Menu

Thursday, 9 March 2017

/



Prolog dulu lah ya, kenapa akhirnya saya sampai bisa bikin papeda :p

Saya ini sudah lama tinggal di Indonesia Timur, dari 2010, tapi makan papeda belum lama ini, pas main ke sebuah mall nemu tulisan ‘Disini menyediakan papeda’ sangking kepengennya coba, saya langsung merengek sama suami, pengen dibeliin papeda. Dan kemudian setelah pesan, tersajilah sebuah hidangan papeda besar dengan ikan kuah kuning. Dan saya pun harus merelakan seratus ribu melayang, yang saya bayangin itu enak, ternyata enggak. Huhuhu.. sedih. Ikan kuah kuningnya sih enak, papedanya nggak enak, bauk lem banget.

Sebenernya saya nggak tau loh, cara bikin papeda gimana. Taunya gara-gara waktu itu saya ada posting kegiatan Naqib lagi main nempel-nempel, saya bilang daripada boros mending bikin pake lem sagu aja, eh temen saya ada yang komen baca gambar dibawah.

Tami.. tengkyu ya..resepnya qiqiqi

Nah trus saya mikir, owh.. brarti bikin lem sampai jadi kenyal itu kudu dimasak dulu, doeeng… secara kemarin saya bikin lem cuma mencairkan sagu pakai air panas dan garam saja, pantesan aja nggak kenyal kayak wujud papeda. Okelah, berarti saya bisa ini bikin papeda. *sambil ngebayangin proses memasaknya*


Lalu ikan kuah kuningnya saya dapat resepnya waktu secara tidak sengaja, saya bikin tongseng saya tambahin jeruk nipis, walah kok kayak ikan kuah kuning rasanya, cuma sedikit dikurangi kecap aja sih. Akhirnya dari sini saya bertekad suatu hari saya kudu bikin papeda deng ikan kuah kuning.. sadap ee..

Mari kita eksekusi…
Bahan-bahannya :


  • 1 ekor ukuran besar Ikan yang berlemak, bisa kakap, patin, nila, kerapu, gurame apa saja, pokoknya jangan pake ikan teri aja :p
  • 9 buah bawang merah
  • 6 buah bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • Kunyit 1 ruas kelingking
  • 2 lembar Daun salam
  • 1 buah Serai
  • Lengkuas sebesar ibu jari
  • Jahe sebesar ibu jari
  • Biji bunga matahari (kalau nggak pake ini juga nggak apa-apa kok)
  • Kecap
  • 1 kotak santan
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis
  • Air 1000ML (sesuaikan aja sih ya air ama bumbu, orang yang bisa masak pasti ngerti)
  • Gula dan garam secukupnya
  • 1 buah jeruk nipis


Pelengkapnya :
  • 4 buah Tomat ceri
  • Kemangi *dibanyakin aja, enak banget kok*


Papedanya :
  • Tepung sagu
  • Air
  • garam

 
cari yang bungkusnya ini, hasil papedanya lembut banget


Cara membuatnya :
  • Blender bawang merah, bawang putih, kemiri dan kunyit. Sisihkan
  • Cuci bersih ikan, buang isinya, potong antara kepala, badan dan ekor (jika ikannya besar ya)
  • Siapkan bahan-bahan untuk pendamping tumisan, antara lain serai, jahe seruas jempol digeprek, lengkuas seruas jempol geprek, daun salam, yang semuanya dicuci bersih, lalu sisihkan
  • Panaskan minyak, tumis bumbu yang telah diblender dan bahan-bahan pendamping tumisan (serai dkk). Tumis sampai harum. Tambahkan air, rebus air sampai mendidih masukkan perasan jeruk, gula, garam, santan, terakhir masukkan kemangi dan tomat, kasih kecap dikit, gula dan garam
tumis-tumis, sreng...sreng..sreng

  • Terakhir masukkan ikan. Masak ikan nggak usah lama-lama, 5 menit juga udah mateng, secara ikan paling cepat ya bo matengnya
Saya pakai ikan kerapu ini

  • Selesai

 
maaf, ya kalo asal jepret :p


Cara membuat papeda :
Kalau pengen coba-coba bikin sedikit aja dulu, secara lidah orang Indonesia barat pasti beda banget ama lidah orang timur. Takut kalian pada nggak doyan, ntar saya yang digebukin! Kalau saya kan udah lama tinggal di timur, jadi lidahnya udah biasa makan beginian :D

Bahan :
  • 1 sendok munjung tepung sagu
  • Air kira-kira 300Ml
  • Garam

Jadi perbandingannya kalau dicairkan antara sagu dan air 1:3, sagunya dikit airnya agak banyakan. Teksturnya kalau sudah dicairkan tepungnya nggak cair banget nggak juga terlalu padat, kasih garam dikit aduk-aduk sampai rata. Masak di atas api mendidih terus aduk sampai bentuknya menyerupai gel kalau menggumpal tambahkan air dikit-dikit, aduk terus sampai kalis.

Jangan berhenti diaduk, nanti hasilnya kayak dibawah

Cara makannya, papeda dikuahi ikan kuah kuning tadi, maknyuuuuss.. Kalau ditimur, ikan kuah kuning juga biasa dimakan pake ubi, singkong rebus. Sisa sagunya juga bisa dipakai buat ngelem kertas. Kok bisa sih? Iya, soalnya tekstur sagu kan lembek dan lengket, sifat lengketnya itu bisa buat ngelem-ngelem. Makannya, sekarang daripada beli lem yang pakai zat kimia, Naqib saya bikinkan lem dari sagu aja, multifungsi kan?

lem buat prakarya Naqib


Selamat mencoba, kalau nggak enak jangan salahin saya.. 
berati kamu yang nggak bisa masak :p
24 comments

Kereeennnn mama naqib,
Aku maju mundur kena sm masakan yg full rempah2,takut cemplang rasanya mbk, hahay,
Keceee

Reply

Namanya bisa beda2 sih ya.. di Makassar namanya Kapurung. Tapi sebenarnya sama aja sih. Hehehehe

Reply

belum pernah emrasakan , penasaran tapi aku gak bisa masak, takut gagal

Reply

Bikin Beta papeda dong. Hihiii. Kuah ikan kuning tuh sedap sekali. Hihiiii

Reply

Ini dia makanan yang bisa dibuat lem dan dimakan. Bisa digoreng jadi pempek juga hehe

Reply

ayah juga dulu wkt dinas di papua atau pas di halmahera bilangnya selalu disediain papeda, makannya kaya narikin lem, xixi.. dan kuah ikannya yg memang bikin sedap.. sebenernya praktis ya bikinnya

Reply

Banyakin bumbu bawang merah+putih aja yg penting mba ^^

Reply

Iya pernah denger juga Kapurung, tapi blom pernah nyicipin. Yg pasti enak juga kali ya 😉😉

Reply

Yaaah.. Klo ada yg jual disana bisa mungkin dicoba 😉

Reply

Bisaaaaaaa.. Apa sih yg nggak buat kakak..

Reply

Hah..?? Digoreng jd cireng atuh 😯

Reply

Iya aku pikir juga susah bikinnya ternyata gampang hihihi

Reply

aduhh enaknyapapeda.. dulu saya pernah makan dan rasanya uenakk.. pengen makan lagi dehh

Reply

kakak saya pernah buat, tapi saya kurang suka makanan yang bau amis, ikannya ganti sama opor ayam.

Reply

Papeda ini unik di cara makannya. Pingin nyobain tapi belum tau resto yang jual papeda di Jakarta. Kalau udah nyobain baru bisa bikinnya :D

Reply

Boleh mba bikin lagi hihihi 😉

Reply

Bisa ya?? Hihihi.. Lucuk 😅😅

Reply

Nanti klo mba nita kerumahku tak bikinin ya 😊

Reply

oalah.. saya baru ngeh apa itu papeda. masa kecil saya kenyang dengan papeda buatan bapak. tapi gak tau kalau namanya papeda XD wkwkwkwk

Reply

Waaah brati udh tau dong rasanya hihihi

Reply

Wah, sedap ini. Tapi harus dibuktikan kalau bertamu ke rumah Manda ^_^

Reply

aku msh penasaran ama papeda ini.. tp blm ada niat mw bikin sendiri mba.. krn aku mau tau dulu rasa papeda yg sebenernya... teksturnya seperti apa, di mulut rasanya gimana, jd kalo mau bikin sendiri udh tau hrs seperti apa supaya bisa dibilang sukses masaknya ;p.

tp blm nemu2 nih resto yg jual papeda -_-..

Reply

Boleeeh nanti aku bikinin

Reply

Walah padahal di Jakarta kuliner lengkap y..ada kok kuliner Ambon klo g salah depan sma 6 jakarta

Reply

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...