Menu

Friday, 9 December 2016

/

Pindang Ikan katanya ibu saya yang orang Banjar adalah masakan khas Banjarmasin. Bumbu-bubunya simpel cara bikinnya juga simpel. Kalau saya bilang sih ini masakan orang malas sangking cepetnya masak ini. Oh ya resep ini juga bisa dipakai untuk menu mpasi, menu Ramadhan atau menu kepepet kalau lagi riweuh sama kerjaan.
Karena hari ini saya riweuh dengan kerjaan, dan bingung pengen masak apa, ya udah ajalah saya bikin pindang ikan ini, simpel dan nggak banyak makan waktu. Bumbunya cukup saya iris-iris karena sangking malasnya saya hari ini wkwk, kalau kepingin lebih berasa bumbu dasar bisa diulek kok. Yuk kita eksekusi


Bahan-bahannya antara lain :
  • 1 Buah ekor ikan ukuran sedang, potong delapan buah
  • 6 butir bawang merah
  • 4 butir bawang putih
  • 1 Buah cabe merah buang bijinya (kalau mau dan nggak kepingin dibuat menu mpasi)
  • 1 ruas kunyit ukuran kelingking (kalau ingin diblender gunakan setengahnya saja)
  • Jahe
  • Laos
  • 2 Lembar daun salam
  • 2 batang serai
  • Asam jawa kalau tidak ada jeruk nipis pun jadi
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Minyak untuk menumis
  • Air ukuran 500ML




Cara membuatnya :
  • Bawang merah+bawang putih+kunyit bisa diblender jika kalian rajin ya, namun bisa diiris aja kalau lagi malas dan buru-buru banget. Diresep ini karena Naqib ikutan makan, ya udah aja nggak saya kasih cabai

  • Siapkan pinggan anti lengket, panaskan minyak, tumis cabai, bawang yang diblender/diiris sampai harum, masukkan serai, salam, laos, jahe beri air, rebus sampai mendidih

  • Masukkan ikan yang sudah dicuci bersih dan lumuri jeruk.

  • Beri gula+garam secukupnya terakhir masukkan perasan jeruk atau asam jawa
  • Udah gitu aja, simpel banget kan. Masak ikan juga nggak perlu lama kayak masak ayam atau daging, karena ikan kan cepet banget matengnya.
Resep : Papeda 
 
Yang difoto ini ikannya Naqib hehe, makannya nggak kece tampilannya hehe
Ikan yang enak dipindang, ikan-ikan yang berlemak kayak kakap, nila, patin, mas dll. Kalau ikan-ikan yang padat kayak, tengiri, tuna, cakalang kurang enak karena kalau makan ikan pindang ini enaknya sambil nyruput-nyruput tulangnya gitu dan makan lemak-lemaknya. Nah, karena tadi di abang sayur cuma ada ikan tuna, ya udah aja saya pakai di resep ini ikan tuna. Biasanya sih pakai ikan-ikan yang berlemak tadi.


Selamat mencoba dirumah ya

32 comments:

  1. Wah, ini kalau ibu mertuaku bilang Sup Pindang mbak :) enak ini seger karena ada asem jawanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huum, ga ada asem Jawa aku pake jeruk nipis ae hehe

      Delete
  2. Cantiknya mbak ilustrasinya :) kalau di tempat saya Pindang itu sebutan untuk ikan laut yang dikukus .. kalau masakan ini, hampir mirip asem-asem bandeng .. bumbunya serba cemplung dan rasanya segar

    ReplyDelete
    Replies
    1. ^_* mungkin di banyak tempat ada masakan sejenis dgn bumbu2 nyaris sama tp namanya beda2

      Delete
  3. Aku belum pernah nyoba pindang ala Banjarmasin.. Btw, makasih ya sharring resepnya.. aku bisa bikin sendiri nih di rumah..

    ReplyDelete
  4. Waaahhh makasih banget ini resepnya insyaAllah berguna. Hmmm... kebayang nikmat banget ini. :)

    ReplyDelete
  5. pindang memang salah satu masakan yang saya suka bikin karena praktis bikinnya :)

    ReplyDelete
  6. Eh, aku blm pernah masak ini mbak. Kapan2 nyoba..nyontek resepnya ya mb..
    Biasanya cuma mentok di ikan goreng ma pepes doang๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  7. Wahh khas banjar ya..
    Pasti enak... Soto banjar juga enak..

    Gimana ikanny y..

    Hemmm..btw iti ngedit gambarnya niat banget ya mbak hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masakan banjar enak2 je mbak, ibuku sering bikin soto banjar klo lebaran.
      Hehe.. Iya, buat mempercantik blog emang kudu niat

      Delete
  8. Marwah, senang sekali kalau saya buatkan pindang ikan, coba ah resepnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh jd yg dibuatkan untuk marwah pakai resep pindang ikan apa dunk?

      Delete
  9. Aduuuhh saya jadi ngiler liat nya mbak hahahaa adduh sayang banget suamiku kurang suka ikan.. karena keluarga dari ibu saya yang melayu Riau juga sering bikin ikan pindang jadinya aku ngebayangin ikan pindang buatan emak ku sambil bacca postingan ini.

    ReplyDelete
  10. menu untuk orang-orang malas hahhahaaa,,, berarti cucok dong aku praktekkin nih. eh tapi itu beneran cabenya cuma sebiji dan bijinya dibuang mbak? nggak ada pedes-pedesnya nggak nendang mah di lidahku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ituuuu sesuai selera loh mba ;)
      Mau pake cabe sekilo jg gapapah

      Delete
  11. wah kelihatan enak dan seger banget

    ReplyDelete
  12. Hm, jadi tahu pindang ikannya orang Banjar. Beda2 resepnya, tiap daerah. Tapi pasti enak ... sudah kebayang saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak bagi yg suka ikan sih ehee..klo ga suka ikan ya ga enak

      Delete
  13. Aku suka ikan dipindang atau diapain aja deh hehe... Ikan kesukaan.
    Pindang ikan Banjar sedap yaa mba :D kirim kemari mbaa

    ReplyDelete
  14. Jadi mupeng nih sama makanan orang Banjarmasin xixi enak sepertinya

    ReplyDelete
  15. Mupeng nih sama makanan org Banjarmasin sepertinya segar dan enak xixi

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...