Monday, 20 March 2017

Teruslah Menulislah, Karena Kamu Harus Terus Berbagi


Di wall saya ramai berita acara ulang tahun blogger Crony, sebuah komunitas blogger yang didirikan oleh Wardah Fajri dan Suaminya Satto Raji Yeaah mereka menyebutnya duo Rajji, juga Anesa Nisa.  hehe :D, tapi bisa apalah saya jauh gini nggak bisa ikutan. Palingan juga cuma bisa ngiri :p.  Tapi kemudian saya nggak nyangka kalau saya bakalan menjadi bagian dalam acara ini..


Jum'at kemarin, tanggal 17 Maret 2017
lagi gentingnya pekerjaan rumah ada inbox masuk. Dari Kak Salto a.k.a Satto Raji
"Manda minta no telp!"
"Hah buat apa kak.. Aku jangan diculik wahaha"
"Nggak paling dihipnotis. Mau di inbox mba Wawa tuh"
-mbak iki kelakuan bojomu ckckck-

Nggak lama kemudian mba Wawa a.k.a mba Wardah inbox, 
"Hai Manda aku Wawa dari Crony"
-sent gambar- 
"Ini rahasia, Jangan dishare ke siapa pun hanya aku kamu, satto, panitia dan Tuhan yang tau"
Buru-buru download trus balik lagi ke pekerjaan jemurin pakaian, sedikit mengabaikan pesan tadi. Ya, hari itu pas tempat saya kebagian jatah air ngalir, tau sendirilah daerah Timur itu krisis airnya gimana. Dan tempat saya, air ngalir setiap 3 hari sekali. Jadi kalau air ngalir saya puas-puasin nyuci baju. Belum lagi suami lagi lembur, ga ada yang bantuin deh malem itu *untung Naqib ga rewel* setengah ngejemur saya balik lagi liat ponsel.

Gambar ini bikin saya pengen pingsan

Whaaat!! Apaan nih, ini kan letteringnya mak Winda Krisnadefa, saya baca pelan-pelan lettering itu. Dan saya nyata ga percaya baca tulisan yang terpampang disana.
"Mak Wawa, aku ngerasa nggak pantes dapat itu. Itu apaan?"
"Jadi, Bloggercrony punya program.. Buat yg biasa #UpdateBlog kami pantau. Ini adalah Most
Wanted Blogger Crony, merupakan bentuk penghargaan kepada blogger yang menulis untuk berbagi pengalaman/pengetahuan dari pengalaman personalnya sehingga menginspirasi siapapun
yang membacanya berpikir dan berbuat positif.
Kriteria penilaian yaitu blogger yang paling rajin membuat konten orisinal non-sponsor sepanjang Januari 2016-Januari 2017, punya storytelling berkarakter kuat, berkepepribadian positif di medsos, memiliki attitude baik (rajin menjawab komentar yang masuk di blognya), punya engagement bagus dalam blognya, andal memilah ilustrasi dalam postingan, peduli memantainance tampilan blog secara rapi (tampilan desktop maupun mobile)." Saya ngerasa belakangan ini saya banyak nulis tentang wisata di Ambon, pengalaman pribadi ya sedikit sponsored post, tapi itu sponsored postnya saya tulis sendiri dibumbui tips-tips remeh temeh yang menurut saya sih bisa saja nggak bermanfaat buat orang.
"Mba aku nulis lillahi ta'ala" beneran ngerasa ga pantes secara buanyaaaaaak blog yang lebih kecil alexanya, lebih tinggi DAnya, lebih banyak sponsored postnya, lebih cantik blognya, dan lebih-lebih lainnya. Blogku mah apaa.. isinya cuma semacam remah-remah kue. Bukan utuh kue brownies yang lezat dan legit itu.
Mak Wawa melanjutkan, "Ya justru itu.. Jadi kasih contoh untuk blogger lain. Boleh kita nulis event dan review tapi nulis hal sederhana yang bermanfaat juga perlu mengimbangi blog kita" kata-kata yang terakhir bikin saya jatuh kayak ditampol bolak-balik.
Saya jadi inget kata-kata mba Pungky Prayitno si travel blogger yang femes dan rendah hati itu *pernah baca blognya sujiwo.com? itu salah satu blognya* Dia bilang, 'Menulislah karena kamu ingin berbagi, ikhlas lahir bathin. Masalah dikasih rejeki itu bonus, anggap aja itu hasil kerja keras kita nulis', di FLP saya juga diajarin, 'Menulislah agar masyarakat melek, cerdas, dan berilmu'. 
Salah satu Admin Blogger Perempuan, mba Shintaries yang baik itu juga pernah nasehatin, baca yang bawah.


Yah bener, ngeblog jangan tertekan, nggak usah mikirin apa-apa, kalau kamu seneng ya lakukan, kalau kamu nggak seneng ngapain ngeblog? Ntar pengaruh loh ke tulisan yang kamu buat beneran. Coba deh baca tulisan yang dari hati sama yang terpaksa, alias males-malesan. Pasti beda banget.
Kadang saya suka ngomong ama diri sendiri, "Nulis ah yang rajin biar alexa turun"
Tapi kemudian saya bantah sendiri, "Trus kalo alexa turun, kamu ga rajin nulis lagi gitu?"
Kadang pernah keselip niat jelek, "Nulis ah yang kece, biar dilirik brand"
Tapi kemudian saya bantah sendiri, "Kamu matre ya ternyata, nulis niatnya cuma pengen duit!"
Kadang pernah kesal, kenapa pengunjung blog dikit, kenapa yang komen dikit, tapi kemudian niat melenceng, di share ah biar yang baca banyak. Tapi kemudian saya sadar lagi, "Niat kamu jelek! Nulis kok cuma pengen dapat pengunjung.
Ya Allah sudahlah.., daripada saya 'dimarah-marahin' sama malaikat di kanan terus, saya kudu merubah niat, menulislah karena ingin berbagi, masalah bonus itu nilai plus usahamu. Jadi itulah pengingat saya sekarang kalau niat melenceng, sama seperti nasehat mba Novia Syahidah Rais, "Meski tak dibayar, orang yang mencintai akan terus menulis di blognya. Meski sepi pengunjung dan komentar, ia akan terus mengisi blognya. Begitulah seharusnya seorang blogger" ya.. Luruskan niat, ikhlaskan utk umat. Insya Allah kalau ada rezeki itu bonus
Ah… saya masih ngerasa wondering haha dapet reward begini, secara apalah saya :D,. blogger pemula yang baru fokus ngeblog setelah blognya dianggurin 5 tahun. Yeaah, kalo dibilang say amah ngeblog udah lama, dari 2009 tapi baru fokus sekarang ini.

Pita, makasih banyak udah mewakilkan gue buat nerima ini, moga besok lo ketularan

Alhasil, hanya ini yang bisa saya ucapkan
  • Terimakasih banyak untuk Blogger Crony yang sudah mempercayakan ini pada saya *elap air mata* ini sungguh motivasi buat saya untuk terus ikhlas, lillahi ta'ala menulis agar banyak yg tau hal yg tdk mereka tau.
  • Suamiku.. Terimakasih sudah terus mendukung saya, menyemangati dan menginspirasi.
  • Ambon.. Kamu adalah inspirasi saya. Sebab kamu tulisanku banyak tentangmu. Niatku cuma satu, dengan menuliskanmu banyak yang tau Ambon punya sejuta pesona, negri yang damai dan bermartabat. Saya ingin, banyak yang bisa datang kesini sebab tulisan saya, hanya itu.
  • Teman-teman blogger Crony yang sudah rela meluangkan waktu BW di blog saya, mohon maaf kalau nggak sempet bw balik, saya lupaan orangnya. Hahah…
  • Terimakasih utk semuaaaa pembaca www.catatanamanda.com, tanpa kalian saya bukanlah apa-apa
  • Selamat ulang tahun blogger Crony yang ke 2, semoga makin mencerahkan masyarakat.
  • Semua teman-teman blogger, you rock!

Teruslah menulis karena penghargaan ini bukanlah sebuah kompetisi..


Ambon 20032017

54 comments :

  1. Selamat ya mak Manda. Pertama kali lihat blogmu keren deh. Minimalis dan simpel tapi berbobot. Pantaslah kalau dapet penghargaan. Barakallah Mak ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mak, tidak usah seperti itu aku malu haha 😜😜

      Delete
  2. Selamat ya mak Manda. Pertama kali lihat blogmu keren deh. Minimalis dan simpel tapi berbobot. Pantaslah kalau dapet penghargaan. Barakallah Mak ...

    ReplyDelete
  3. Selamat ya Sis ... semoga makin jaya raya. Merdeka! Hehehe
    Kerennnnnn

    ReplyDelete
  4. wihhhhh, mb Manda, selamattt yaaaa..terus menulis seimbang di tengah arus blog monetize emang perlu perjuangan :) Semangat terus!

    ReplyDelete
  5. Selamat Mba Manda, Keep inspiring ya :')

    ReplyDelete
  6. Selamat ya mbak Manda. Postingannya menginspirasi sekali. Saya jadi tersentil terutama alasan ngeblog. Akhir-akhir ini jarang posting. Jadi malu nih.

    Semoga saya bisa jadi sosok yang menginspirasi seperti mbak Manda. Aamiin 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin.. Ayo nulis apa saja selagi hati senang.. Yipiiie

      Delete
  7. Selamat ya Amanda, bahagia banget ya, menjadi bagian yang berarti untuk keseruan acara blogger crony. Keren semuanya laah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huum bahagia bngt, makasih mbak Astin 😍😍

      Delete
  8. Congrats Mbak,kamu layak dapetin itu heheh makin semangat berkarya, berprestasi, berbagi kebaikan pada semesta dan keabadian^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiiin.. Tp aku malu beneran blm jd apa2 udh dapet ginian hehe

      Delete
  9. selamat mba mandaa ^o^.. ah, kamu terlalu merendah... aku slalu suka loh kalo baca blogmu ini ;).. enak dibaca , fontnya juga ga kecil2 amat.. tau sendiri yaa, mataku ini rabun senja soalnya;p.. jd kalo baca blog yg tulisannya kecil, aku sedih ...:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihi. . makasih banyak mba fanny 😍😍

      Delete
  10. Aku masih harus belajar melatih menulis yang bener ni . ajarin kak ajarin

    ReplyDelete
  11. ketulusan, cepat atau lambat akan mendapatkan kelimpahan tiada terduga ya Mba. Dan ini waktumu ^_^
    Semoga semakin menginspirasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku terharu dengan kata2mu mba, makasih 😟😟

      Delete
  12. Selamat ya Manda! Turut berbangga punya teman blogger keren kaya kamu :)

    ReplyDelete
  13. Yeeaayy selamat lagi ya mba Mandaaaa.. Blog ini mah legit mbaa, maniseee.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaa.. Bisa aja dah. Makasih loh 😍😍

      Delete
  14. Karena Ambon kamu jadi beda. That's it. Sekarang ngga perlu mikirin rank mulu yaa. Let it go flow. Nulis ya nulis aja. Masalah ada job atau ngga, ya ngga perlu jadi masalah. Btw, Barakallah yaaa. Semoga penghargaan kecil dari BloggerCrony bisa bikin kamu tambah semangat ngeblognya. Ada atau ngga ada job. You rock! ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba Uci semangatnya. Amin moga bsa istiqomah dengan semua ini.

      Delete
  15. waaaahhj turut berbahagia Mandaaa..saya setuju nulis yg original tanpa embel2 sponsored memang lebih enak dibaca heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huum.. Masih teruuuus belajar mbak. Makasih ya

      Delete
  16. Halo mb Manda salam kenal ya, ini aku ikut terharu masa pas baca wa dari mb wawa. Semoga konsisten ya mb, nulis dg ikhlas, moga2 aku bisa ketularan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin..insya Allah yg penting sangat dan nggak kehilangan ide aja ya 😍

      Delete
  17. Mbak Manda terima kasih banyak. Sharingmu bermanfaat banget. Jadi inget nih belakangan nggk punya byk kesempatan untuk ngimbangin tulisan sponsor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhhuuu.. Jgn ngiklan trus haha.. Pembaca bosen sodara..sodara 😛

      Delete
  18. Bener mba. Kalo udah enjoy ngeblognya, pasti makin produktif nulisnya. Dan bonus-bonus lain akan mengikuti

    ReplyDelete
  19. Proficiat mba terus jadi inspirasi bagi banyak orang...mohon mampir dan mengevaluasi tulisan saya ini..makasi http://charlesemanueld.blogspot.co.id/2017/03/luna-karib-beraksi-menjadi-lebih-berarti.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh malu aku suruh nilai tulisan orang, okeee meluncuuur

      Delete
  20. congratulation mbaak.. so inspiring, bikin semangat nuliss lagi :-)

    ReplyDelete
  21. Selamat mbaakk... Inspiring banget.. Pengen nulis kayak mbak manda gini.. Tapi selalu mentok2nya nulis curhatan.. Masih belum konsisten aku mbak dalam menulis.. Aku mah apa.. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak apa mba, aku juga dulu awal nulis ya krn curhat d blog masih ga jelas. Lama2 bsa nulis sendirim semangaat

      Delete
  22. Selamat mbaakk... Inspiring banget.. Pengen nulis kayak mbak manda gini.. Tapi selalu mentok2nya nulis curhatan.. Masih belum konsisten aku mbak dalam menulis.. Aku mah apa.. Hehe

    ReplyDelete
  23. Setuju banget, ngeblog jangan tertekan, nggak usah mikirin apa-apa, kalau kita seneng ya lakukan,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo nggak mood ya jangan nulis. Begtu bukan hehe

      Delete
  24. Masya Allah kuereeen mbaaa... keep inspiring, crriiing!

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)