Menu

Monday, 16 April 2018

/


Untuk mengetahui kopi yang akan Anda minum itu asli atau palsu, sebetulnya bisa diamati dari cara orang lain meminumnya. Jadi tidak harus diteliti sendiri. Justru dengan cara ini, Anda semakin yakin dengan derajat keaslian kopi luwak tersebut. Cuma, harap ajak seseorang yang sudah biasa mengonsumsi kopi atau seorang kopiners. Begini cirinya.


1. Ketika Tahu Harga Kopi Luwak Asli Pertama Kali

Katakanlah suatu hari Anda berniat mengajak seorang kopiners yang cukup teruji. Setiap hari Anda sudah tahu kalau dia seorang pecinta kopi. Bisa dibuktikan dari berbagai kunjungan, selalu saja tampak secangkir kopi di meja rumahnya. Dalam sebuah kesempatan, ajaklah ia untuk pergi ke kedai kopi. Katakan kalau Anda mau menrtraktir kopi luwak.
Pasti sebagai seorang pecinta kopi, ajakan tersebut lebih terdengar seperti iming-iming surga. Serius. Setelah masuk ke kedai, mintalah dia untuk memesan kopi. Sedangkan Anda menunggu di meja tempat ngopi nantinya. Kalau kopi luwak yang dijual memang asli, biasanya reaksi seseorang akan terkejut. Soalnya harga untuk secangkir kopinya amat mahal.

2. Amati Ekspresinya saat Menghirup Aromanya

Anda pura-pura saja sambil menyeruput kopi milik sendiri. Untuk mengetes apakah kopi luwak yang dinikmati teman Anda asli atau bukan, lebih baik Anda pesan kopi biasa. Sedangkan untuknya harus kopi luwak (setidaknya sesuai informasi dari kedai tersebut). Kalau teman Anda merasa keberatan, Anda bilang saja, “Nanti saya juga pesan kopi luwak.”
Orang yang baru pertama kali menyesap kopi luwak pasti akan betah mencium-cium aromanya. Pada aroma kopi luwak asli, aroma yang menguar sangat pekat dan memanjakan hidung. Bahkan kalau Anda duduk di seberang meja pun akan menikmati aromanya pula. Lihat ekspresi teman Anda. Kalau dia terpaku dalam waktu lama sebab aroma, pertanda asli.

3. Apakah Dia Penasaran dengan Kopi Luwak atau Tidak

Kopi luwak termasuk jenis kopi legendaris asal Indonesia. Pasti setelah rangkaian tanda seperti di atas, dia akan membahas soal kopi luwak. Soalnya dia belum pernah menikmatinya langsung. Apalagi kalau baru saja menghirup aromanya yang sangat berkarakter dan kuat. Sebelum minum pun, berbagai pertanyaan seputar kopi luwak akan meluncur.
Maklum, dia itu kan seorang kopiners sejati. Informasi soal kopi luwak yang asli pasti selalu bikin adrenalinnya memuncak. Rasa ingin tahunya meninggi. Antusiasnya besar. Pada saat itulah, seharusnya Anda sudah separuh yakin kalau di kedai tersebut memang menjual kopi luwak asli. Apalagi ketika teman Anda menyesapnya, tanda kopi luwak asli kelihatan betul.



4. Pasti Teman Anda Menyebut Kopi Luwak Berkali-kali

Setelah meminumnya, pasti teman Anda akan sering-sering membahas kopi luwak yang baru saja dicicipinya. Cara minum seorang kopiners memang beda dengan orang awam. Dia akan meminum dengan cara sedikit demi sedikit. Seolah-olah merasa sayang kalau kopi cepat habis.
Sebelum pergi ke kedai tersebut, Anda wajib mengetahui banyak informasi soal rasa kopi luwak yang asli. Mulai dari rasanya yang kental. Kemudian efek nikmatnya seakan-akan tersangkut di tenggorokan dalam puluhan menit. Kenikmatan semacam itu jarang didapatkan dari kopi lain. Pada momen tersebut, sudah waktunya Anda juga memesan kopi yang sama.

5. Ketagihan

Kopi luwak yang asli itu bisa dinikmati meskipun dalam keadaan dingin sekalipun. Pasti teman Anda tidak mau lekas-lekas menghabiskannya. Kalau toh sudah habis, dia akan ketagihan. Hal itu bisa dilihat dari bahasa tubuhnya. Sama seperti Anda ketika menikmati kopi yang sama. Pertanyaan selanjutnya, “Kapan ke kedai lagi dan ditraktir kopi luwak?”
Untuk menjawab pertanyaan itu, jawab saja, “Kalau kamu masih jadi kopiners sejati.” Setelah minum kopi luwak yang asli, rasa puas setelahnya begitu terasa. Tidak seperti minum kopi biasa. Keinginan untuk menghabiskan kopi biasa cenderung lebih cepat. Mungkin karena faktor harga dan kesan minuman kopi yang standar-standar saja atau tidak istimewa.

pict by:pixabay
4 comments

Beum bisa bedain luwak yang asli dengan yang kw :D Mungkin masi kopiners abal-abal saya ya. Haha.

Reply

Jadi penasaran, sebenernya kopi luwak yang asli harganya berapa sih?

Reply

Hahaha, lah ya sama kok mbak

Reply

Nah ini aku tak tahu cikgu :D

Reply

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...