Menu

Sunday, 12 June 2016

/

Kemarin mami saya sempet bikin mpek-mpek *sebelum ramadhan* trus saya icip-icip tuh, nah rasanya tuh nggak jauh beda dengan perkedel ikan yang biasa mami bikin walaupun pas dimakan emang kerasnya keras mpek-mpek *kerasnya aja loh ya*, karena mami saya cerewet saya nggak berani protes, ntar yang ada mami saya bilang gini “Udah makan aja, kalau nggak mau ya nggak usah makan” kalau sudah di skak begitu kan saya mati kutu jadinya, dan ramadhan kali ini waktu pagi-pagi saya ke dapur saya nanya,

“Mami hari ini mau bikin bukaan apa?”
“Mpek-mpek” nah ini kesempatan saya.
“Mi, kalau bisa bikinnya jangan kayak kemaren, yang kemaren mami bikin mah kayak perkedel ikan yang biasa buat lauk nggak jauh beda rasanya. Nah sekarang mami cari resep lagi dong, biar rasanya beneran kayak mpek-mpek,”
“Cerewet!”
“Dih, mami tu kudu terima masukan. Kalau mau rasanya enak mah jangan marah dikritik. Nggak boleh gitu dong yang adil, katanya kalau kita mau sukses kudu terima masukan orang” bisa sih nasehatin anaknya begitu *curhat* ya maklum ibu saya anak bungsu *You know what I mean lah :D*, udah gitu golongan darahnya A yang pendiriannya keras dan beliau seorang istri, lengkap sudah kan. Saklek! Ya itulah..
Tapi seperti kodratnya seorang darah A, dia pasti akan merenungi yang orang lain omongkan,
“Ya sudah sini mana resepnya,” saya pun mengirim postingan resep yang pernah di share temen saya di FB. “Resep apaan ini, nggak jelas.” Dan ibu saya mulai googling sendirian T_T.. dan inilah hasil googlingannya,

Bahan-bahan :
300 gr tengiri
Garam secukupnya *saya nggak berani bilang berapa-berapanya, kan selera orang beda-beda*
Penyedap secukupnya
5 siung Bawang putih yang sudah dihaluskan
250 ml air
130gr Terigu
Gula pasir secukupnya
200 gr tapioka
2 butir telur

Cuka :
400 gram gula merah
100 gram gula pasir
1 liter air
4 sdm cuka

Bumbu halus :
100 gr bawang putih
10 gr cabe rawit merah
20 gr cabe merah kriting
20 gr garam

Pelengkap :
Mentimun
Udang kering sangrai, haluskan *ebi*
+
Cara membuat :
Ikan tenggiri dikerok, ambil dagingnya saja, sisihkan biar lebih halus diulek lagi ya, soalnya suka ada tulang-tulang yang nempel


Didihkan air terlebih dahulu, setelah itu tambahkan garam, penyedap, bawang putih, terigu, gula, aduk rata, dan aduk terus sampai adonan mengental. Lalu dinginkan


Jika sudah dingin, tambahkan telur & ikan  tenggiri halus tadi, uleni hingga adonan lembut.
Setelah semuanya tercampur rata, tambahkan sagu sedikit demi sedikit sambil terus diuleni *emang tangan bakalan cape pas tahap ini, tapi enjoy lah kan mau bikin makanan enak :p*



Didihkan air, jangan lupa tambahkan minyak sedikit agar adonan nggak lengket satu dengan yang lain, bentuk adonan sesuai selera, yang baper boleh lah dibentuk hati biar makin baper. Rebus selama kurang lebih 10 menit, angkat dinginkan.



Nah kalau mau dimakan tinggal goreng deh. Kalau mau awet lumuri terigu simpan di freezer. Kalau mau digoreng cuci bersih mpek-mpek dengan air hangat, lalu goreng


Cuka : Campur gula merah, gula pasir dan air menjadi satu. Rebus hingga gula larut dan mendidih. Angkat dan saring. Masukan bumbu yang dihaluskan, masak kembali hingga mendidih. Angkat dan biarkan dingin. Tuangkan cuka, aduk. Makan deh



“Nah, mami ini baru namanya mpek-mpek,” pas sudah jadi
“Habis kamu cerewet sih,”
Ini anaknya yang cerewet apa ibunya yang nggak terima kritikan ya? Weslah, selamat mencoba ya dirumah buk-ibuk..

nb : Kalau rasanya nggak sama persis kayak mpek-mpek Palembang, ya maap saya bukan orang Palembang, yang penting nyerempet-nyerempet dikitlah rasanya


Happy cooking ^^
26 comments

Hmmm..yummy mau donk pempek2nya..
Doh mana tengah malemlagi laper beginii aahhh

Reply

praktis yah buatnya, lg pengen tanpa ikan, soalnya suami lsg bentol2, klo makan mpek mpek,

Reply

Manda, kok namanya saos? Cuka kalee, saos mah warna merah dikasih tomat #wongpalembangprotes

Kapan-kapan mau nyicip ah pempek buatan Manda Hehehehe

Reply

Simpel ya cara buatnya... bikin ah kalo lagi rajin hehe...

Reply

cukonya biar enak jangan pake cuka masak mba, coba pake asam kandis kalo gak ada pake asam jawa. mantap tuh hehe

Reply

pengen banget bikinin ini buat suami hahaha klo lagi rajin tapi :p thx resepnya mba

Reply

haduh kabita nih :) kekeke

Reply

Hahaha kayak mamaku banget mbak :D. Kalo dikritik mamaku jg srg ngomel2 gitu, tp drpd ntr ga dimasakin lagi, ya kita ngalah ajalah :p. Aku tuh sukaaa bgt ama pempek. Tp kalo mw bikin sndiri memang suka males, mikirnya sayang duitnya kalo trnyata gagal ��. Makanya sjk ga tinggal ama mama lg, kalo pgn pempek ya tpksa pesen dr langgananku :D

Reply

waaah..aku suka banget mpek mpek, aku intip resepnya yaaaa :D

Reply

Ahhhhh lengkap banget ya tutorial. Keren

Reply

Kok pas ngebaca, kayanya gampang yahh.. Walaupun saya tau pasti susah pas bikinnya mah haha.

By the way, tenggiri nya emang harus tenggiri? Bisa kah diganti dengan ikan lain?

Reply

Ya maklumlah emak-emak ngurus bocah cuma bisa ngetik malem mak hihihi

Reply

Bisa kali ya mak diganti udang, kalau makan udang bentol2 juga nggak mak? Atau bahan lain, tapi rasanya mungkin nggak selegit pake tenggiri

Reply

Hahaha maaf ya, butuh Aqua neh :D

Reply

Mudah2an besok rajin ya mak

Reply

Nah resep cuka ini saya googling, krn mau nanya ibu sudah bobok. Kemaren sih ibu saya bikinnya pake asem, krn buat buka puasa kan mba, klo pakek cuka katanya g bagus buat lambung kosong

Reply

Yupi sama2, moga besok rajin dah

Reply

Ya kalo kamu mau ganti pake ikan asin juga nggak apa2, sesuai selera lah :p

Reply

Makasih sudah mampir ;)

Reply

Iyah besok bikin yah

Reply

SIpppo mbak tuty sayang ;)

Reply

Kabita apa yak? T_T

Reply

Jangan2 mamanya golongan darahnya sama lagi kayak mamiku ya.
Nah sekrg kan udh tau resepnya nih, besok2 coba ya

Reply

Rindu dengan rasa kuahnya.
Hmmm Manis Pedas

Reply

Iya kuah mpek2 enak banget

Reply

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...