Thursday 12 May 2016

Booking hotel murah via Traveloka

Ini kali ke dua saya booking hotel via Traveloka, yang pertama waktu saya liburan ke Bogor sekalian nemenin suami presentasi hasil studi S2nya di Pusdik Kehutanan Bogor. Saya menginap di Amarossa grande, via Traveloka saya dapat harga sekitar 850ribuan, pas banget musim liburan makannya muahaaaal, pengennya nyari hotel yang lebih murah tapi nggak dapet dan nggak ada fasilitas kolam renangnya, karena Naqib pengen banget berenang. Semua hotel penuuuuh, namanya juga Bogor. Dan karena hotel baru ya sekalian nyicipin :D, sorenya Naqib renang, ndilalah besoknya badannya anget T_T, huaaa… alamat nggak bisa ganti hotel ini mah, terpaksa perpanjangan, dan untuk kamar yang sama, perpanjangan via hotel kena tarif 920ribu. Alahmak, kenapa di Traveloka lebih murah ya? Saya mikir, Traveloka dapet untung dari mana kok tarifnya bisa dimurahin dari harga hotel dan nggak ngambil fee sama sekali dari transaksi kita.

Itu tahun 2014 kalau nggak salah, situs Online Travel Agent perdana yang saya temui (baca : iseng jadi user) dengan harga murah. Dan belum tau kredibilitasnya gimana, waktu itu kenapa milih Traveloka, karena dari semua situs booking hotel, harganya diatas Traveloka. Ya udahlah pilih Traveloka aja. *emak-emak medit*

Dan ditahun 2016 ini saya kembali teringat sama Traveloka :D *jie CLBK*, ceritanya rencana terkait plesiran saya dan teman-teman FLP ke negri Jiran tanggal 15 Mei 2016 besok. Sampai tanggal 12 malem tuh kita belum dapat hotel coba, gregetan banget kan. Karena ternyata, pada tanggal yang sama dengan jadwal travelling kita arus wisatawan tublek, dan banyak hotel murah penuh. Yah, kita ini kan backpacker, nggak bawa keluarga kecuali Nur dan Mbak Nadiah, jadi milih hotel yang bisa rame-rame.

Awalnya mba Vira ditugaskan nyari hotel via situs booking hotel lain, dapat hotel murah tapi setelah ditotal kok yo mahal. Baiklah kita pilih hostel apa guest house gitu, dapet, tapi kok kayaknya nggak recommended ya -_-‘ ragu, selain itu banyak temen-temen yang pengen punya akses kamar mandi dalam dan kalau bisa tidur rame-rame. Alahmak, pusing awak ini. Kita berencana backpacker yang ngirit tapi jiwanya masih jiwa wisatawan.Ya juga sih, saya juga sebenernya nggak nyaman kalau harus berbagi kamar mandi, takut digedor-gedor secara saya kan mandinya lama ala putri keraton gitu :p sampai tanggal 12 perbincangan alot, nggak nemu-nemu juga, selain banyak situs yang mengharuskan bayar pakai CC, ada yang bisa bayar ditempat tapi nggak sesuai sama keinginan kita.

Akhirnya saya coba bantu cari via Traveloka, di Traveloka informasinya jelas, mulai dari lokasi sampai review pengguna. Dan akhirnya dapet, kebetulan Traveloka lagi ada promo diskon 150rb sampai tanggal 13. Ditengah-tengah situs tertulis *

Lebih murah jika pesan pakai app. Tekan *200*007# untuk download.* waduh, saya ga mau sia-siakan kesempatan ini, saya downloadlah itu aplikasi Traveloka dan memang harganya lebih murah sekitar 20-30rb lah kan lumayan. Hampir malam perbincangan hari itu cuma ngomongin hotel di whats app, sampai besoknya kompakan pada sibuk padahal ini hari terakhir dapat promo 150rbnya, dan kompakan pada nggak bisa donwnload aplikasinya karena hapenya full memori, hadeeeh..

Ya sudahlah ya saya bantu booking aja yang bayar ya tentu saja yang punya kas paling banyak di rekening a.k.a mba Wiwiek :p. Sampai jam 3 adaaa aja kendala tekhnis, mulai dari email mba Wiek nggak bisa dibuka sampai jaringan saya error. Dan Alhamdulillah kita bisa booking hotel tepat pukul 4 sore. Jadi di Arenna Mountbatten Hotel ini kita pesen Dorm buat 6 orang dengan 1 extrabed yang dibayar pas di hotel. Untuk harga 6 orang, per-2 hari Rp.1.066.813- promo voucher Rp.150.000 jadi Rp.916.813/6 : ya seorang dapetnya Rp.153.000/2 hari lah ya cuma 76ribu seorang/hari. Hari gini ada hotel bagus seorang bayar cuma 76ribu? Itu tuh setara kayak kita bobok di guesthouse atau hostel murah di KL. Dan emang bener Traveloka murah banget, di situs lain untuk hotel yang sama harganya Rp.1,3, ya jadinya pilih Traveloka lah J

“Gue hampir mikir, kalau nggak dapet hotel, gue bakalan tidur di kolong Petronas” kata mbak Wiwiek :D.

Lalu gimana sih cara booking via Traveloka?

1. Pilih lokasi, tanggal menginap dan tanggal keluar

2. Traveloka akan mencari

3. Keluar deh hotel/hostel/guesthouse yang masih ada

4. Setelah dapat hotel , cari kamar yang diinginkan dan pilih

5. Isi data diri meliputi, nama, alamat surel, no telp

6. Teliti lagi sebelum membayar, pilih pembayaran, kalau ada kode voucher masukkan kode voucher

7. Pilih bank

8. Lakukan pembayaran 1 jam dari sekarang, go...go..go!

(kalau sudah bayar, tombol ‘Saya sudah bayar’ akan otomatis loading sendiri jadi nggak perlu ditungguin, cape deeh)

9. Nanti akan terbit voucher yang akan dikirim ke email kita

Nah petunjuk diatas ini cuma ilustrasi ya, karena saya ga kepikiran screen shot pas lagi booking pertama

Catatan untuk pengguna situs Traveloka :

1.      Traveloka dapat diakses tanpa harus register, tapi karena nggak pakai register bayarnya juga musti cepet 1 jam dari waktu kita selesai booking. Jadi kalau kamu nggak punya akses ebanking, mending pesen tiket di depan ATM, jadi pas selesai booking langsung bayar, wkwk
2.      Harga hotel Traveloka ini ga tentu ya dalam 1 jam bisa lebih murah dan bisa lebih mahal, ya kayak kurs rupiah gitu :D. Hati-hati, lebih baik memantau aja dulu sebelum booking
3.      Ada beberapa ketentuan yang nggak bisa refund, makannya kalau mau pesen hotel/hostel baca dulu baik-baik.
4.      Bukti bayar ga perlu di print, tunjukin aja voucher kita dari traveloka (di ponsel) ke receptionist