Menu

Saturday, 30 June 2018

/




Sebagai salah satu sumber protein hewani, telur memang memilki rasa yang enak dan bisa buat SoBee ketagihan. Selain itu, telur juga punya banyak sekali manfaat menakjubkan untuk kesehatan tubuh hingga untuk kecantikan.’


Apa saja, ya, manfaat bahan makan yang satu ini?

1.      Telur mengandung nutrisi tinggi yang baik untuk kesehatan

Temukan berbagai nutrisi dalam telur, pict : pixabay 
Di balik rasanya yang lezat, ternyata telur punya segudang nutrisi. Dalam sebutir telur, kamu bisa menemukan banyak sekali jenis nutrisi yang baik untuk kesehatan, beberapa di antaranya adalah zat besi, vitamin E, vitamin K, kalsium, zync, dan mineral.
Memang susah menandingi telur dalam hal nutrisi. Pantas saja telur disebut-sebut sebagai kategori ‘superfood’ atau makanan super.

2.      Telur memiliki kandungan protein berkualitas tinggi
 
Telur memiliki kandungan protein yang sangat penting bagi tubuh, pict  pixabay


Protein merupakan pembentuk utama tubuh kita yang berfungsi merangsang pertumbuhan, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak sekaligus membantu pembentukan jaringan tubuh baru dan sehat.
Maka dari itu, kandungan protein pada telur dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh kita. Selain protein, telur juga memiliki 9 jenis asam amino yang tidak bisa dibuat oleh tubuh. Wah, paket lengkap, nih!

3.      Telur bermanfaat untuk kesehatan mata
 
Vitamin A pada telur dapat menjaga kesehatan mata, pict : pixabay


Vitamin A dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata kita, dan telur memiliki kandungan vitamin A. Bahkan, sebutir telur juga mengandung vitamin karotenoid dan dua antioksidan bernama Zeaxanthin serta Lutein yang bagus untuk mata.
Ini artinya, dengan mengonsumsi telur SoBee turut mengurangi risiko terkena penyakit mata sekaligus degenerasi makula terkait usia yang bisa menyebabkan kebutaan. Whoaa...

4.      Telur meningkatkan daya ingat dan kinerja otak
 
Telur mampu meningkatkan daya ingat dan kinerja otak, pict : pixabay


SoBee pernah dengar tentang kolin? Secara singkat, kolin merupakan nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh dan perkembangan otak mulai dari dalam kandungan, anak-anak, hingga usia lanjut. Sayangnya, banyak yang belum mendapatkan nutrisi ini dalam jumlah yang dianjurkan.
Tapi, tenang. SoBee bisa mendapatkan kolin dengan jumlah cukup hanya dengan mengonsumsi sebutir telur, kok! Kandungan nutrisi telur memang hebat, ya...

5.      Telur meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh
 
Tingkatan HDL dengan konsumsi telur, pict : pixabay


Ingin meningkatkan kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL) dalam tubuh? Konsumsi telur saja!
Sebagai salah satu asupan yang mampu meningkatkan level HDL dalam tubuh, telur bisa mengurangi risiko terkena serangan stroke, penyakit jantung serta berbagai gangguan kesehatan lainnya, lho. Konsumsi 2 butir telur setiap hari kalau kamu ingin meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh, yaa.

6.      Telur mampu menurunkan berat badan


Turunkan berat badan dengan bantuan telur, pict : pixabay

Jika kamu sedang menjalani program diet, maka telur adalah makanan yang harus kamu konsumsi. Mengapa? Karena melalui kandungan proteinnya yang tinggi, telur dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama sehingga menurunkan nafsu makan. Alhasil, berat badan pun jadi turun.
Kombinasikan telur dengan roti gandum dan bayam, salad, atau konsumsi langsung dengan cara merebusnya.

7.      Telur memiliki manfaat baik untuk rambut dan kuku


Telur merupakan asupan baik bagi rambut dan kuku, pict : pixabay

Memiliki rambut dan kuku yang tidak sehat berarti menggambarkan adanya ketidakseimbangan biokimia dan kurang nutrisi untuk tubuh. Kamu bisa mengonsumsi telur untuk mendapatkan vitamin A, vitamin E, vitamin B12, asam amino serta berbagai mineral yang dapat menutrisi rambut dan kuku serta mengembalikan keseimbangan biokimia. Yeay!

8.      Telur dapat menguatkan otot dan tulang

 
Telur bisa menguatkan otot dan tulang, pict : pixabay




Ingin memperkuat otot dan tulang? SoBee cukup konsumsi telur saja.
Telur mengandung vitamin D yang berfungsi membantu penyerapan kalsium bagi tulang. Maka dari itu, telur menjadi salah satu makanan yang bisa mencegah terjadinya pengeroposan tulang jika dipadu dengan makanan tinggi kalsium. Selain itu, telur juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, di mana hal tersebut dapat digunakan untuk membentuk otot tubuh.

9.      Telur dapat dipakai sebagai masker wajah

Pakai telur sebagai masker wajah, pict : pixabay

Kamu mau pakai masker alami tanpa menggunakan bahan kimia? Gunakan masker telur putih saja! Masker alami ini bisa mengenyalkan serta membuat kulit wajahmu nampak lebih cerah, lho, SoBee!
Oh ya, kamu bisa mencampur masker telur putih dengan sedikit madu agar efek melembapkan juga bisa kamu dapatkan.

10.  Telur dapat digunakan sebagai sumber energi

Telur adalah sumber energi, pict : pixabay

Terakhir, manfaat telur yang bisa kamu dapatkan adalah sebagai sumber energi.
Telur memiliki peran yang sama seperti makanan pokok (nasi, kentang, ubi) meski ia tergolong sebagai lauk pauk. Lagi-lagi, berkat kandungan proteinnya yang tinggi, SoBee bisa mendapatkan energi dari mengonsumsi telur. Wah, semakin bertenaga, deh!

Ternyata manfaat mengonsumsi telur banyak, ya, SoBee! Ayo, rajin makan telur!

19 comments

Dan telur juga bisa berubah jadi banyak macam makanan lezat ya mbak 😊

Reply

Wah, makanan lezat kaya manfaat hehe

Reply

Telur memang banyak manfaatnya ya ternyata, tapi jangan sampe kalap makan berlebihan hehe

Reply

Wah ada banyak banget manfaat telur ini ya mbak.. Karena banyak manfaatnya ini, wajar jika kita dianjurkan makan telur..

Reply

Di rumahku selalu ada berkarpet-karpet telur mbak, soalnya semua suka hehe. Lagian memang banyak banget manfaatnya sih ya.

Reply

Akuuu salah satu penggemar telur nih, mulai dari di dadar, buat vla, buat pudding sampai buat maskeran juga sukaaa

Meta,
www.ursula-meta.com

Reply

selepas operasi sesar kemarin banyak sekali yang menyuruh saya makan telur terus agar jaitannya cpt kering xixixi

Reply

Seabreek manfaat telur ya ...
Yook kita biasakan makan telur setiap harinya.
Tapi ada baiknya dibatasi juga, cukup 1 atau 2 butir perharinya.

Reply

Telur juga bisa jadi ladang rezeki, hehehe, kalo pesenan kue banyak.
Dan jadi juru penyelamat pas laper dan males masak, tinggal ceplok pluk beres wkwkwk

Reply

aku tuuh suka telur, tapiiiiii ga akan makan kalo kuningnya masih encer ato lembek hahahahaha... makanya ogah makan telur setengah mateng ato telur ceplok yg kuningnya cair, ato STMJ minuman itu. bisa muntah2 aku mba... tapi suami yg doyaaaan banget. pernah ya aku makan bubur ayam gitu, dan pas ngeliat si penjualnya mecahin telur ke atas buburnya yg panas. jiaaaahhh aku ga mau makan jadinya ;p.

Reply

Favoritku, nasi hangat dengan omelet yang dimasak dengan campuran irisan tomat, daun bawang, bawang merah, bawang putih dan garam.
Dicolek dengan sambal dan makan sambil nonton episode Criminal Minds...
Maknyooos...! ^^

Reply

Anak-anakku rajin beut makan telur. kalo makan sukanya minta telur dadar, hihi

Reply

emang telur ini favorit beratus juta umat, hihi. Saya kalau lagi nggak nafsu makan, masak telor dadar atau telor ceplok stengah mateng aja udah nikmat :D

Reply

Aishhh banyak banget manfaatnya. Sayang Saya gak suka kuning telur 😁. Baru tau ternyata telur bagus buat Mata juga.

Reply

Aku makan telur seminggu dua Kali Aja kak.... Wah asyik banget lho baca tulisan ini so benefit banget

Reply

abis baca ini jadi keingetan, dah jarang maskeran :D

Reply

sebagai anak kosan, asal punya telur di kulkas itu artinya kadar gizi harian sudah terpenuhi.. hahaha..

Reply

Saya suka banget sama teluur, mau di masak model apapun tetap aja enak ..

Reply

Telur... Membuat hati ibu tenang saat buka kulkas dan masih punya stok di sana. Hehe

Reply

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...