Tuesday 18 February 2020

Selamat Datang Di Bumi Sriwijaya

Palembang masuk dalam bucket list daerah yang ingin banget saya kunjungi, entah dari kapan saya pengen ke sini, kayaknya dari sejak sekolah deh waktu punya temen dari Palembang dia sering cerita daerah asalnya itu indah banget, makanannya enak-enak dan penduduknya cakep-cakep, ya emang sih rata-rata temen saya yang berasal dari Palembang cakep-cakep heuheu..

Apalagi kemudian adek ipar saya ditempatkan di Palembang, dimana mama+papa kemudian cerita kalau di Palembang itu tempatnya enak, nggak pagi-siang-sore-malem disuguhin mpek-mpek sampai mama+papa bosan, yang mana mpek-mpek adalah makanan favorit saya, saya mupeng banget dong waktu mama cerita itu, duh Palembang beneran masuk list yang wajib saya kunjungin. Rencananya saya memang pengen ke Palembang, bareng suami dan anak, tapi nggak tau kapan terealisasi, mengingat paksu itu sibuk sekali dan dia anak kesayangan bos, nah makin galau kan gimana cara minta liburan bareng T_T

maaak lemak nian yo mak

Tapi tunggu dulu, semuanya bisa terasa lebih indah jika Tuhan mengabulkan keinginanmu dengan cara yang berbeda. Ceritanya Dinas Pariwisata Kota Palembang buka pendaftaran Famtrip, acara ini di share temen pada sebuah grup kepenulisan, langsung aja saya daftar, keterima syukur, enggak ya sudahlah, namanya juga usaha -tapi sungguh, saya pun hanya iseng daftar-. Tapi mungkin Allah mengabulkan mimpi saya lewat acara ini, jadilah saya ke Palembang yeaaay. Drama-drama menjelang keberangkatan sebaiknya di skip ajalah ya, daripada merusak mood nulis kisah ini :p

Ketika telah sampai di Palembang..
Ga tau ya gimana perasaan senangnya, itu tuh nggak bisa diungkapkan dengan kata-kata, sangking senengnya karena kesampaian juga ke Palembang, dan Pelambang ini daerah ke 4 di Sumatra yang akhirnya saya singgahi, -sebelumnya saya sudah pernah ke Aceh, Lampung, dan numpang transit di Medan, lol- dari bandara kami naik MRT dengan teman-teman rombongan Jakarta dan Malang. Beruntung pesawat kami yang terkenal suka delay itu pada akhirnya taubatan nasuha, sehingga kami bisa sampai di Palembang tepat waktu dan dapat segera meluncur ke hotel.

yeaaay sampe gaess.. credit : mba Nanik

Berhubung teman sekamar saya belum datang, maka saya menempati kamar hotel duluan, lumayan bisa foto-foto buat bahan review, tapi ada drama yang lebay banget, ketika panitia bilang, “Kumpul lima belas menit lagi” saat itu juga saya inget pesen nyokap, “Kalau lagi ada acara-acara penting, usahakan siap duluan, jangan sampai orang nunggu” nah saat itu kunci kamar belum juga dikasih, ada kali saya nunggu 5 menitan, dan akhirnya panitia memberi saya kunci di menit kesekian yang kemudian dipesenin, “Mba bentar lagi kumpul loh”, “Iya mba, saya cuma naruh tas kok” lari-lari ke kamar dengan kaki gemetar sebab masih jetlag, mana kamarnya jauh banget, diujuung bhambaaang heuheu T_T.. akhirnya setelah berjuang keras sampai juga di kamar 313 yang buka pintunya pun dengan drama, nggak bisa-bisa, sampai w.a panitianya,
“Mba bener kan saya di kamar tiga satu tiga, Amanda Ratih”
“Bener mba” tapi kok nggak bisa-bisa, ya ampun saya hampir speechless jangan-jangan ada orang di dalem. Sepertinya saya belum tenang, setelah saya berusaha mengkondisikan diri, saya buka pelan-pelan pintunya dan Tarik gagang pintu lebih dalam, ‘greek’ Alhamdulillah ya Allah akhirnya masuk juga, saya buru-buru pipis dan segera meluncur ke bawah, untung nggak ditinggal :D

foto dulu lah ya biar kyk orang2 lagi liburan, nb : salah satu kamar Novotel hotel

Akhirnya kamu kemana aja Nda?
Bertemu dengan teman-teman media & blogger yang namanya cuma tau di sosmed secara langsung itu kayak nambah rasa tersendiri, bisa ngobrol secara nyata nggak hanya lewat ketikan, lebih seru.. Terlebih ada teman-teman dari luar negri juga yang ikutan acara ini, bisa sharing banyak hal pastinya.
Di hari pertama ini, Dispar mengajak kami para awak media langsung makan siang di Resto Kapal Selam, datang perdana langsung disuguhi mpek-mpek, serunya kita bisa liat cara pembuatan mpek-mpek secara live, waah epic banget kan, selain itu kita bisa mencicipi makanan khas Palembang lainnya salah satunya adalah kekumbu, tapi ada yang unik nih, kami makan siang dengan nasi goreng assegaf, inget-inget assegaf itu salah satu marga arab kan ya? Bisa jadi sih, mungkin terinspirasi dari sana, karena di Palembang juga ada keturunan Arab yang berasal dari Yaman. Di hari kedua nih kita bakalan jalan-jalan ke kampung Arab (tunggu ya besok ceritanya)

gitu loh cara bikin mpek-mpek

Selesai mengenyangkan perut kami diajak untuk melihat-lihat salah satu hotel yang mendukung acara Asian Games yakni Novotel Hotel, hotel ini berdiri di lahan 9 hektar dengan 196 kamar tidur bergaya resort, ngos-ngosan banget keliling kamarnya loh, saya rasa orang-orang yang nginep disini langsung kurus begitu check out hihihi.. oh ya, ada salah satu sudut hotel yang bikin saya penasaran, yaitu bagian tangga, saya iseng nanya pada pak Afandi yang merupakan Manager Novotel hotel tersebut,

itu bukan topi raksasa, tapi itu tangga turun

“Pak ini kok tangganya nggak asing ya.. kayak bentuk topi khas Palembang gitu”
“Nah iya bu, ini terinspirasi dari topi khas Palembang yaitu Tanjak”
“Oh pantes kayak pernah lihat, dimanaa gitu”
“Nah kalau ibu lihat di bagian receptionist, itu kami menampilkan ornamen songket Palembang di lapisan dindingnya” emang sih ya, rata-rata hotel-hotel daerah itu pasti ada sudut yang menampilan ciri khas daerah itu sendiri, misalnya di Jawa, ada ornamen wayang, pernah saya nginep di salah satu hotel di Ambon, dinding-dindingnya terukir ukiran Parang dan Salawaku, ini kan keren banget ya ..-bangeet-

foto bareng dulu lah gaes biar kompak, credit : ga tau foto siapa :D

Pulang dari Novotel mampir bentar ke kedai Lamonde, kuenya artis-artis itu.. Tapi sayang Irwansyahnya ga ada -ya iyalah, dia kan lg di Jakarta bhambang- di sini saya melihat Lamonde nggak hanya menjual kue-kue bolu hits tapi ada banyak sajian makanan khas Palembang salah satunya kemplang, nyesel banget nggak beli oleh-oleh disini dah, belakangan setelah tau 3 hari kedepan padat dan nggak ada waktu buat beli oleh-oleh saya bakalan borong duluan waktu mampir ke Lamonde

mba bisa action nggak sih mba, saya kan cuma pura-pura beli :p

Sore tiba, kami kemudian balik ke hotel, untuk istirahat-mandi-shalat karena akan bersiap membuka acara Famtrip dengan Dinas Pariwisata Palembang di Resto 3 nyonya. Saat maghrib tiba itulah teman sekamar saya datang, “Dini ya..?” sahut saya mengulurkan tangan.
“Iya mba”
“Ayo cepetan kita udah ditunggu” mungkin bisa jadi si Dini kesel sama saya, baru datang kok disuruh buru-buru, masih jetlag juga :p.
“Iya, mba duluan aja” dan akhirnya saya duluan sembari meninggalkan kunci, maaf ya Din ini saya inget pesen ibu, jangan sampe orang lain nunggu. Ngiahaha..

ibu-ibu berbatik ria, credit : mak Milda

Di Resto Tiga Nyonya, lagi-lagi kami disuguhi salah satu makanan Palembang yang endeuuuus banget, yakni tekwan. Saya nambah loh, lupa ama diet dah.. Saya inget, mami itu, jago bikin tekwan, makan tekwan di Tiga Nyonya saya berasa makan masakan ibu saya hihi.. Pembukaan Famtrip Musi & Beyond ini diselingi tarian Sumatra Selatan yaitu Tanggai, setelahnya Dispar memberi sambutan dan terputus sebab Naqib ingin ditelpon. Eh balik ke resto, temen-temen media pada naik ke tingkat 2, katanya mau lihat barang-barang antik. Apa yeuh.. ada museum gitu?

senggol, gw dibacok sama yang punya T_T

Whoo.. iya, Tiga Nyonya ternyata nggak hanya sekedar resto bergaya klasik tapi terdapat juga gallery cantik di lantai 2, disini kita bisa melihat ratusan piring-piring klasik tertata apik dan menarik, ih sumpah deh saya takut jalan disini, takut nyenggol gitu, terus suruh ganti. Ya udah buru-buru ah turun, balik aja ke hotel, kita bobo syantik, besok lagi ya gaes ceritanya.. ngantuk nih…

1 comment :

1. Xixixi,, ternyata pas awal buka kamar ada dramanya toh.
    Wkwkwkwk,, gapapa mbak duluan, aku nyusul :p

ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)