Tuesday 17 August 2021

Cara Menggendong Anak Dengan Benar

 



 

Kegiatan menggendong tidak hanya sekedar kegiatan sehari-hari biasa. Ternyata menggendong bayi memiliki banyak manfaat, yang utama adalah membangun ikatan atau bonding dengan anak. Berbagai alat menggendong sudah banyak beredar. Tetapi Moms perlu mengetahui cara menggendong anak yang benar agar tidak terjadi cedera dan selalu nyaman. Berikut ini caranya:

 

1. Gunakan Gendongan Ergonomis

Gendongan ergonomis adalah gendongan yang nyaman digunakan oleh penggendong, yakni mampu menopang berat anak dengan persebaran berat yang merata sehingga tidak membuat sakit di titik-titik tertentu saja.

Ia juga mesti nyaman dipakai oleh anak yakni menyesuaikan dengan ukuran tubuh anak dan mengikuti pertumbuhan anak.

Gendongan jenis ini biasanya memiliki body panel yang cukup lebar sehingga kaki anak bisa membentuk spread squat position atau yang dikenal dengan sebutan M-shape. Cara menggendong bayi dengan benar ini tentu untuk kenyamanan ibu dan juga Si Kecil.

 

2. Hati-hati Ketika Berbenah atau Memasak sambil Menggendong

Menggendong memang bisa menjadi alternatif agar bisa multitasking mengerjakan pekerjaan rumah tanpa harus meninggalkan anak yang tengah membutuhkan pelukan seorang ibu.

Namun, Moms perlu hati-hati ketika harus mengerjakan pekerjaan rumah sembari menggendong. Misalnya, ketika memasak, sebaiknya cara menggendong bayi dengan benar yakni anak digendong di belakang untuk memudahkan pergerakan ibu serta menghindari anak terkena percikan air panas atau minyak goreng.

Tips aman cara menggendong bayi saat memasak adalah Moms perlu hati-hati apalagi ketika anak sudah mulai penasaran ingin menyentuh berbagai macam barang.

Jauhkan pisau dan barang-barang lainnya, sebisa mungkin tidak ada benda-benda berbahaya dalam jangkauan tangan serta kakinya, karena bukan hanya membahayakan sang anak, hal ini juga membahayakan sang ibu.

Ketika menyapu dan membersihkan rumah pun Moms harus hati-hati, barangkali udara akan menjadi sangat berdebu karena akan berbahaya bagi pernafasan anak.

Sebisa mungkin lakukanlah pekerjaan rumah yang simpel untuk cara menggendong bayi yang benar.

 

3. Mengedepankan Wajah Anak

Ini adalah cara menggendong bayi baru lahir yang menjadi favorit para orang tua. Dengan cara menggendong bayi ini, membuat Si Kecil merasa nyaman.

 

Mudah, nyaman, dengan menopang kepala dan leher mereka dengan sempurna membuat ini mudah dilakukan.

Cara menggendong bayi baru lahir ini mudah saja, cukup baringkan anak telentang (atau dibedong) lalu letakkan telapak tangan Moms di leher anak

Gulingkan anak ke lengan bawah, sehingga perutnya bersandar pada lengan Moms (lengan atas dan siku dengan kuat menopang kepala dan leher).

Posisi badan anak ke menjorok ke dalam dan tekan punggungnya dengan ringan ke dada. Gunakan tangan untuk memastikan kepalanya ditopang dengan sempurna.

 

4. Gendongan Lepas Tangan

Terlihat berbahaya, namun cara menggendong bayi ini juga menjadi salah satu kesukaan para orang tua, lho.

Dari namanya, cara menggendong bayi ini memungkinkan untuk Moms tidak perlu menggunakan tangan atau handsfree.

Bayi dapat dipegang dalam banyak posisi, termasuk posisi untuk menyusui dengan dikaitkan pada kain bedongan.

Gendongan juga sangat berguna untuk orang tua yang sulit menjangkau anak ketika beraktivitas. Namun tidak disarankan untuk melakukan cara menggendong bayi ini untuk dua bayi sekaligus.

 

Menggendong bayi akan membuatnya nyaman, selain itu gunakan juga popok yang nyaman untuknya. Menggunakan popok Merries dapat membuatnya selalu nyaman dalam gendongan karena memiliki permukaan yang halus untuk kulitnya. Popok Merries tidak hanya lembut, juga memiliki daya serap tinggi sehingga kulitnya tidak mudah lembab. Gunakan popok Merries untuk kegiatan sehari-hari agak anak selalu nyaman beraktifitas.

 

1 comment :

  1. Hemm suka banget kalau gendong si kecil, tetapi kadang karena kesibukan sambil beresin ini itu malah buat si kecil ga nyaman :) terima kasih tipsnya.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)