Monday 9 August 2021

4 Macam Tempat Wisata

 



Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak sekali keunggulan, mulai dari jumlah rakyatnya yang banyak, memiliki banyak sekali keanekaragaman yang dimiliki dari suku yang terdiri dari 1.331 suku yang tersebar di Indonesia yang pada setiap sukunya mempunyai adat dan kebudayaan masing-masing, hal ini yang membuat bangsa Indonesia adalah bangsa yang sangat kaya akan kebudayaan. Salah satu yang tidak ketinggalan pula adalah tentang pesona alam Indonesia yang memukau mata kita dan juga para penduduk bumi semua.

Banyak sekali wisata Indonesia yang tersebat di pulau Jawa, Bali, Sumatra, Sulawesi, Kalimantan, Papua, NTT, NTB dan masih banyak pulau lainnya yang semua pulau di Indonesia jika ditotal bisa mencapai 17.504 pulau. Semua pulau mempunyai keunikan tersendiri dari pulau lainnya, hal ini dikarenakan oleh tersebarnya suku-suku di Indonesia. Wisata mempunyai arti sebuah kegiatan berpergian dilakukan secara bersama-sama dengan maksud untuk mencari hiburan, melepaskan pikiran yang sedang menumpuk dan juga bisa sekaligus untuk menambah wawasan dari diri kita sendiri maupun teman, keluarga ataupun teman yang kita ajak untuk wisata. Wisata sendiri dengan pariwisata mempunyai makna yang sedikit berbeda di mana wisata sudah dijelaskan sebelumnya, pariwisata sendiri berdasarkan bahasa Sangsekerta terdiri dari kata “pari” yang berarti bergerombol atau bersama dan kata “wisata” yang mempunyai arti berpergian, sehingga bisa disimpulkan pariwisata adalah melakukan perjalanan dengan beberapa orang ke suatu tempat.

Jika berbicara mengenai sesuatu tidak seru jika kita tidak membahas dari akarnya, pada abad ke-8 sudah mulai berkembang wisata kecil, terukir pada relief di candi Borobudur terlihat ada beberapa adegan seperti penjual minuman, kedai dan rumah makan, bahkan terlihat pada ukiran orang-orang yang terlihat bergembira di dalamnya. Di Indonesia tercatat pada abad ke-14 pada Kakawin Nagarakretagama menyebutkan Raja Hayam Wuruk sudah pernah melakukan lawatan wisata mengelilingi Kerajaan Majapahit. Ada juga catatan dari Perjalanan Pujangga Manik, di mana resi hindu yang berkelana mengelilingi pulau Jawa dan Bali ysng pada tujuan utamanya yaitu untuk berziarah, namun banyak juga waktu untuk menikmati perjalanan seperti pelancong zaman modern.

            Di Indonesia mempunyai beberapa macam wisata yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun macam negara:

1.     Wisata alam

Sudah tidak heran lagi bukan bahwa negara Indonesia adalah negara yang mempunyai kekayaan alam yang sangat banyak, mulai dari wisata perairannya sampai wisata pegunungannya yang bisa untuk dinikmati, sebenarnya banyak sekali tempat-tempat di Indonesia yang mempunyai potensi yang besar jika bisa dikelola dan bisa dirawat. Hal ini perlu sekali dukungan dari pemerintah dan juga warga sekitar untuk mengembangkannya.

 

2.     Wisata belanja

Salah satu yang menarik adalah wisata belanja di Indonesia, di Indonesia sendiri mempunyai 2 wisata belanja yaitu tradisional dan modern, keduanya mempunyai kelebihan dan kelemahanya masing-masing, jadi have fun ya dengan pilihan kalian.


3.     Wisata budaya

Budaya di negara Indonesia sangatlah menarik perhatian, karena mempunyai ciri khas yang unik, budaya Indonesia juga sangat beragam dan juga masih banyak dilestarikan sampai saat ini loh sahabat.

4.     Wisata keagamaan

Hindu dan Buddha adalah agama yang bisa dikatakan pertama yang masuk di Indonesia, dari 2 agama ini banyak muncul berbagai macam candi peninggalan kerajaan Hindu dan Buddha. Pada masa sekarang sudah banyak juga berbagai agama yang ada di Indonesia dan mempunyai keunikan dan juga nilai religius sendiri yang bisa dikunjugi oleh para sahabat sekalian ini.

Akhir kata dari pembahasan kali ini, kita sebagai orang Indonesia harus selalu menjaga dan melestarikan budaya yang kita punya, jangan sampai budaya kita hancur oleh bangsa sendiri. Jaga kesehatan kalian karena kita masih berada di masa pandemi.

 

 

 

Post a Comment

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)