Menu

Tuesday, 21 March 2017

/

Sebagai orangtua tentunya kita nggak pengen ngasih sesuatu yang merugikan untuk anak kan ya? Apapun bentuknya, pasti kita akan memberikan yang terbaik demi tumbuh kembang si kecil. Salah satu orangtua itu adalah saya, saya akan berusaha memberikan yang terbaik untuk Naqib mulai dari makanan, pakaian sampai kebutuhannya. Termasuk mainannya, saya dan suami sepakat dari semenjak dia masih bayi sampai sekarang kalau ngasih mainan harus yang ramah anak. Jangan sampai partikelnya bisa menempel terus termakan oleh anak. Kadang kita suka anggap remeh, ngasih aja gitu mainan biasa nggak tau itu mainan bisa terkelupas catnya terus termakan anak, hiyy.. horror, bisa kanker tau mom.

Syukurnya, kemarin Belanbe mengenalkan saya sebuah mainan edukatif berbentuk spon yang multifungsi dan banyak manfaatnya untuk anak.

Sebelum diacak-acak Naqib

Apa sih Belanbe itu?
Belanbe diambil dari kata, belajar sambil bermain. Sebenarnya Belanbe ini adalah metode pembelajaran berbasis kompetensi aktif dan efisien yang dirancang melalui suatu prinsip permainan dengan menggunakan alat peraga yang bisa menghibur. Konsep ini meliputi dua kepentingan yaitu bermain dan belajar, pencipta metode ini adalah ketua LSM PAS (Peduli Anak Sekolah), dan kemudian beliau menciptakan banyak mainan edukatif untuk anak-anak usia dini agar dapat belajar dengan mudah, cepat dan menyenangkan. Selain itu tujuannya adalah agar anak-anak dapat mengingat pelajaran dengan baik. Waah..


Dan salah satu produk yang dikenalkan Belanbe pada Naqib adalah balok spon, balok spon ini terbuat dari evaspon kualitas terbaik yang dibuat oleh mesin. Tapi warnanya ramah anak *Warnanya tidak mencolok* dan nggak luntur ditangan., dengan tekstur yang halus dan lembut banget jika dipegang. Kalau ditekan, balok spon ini padat dan keras tidak mudah lentur, tapi tetap aman untuk anak.

Permukaan yang soft

Oh ya, balok spon Belanbe ini multifungsi banget deh, ada banyak kegiatan dan ide bermain yang bisa dilakukan dengan balok spon Belanbe ini diantaranya :

Bermain bentuk
Anak bisa membentuk aneka ragam benda/hewan disekitarnya sesuai imajinasinya, hal ini bisa membentuk kreatifitasnya dalam berkarya. Anak juga bisa mengajak temannya untuk bermain bersama.


Bermain mencocokkan warna
Melakukan permainan ini bisa mengasah kecedasan kinestetik pada anak. Caranya, ayah/bunda cukup menaruh 3 warna benda yang sesuai dengan warna balok di depan anak. Instruksinya : “Adik/kakak, ayo mana warna balok yang sesuai dengan warna yang ada di depan adik. Tolong kumpulkan ya”


Permainan lempar balok
Lempar balok juga dapat mengasah kecerdasan kinestetik pada anak. Cara bermainnya cukup mudah. Balok Belanbe disusun menyerupai menara, setelah balok berdiri tinggi. Batasi tempat berdiri anak dan beri jarak dengan menara di depannya. Setelah hitungan ke tiga instruksikan anak untuk merubuhkan menara tersebut. Main ini bisa dengan teman bermainnya, seru ya, hihi..


Perlombaan menyusun balok (untuk anak usia 5 tahun)
Butuh 2-3 orang untuk mengikuti lomba ini. Caranya, beri masing-masing anak 10-20 buah pcs balok. Instruksikan anak untuk menyusun banguan dengan balok yang ada di depannya syaratnya tidak boleh sama. Yang berhasil menyusun sebuah bangunan dengan baik dialah pemenangnya. Ayah/bunda boleh juga memberinya reward selepas permainan

Bermain pasar-pasaran (untuk anak usia 5 tahun dan butuh beberapa orang)
Buat sebuah tempat menyerupai meja dengan menggunakan kardus. Diatasnya taruhlah berbagai macam wadah, dan isilah dengan menggunakan balok Belanbe yang berwarna sama untuk satu wadah. Misalnya, wadah toples untuk balok berwarna hijau, wadah piring untuk balok berwarna merah, dan beri nama dan harga pada masing-masing wadah tersebut, misalnya untuk balok merah adalah ikan dengan harga Rp10.000, balok hijau adalah sayur dengan harga Rp. 5000. Setelahnya buat uang-uangan kertas. Instruksikan anak untuk berpura-pura membeli dagangan temannya. Permainan ini bisa mengasah kecerdasan Logika matematik karena anak akan belajar berhitung dan kecerdasan linguistik karena anak akan berlatih bicara.

Dan masih banyak ide permanan yang dapat kita ciptakan melalui balok spon Belanbe ini. Keunggulan balok spon Belanbe lainnya adalah, jika permukaan balok diberi air maka dapat menempel satu dengan lainnya. Balok spon Belanbe juga bisa menempel di permukaan kaca loh, selain itu balok ini juga dapat dibuat untuk cap, selengkapnya bisa dilihat pada video di bawah ya.


Seru kan main balok spon Belanbe ini? selain balok Spon, Belanbe masih punya permainan edukatif anak lainnya. Buruan pantengin sosmednya, dan follow mereka, siapa tau bunda/ayah tertarik dengan banyak permaian edukatif di dalamnya

Belanbe bisa dihubungi di :
FB : belanbe.id

IG  : belanbe.id

28 comments:

  1. Wah lebih aman ya dari lego karena dari spon hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, buat timpuk2an juga nggak sakit wahaha... 😀😀

      Delete
  2. Melatih motorik anak, aman pula digunakan. Jd sebagai orang tua gak khawatir lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huum mba, nggak takut anak kepleset mainan juga. Aman ditinggal sendirian

      Delete
  3. wah bisa jadi hadiah ultah yang menarik, tapi Adik saya Cowok kak, mudah rusak gak yah itu belanbe nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bwaaah itu anak saya cowoooook.. Nggak gampang rusak sih klo ga dirusakin hee.. 😅😅

      Delete
  4. Klo permukaannya soft aman jg bwt batita ya. Bagus nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huum nggak khawatir membahayakan jg 😛😛

      Delete
  5. emang lagi nyari mainan kayak gini buat kedua anakku fatih fay. boleh nih referensinya

    ReplyDelete
  6. Anakku dulu suka bangettt main balok susun ini.. :). Aku jg belinya krn tertarik ama bahannya yg dr spon dan warna2nya itu loh.. Cerah ceria banget :p.. Tp si kaka udh bosen mba main ini.. Jd aku simpen utk nanti dimainin ama adeknya kalo udh ngerti :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mainan2 Naqib jg selalu aku simpan buat adiknya nanti hehe

      Delete
  7. wahhh abgus tuh buat perkembangan wawasan anakkk hhe

    ReplyDelete
  8. lego-legoan juga ya..... btw lucu tuh..... sayang blm punya anak buat dibeliin itu. ahahah

    ReplyDelete
  9. Wah ada mainan balok dr spon...

    ReplyDelete
  10. Sangat Bagus ni dan Cocok buat mengasah motorik anak-anak ....

    ReplyDelete
  11. Pengen beli eeee.. Tapi buat apa.. Anak aja belom ada.. Hihihi.. Suka lapar mata mbak kalo liat mainan anak2.. Pengennya diborong.. Apa daya, cuma bisa gigit jari doank.. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kumpulin dulu mainannya hihihi.. Sama aku dlu juga suka ngiler liat mainan anak mba

      Delete
  12. Pengen beli eeee.. Tapi buat apa.. Anak aja belom ada.. Hihihi.. Suka lapar mata mbak kalo liat mainan anak2.. Pengennya diborong.. Apa daya, cuma bisa gigit jari doank.. Hihihi

    ReplyDelete
  13. Anak jaman sekarang sukanya main gatget . harus di batasi dan dialihkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya komennya ga nyambung ama isinya 😏

      Delete
  14. Waaaah lucu banget nih balok Sponsnya, yang pasti kalo dilempar-lempar nggak akan sakit kalo kena kepala ya maaak. Aman. Hihihiii. Mau cus cek FBnya ah. Makasi infonya mak Amandaaaa :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nggak sakit, apalagi buat ngelempar anjing, tu anjing nggak bakalan lari :D

      Delete

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...