Menu

Tuesday, 7 June 2016

/

Perdana saya makan Takoyaki itu di Makassar, waktu masih tinggal di sana. Pas diicip-icip kok rasanya aneh tenan, sejak saat itu udah ilfil sama Takoyaki. Nggak mau lagi makan
Lalu pas kemarin saya pulang ke Bekasi ada kios Jepang-jepang gitu di depan blok perumahan saya, iseng beli, lah kok enak :D terus pas beli yang ke dua kalinya lihat cara si mbak bikin, kok gampang kelihatannya, weslah saya mau coba bikin.

Searching di google, dan utik-utik tambah ini-itu *kan biasanya di internet pada pelit ngasih resep asli* ya udah yang ini mah saya ngasih resep asli, karena saya  bikin juga buat dokumentasi, biar ga kelupaan kalau mau bikin lagi. Dan berikut bahan-bahannya :



Bahan-bahan :
200gr tepung terigu
2 buah butir telur ayam
Seujung sendok baking powder *dikit aja*
Merica secukupnya
1 sendok kecil kecap asin
Kaldu ayam *tapi kalau nggak sempet bikin kaldu pakai royco ayam aja jadi*
Air
Garam sesuai selera
Mayonise
Saos sambal

Isian :
Keju
Kepiting
Gurita
Daun bawang
Atau sesuai selera

Cara membuat :
1.     Campurkan tepung, telur, baking powder, merica, kecap asin, kaldu (royco), garam dengan air *tapi kalau kamu udah pakai kaldu ayam asli nggak usah pakai air lagi*


2.    Nah karena tadi nyokap yang nyampur airnya saya lupa ini kira-kira berapa cc, tapi ukuran adonannya tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer tapi mendekati encer. Biar takoyakinya nggak keras pas dimakan
3.    Panaskan takoyaki maker dengan minyak secukupnya, lalu masukkan setengah saja adonan, masukkan bahan isian. Isi lagi sisa setengahnya dengan adonan sampai buletan takoyaki makernya penuh

4.    Puter-puter sampai kecoklatan, angkat dan sajikan dengan mayonise atau saus sambal

Catatan :
Kalau pingin bikin takoyaki ala-ala jepang kudu punya takoyaki makernya ya. Sekarang banyak kok dijual di toko-toko peralatan rumah tangga

Taraaaaa, jadi deh


12 comments

wah bikinnya gampang ya mb
ternyata ada esens kejunya juga
kebetulan aku lagi punya bahannya nih :D

Reply

isiannya terserah mau apa mbak, kalau aku gila keju ya isinya pakek keju :D

Reply

Wah kelihatannya gampang nih.. Suruh mamah bikin ah... Hehe

Reply

Bantuin mamahnya juga ya :D

Reply

dari awal nyobain takoyaki aku udh suka bgt mbak :D. di jkarta wktu itu nyobanya.. tp srg kecewa krn isiannya suka seuprit.. trs pernah beli takoyaki di pasar malam chiang rai, wuiiih itu aku girang bgt krn hrgnya cm 4o bath, dpt 8 dan isian dlamnya gede2 ^o^!! beda ama yg dijual di jkt.. kayaknya memang hrs belajar bikin sndiri :D

Reply

iya kalau bikin sendiri mau ditarok apa aja juga jadi, lebih sehat lagi kan

Reply

paling enak bagian ngebaliknya biar bunder yaaa...
#padahal gue gagal#
.
.
XD

Reply

Berarti blom mateng banget udah dibalik ya mbak?

Reply

Ya ampun ini kesukaan aku ma anak-anak. Maker harganya berapa? :))

Reply

Makernya punya mamakku mba, minjem wkwk

Reply

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...