Monday 9 August 2021

6 Cara Mengobati Gejala pada PCOS

 



 

Pcos adalah salah satu penyakit yang menyerang tingkat kesuburan pada wanita. Penyakit ini termasuk yang sangat ditakuti karena pengidapnya bisa saja tidak bisa mengalami kehamilan. Padahal kehamilan merupakan salah satu harapan setiap wanita saat melangsungkan pernikahan.

Pada umumnya pcos akan memberikan beberapa tanda gejala pada diri seseorang, salah satunya adalah dengan meningkatnya hormon androgen yang dapat mengakibatkan tumbuhnya beberapa bulu pada tempat yang tidak biasa.

Selain itu juga meningkatnya hormon insulin dalam tubuh penderitanya. Jika terdapat gejala ini biasanya dokter akan melakukan beberapa tindakan lebih akurat agar mendapatkan hasil yang pasti.

Namun gejala pada pcos juga dapat di obati asalkan dapat diketahui dengan cepat. Berikut ini cara mengobati gejala pada pcos antara lain sebagai berikut :

 

1. Melakukan bedah pada ovarium

Bedah pada ovarium bisa menjadi alternatif pilihan untuk mengobati gejala pada pcos. Pembedahan ini disebut juga dengan ovarium drilling. Bertujuan untuk menghancurkan sebagian kecil jaringan agar penderita dapat melakukan ovulasi. Ovulasi ini penting untuk proses pembuahan sehingga nantinya bisa hamil, sebab pada masa ovulasi indung telur telah di lepas dan siap untuk bertemu dengan sperma.

 

2. Konsumsi clomiphene dan letrozole

Pcos memang penyakit yang membuat seorang wanita sulit untuk hamil. Namun beberapa usaha di bidang kedokteran memiliki beberapa opsi agar wanita penderita pcos tetap bisa hamil. Adapun langkah yang disarankan oleh dokter adalah memberikan resep untuk mengonsumsi obat seperti clomiphene dan letrozole.

Clomiphene merupakan salah satu obat yang dapat mengobati infertilitas pada wanita yang tidak dapat berovulasi. Sedangkan letrozole adalah obat yang juga bisa digunakan untuk penderita pcos dan penderita kanker payudara.

 

3. Suntik hormon gonadotropin

Salah satu cara mengobati gejala pada pcos adalah dengan melakukan suntik hormon gonadotropin. Gonadotropin adalah hormon yang sangat berperan dalam tingkat kesuburan seseorang. Sebenarnya hormon ini di produksi secara alami pada aktivitas sel ovarium dan testis. Namun bagi penderita pcos maka diperlukan suntik hormon ini untuk meningkatkan peluang kehamilan.

 

4. Mulai gaya hidup sehat

Pengobatan yang juga tidak kalah penting untuk gejala pcos adalah memulai gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi buah - buahan dan sayur - sayuran dalam batasan yang cukup. Serta hindari untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak dan gula yang tinggi. Ditambah jangan lupa untuk mengonsumsi air minum delapan gelas setiap harinya sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

 

5. Pengobatan dengan metformin

Pengobatan pcos berikutnya dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat metformin. Metformin adalah obat yang berperan untuk membantu induksi pada ovulasi, ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kehamilan pada seseorang. Namun yang perlu untuk di perhatikan jika obat ini juga memiliki efek samping setelah di konsumsi antara lain seperti mual, pusing dan muntah. Tak perlu khawatir karena efek samping ini akan menghilang dengan sendirinya.

 

6. Berolahraga

Berolahraga setiap harinya dalam waktu singkat namun konsisten juga dapat membuat pengidap pcos tetap bugar. Olahraga memang di kenal dapat membuat jiwa dan raga sehat. Jadi jangan ragu untuk melakukan olahraga setiap harinya untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda dan juga bisa meningkatkan kesuburan.

 

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai cara mengobati gejala pada pcos. Semakin di deteksi gejala dengan cepat, maka pengobatan dapat dilakukan dengan tepat.

 

 

Post a Comment

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)