  • Mangkuk/ cup kue warna-warni.



Cara Bermain:
  • Bunda/ Ayah dapat mempersiapkan permen warna-warni beserta mangkok warna-warni di hadapan Si Kecil.
  • Minta Si Kecil untuk mengelompokkan permennya berdasarkan warna. Pertama-tama, minta Si Kecil untuk mengambil satu permen kemudian meletakkannya ke dalam mangkok yang berwarna sama dengan permen tersebut. Contoh, jika permennya merah, maka harus dimasukkan ke dalam mangkok berwarna merah.
  • Jika Si Kecil telah berhasil mengelompokkan semua permennya, Si Kecil dapat memakan permen tersebut.

 
yeaaaay... Naqib hebaaat


Evaluasi:
  • Adik/ Kakak hari ini main apa?
  • Oh mencari warna yang sama, ya? Memang ada warna apa saja sih Adik/ Kakak?
  • Adik/ Kakak masih bingung tidak tentang cara mengelompokkan warna permennya?


Evaluasi Naqib

Karena saya nggak punya wadah wanra-warni saya membuat wadahnya dari kertas origami aja hihihi.. lalu saya perintahkan Naqib untuk memasukkan permen warna-warni sesuai wadahnya. Saya cukup mencontohkan 1x, selebihnya Naqib yang mengerjakan. Hasilnya, Naqib konsentrasi untuk memindahkan semua permennya, kurang dari 3 menit sekitar 30+ permen berhasil dipindahkan sesuai warna wadahnya. Bisa dilihat pada video diatas ya..
Esoknya Naqib saya tes lagi, saya tinggal ke dapur sebentar saja nggak sampai semenit, voooilaaa…. Masya Allah dia bisa dengan cepat memindahkan semua permennya dengan benar. Kagum? Pasti, tapi saya masih harus menstimulus kecerdasan yang lainnya untuk Naqib di hari ketiga esok hari, tentunya Naqib nggak unggul di kecerdasan ini aja dong ya. Cheers!
20 comments

Wahhh naqib hebat bs main pisah permen warna dgn sabar. Kalo anakku mgkn dah hbs dia makan tu permen..ga jd main hehehehe

Reply

Naqib pinter... Bagi permennya dong hihihi...

Reply

Yey seruuuu di bikin gradasi pelangi hqbis itu permennya, hari ini saya mau bikin postnya hehe

Reply

Mantaappp mbak, ide sederhana tapi efeknya buat anak sesuatu banget. Sukaaa.. nnti mau coba juga heheh

Reply

ini gue sodorin ke emak gue kali ya, "Mah aku anak Kinestetik. Ayo mah kita praktek lagi" kwkwkwkw

Reply

wah ini parenting yang bagus, anak saya masih 11 bulan..inshaAllah kalau satu tahun mau tak ajari kayak beginian bu, salam kenal ya mak :)

Reply

WAh oke juga konsep mainnya, mau coba ah. BTW selain permen kira2 apa lagi ya mbk yg bisa dipakai? Pengen ngenalin warna jg, tapi khaatir kalau permen gk bisa tahan lama krn disemutin hehe.

Reply

keren Naqib. Omong omong naqib usia berapa? itu permennya akhirnya dimakan enggak? hehhehe ... udah banyak dipegang pegang. aku mau niru juga ah permainannya. seruuu ya dan bikin anteng kayanya

Reply

Naqib pintar mau sabar ya, permennya juga menarik tuh, Aisyah ikutan maen dong hehe

Reply

Iya, sbnrnya aku juga takjub dia bsa konsisten dan nggak dimakan hahahha 😬😬

Reply

Beli sendiri dong tante 😁

Reply

Yipiiee.. Semangaaat 😬😬

Reply

Iya silahkan dicoba mba, bisa bikin anak cerdas nih 😁😁

Reply

Udah kawiiiin woooi..! 😅😅😅😅

Reply

Salam kenal kembali dan makasih sdh komen 😆😆

Reply

Bisa lego, kertas origami, pokokny yg berwarna sama

Reply

3,5 tahun tante. Iya dimakan, tapi dijatah klo semua batuk tante ☺☺

Reply

Sinii adik Aisyah main sama abang Naqib 😆😆

Reply

Btw itu permen apa mba? Yg isi coklatkah? Mau nyobain juga aah buat anak kedua

Reply

Permen cha..cha itu looooh

Reply

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...