Menu

Friday, 22 December 2017

/



Hari masih pagi ketika kami mendarat di Jogja waktu itu. Jum’at 17 November ini kami ke-20 peserta Danone Blogger Academy diberikan kesempatan jalan-jalan ke Jogja, lanjut menjelajah  Kleiten (baca : Klaten wkwk) dan berakhir di Solo. Berhubung hari pertama ini ada kunjungan ke beberapa tempat di Jogja, maka kami mampir dulu di kota pelajar ini.

Sebelumnya, di bandara Soekarno Hatta, kami ke-20 peserta diberi nasi dengan ayam kriuk khas warung cepat saji. Karena saya nggak biasa sarapan terlalu pagi, dan perut ini biasanya cuma sarapan roti, akhirnya ayam tersebut saya berikan ke suami yang tengah mengantar saya, biarlah ayam kriuk tadi jadi sarapannya. Selain itu kata panitia kita akan mampir sarapan sebelum kunjungan, jadi cocoklah, mending saya sarapan di Jogja aja, bisa gagal ini program diet dalam waktu yang berdekatan sarapan nasi dua kali. Dan tibalah saya di Jogja dengan keadaan perut lapar, pas banget. Konon katanya kita akan mampir di soto daging yang melegenda di Jogja. Soto pak Marto.




Sesampainya di lokasi saya langsung mencari tempat duduk, berhadapan dengan mbak Chika dan bersebelahan dengan mbak Nisa saya memesan soto daging dan segelas teh panas, perut saya memang ajaib, nggak bisa makan berat dan harus minum yang manis, kalau air putih berasa nggak nampol. Sambil berbincang dengan mak Uli yang duduk tak jauh dari saya, saya melihat sekeliling banguan, dari segi interior rumah makan ini tetap mempertahankan ke-eksotisan warung makan sederhana, bangku-bangku kayu dengan ruangan semi terbuka tanpa AC, bagian dapur juga dibiarkan terbuka sehingga kita bisa melihat aktifitas para pramusaji meramu soto daging dalam mangkuk-mangkuk beling

bacem-baceman, anyone?

Di atas meja tersedia kerupuk, ada pula tempe dan tahu bacem, juga sate telur puyuh. Berhubung saya nggak suka yang berbacem-bacem, tidak sampailah makanan tersebut sampai ke lidah. Ada pula telur puyuh yang kandungan kolesterolnya mak, aduhai besar kali dan katanya kapasitas tubuh manusia dewasa hanya boleh menyantap dua butir sehari, lebih dari itu warning! saya tidak menyentuh telur puyuh juga. Karena dalam satu tusuk terdapat 4-5 telur puyuh, nah bahaya kali kan?

Sederet artis yang pernah mampir makan di sini

Tidak lama kemudian, soto saya datang. Nyaaam…pas bangeeet perut lagi lapar dan badan dalam keadaan sedikit meriang sebab mata kurang tidur.  Jadi soto pak Marto ini sebenernya sederhana, komposisinya hanya nasi, kol, tauge, daun bawang, tomat, bawang putih goreng yang dicacah dan tentu saja daging. Dan rasanya sumpah, enak banget. Apa karena saya lagi lapar, seolah makanan ini terasa enak? Tapi beneran, mungkin kalau saya tidak lapar, soto pak Marto ini tetap enak, lah buktinya saja pengunjung yang sarapan di tempat itu buanyak. Nah, kalau nggak enak mana mungkin rame kan?

nah ini penampakan sotonya

makan yang banyak ya gengs! kita mau keliling Jogja, foto : nah ini lupa punya sapa. .

Nasi yang disajikan agak pera dan kuahnya tidak terlalu asin. Kalau ingin menambah selera bisa ditambah kecap dan sambal juga makan dengan bacem-baceman tadi, beberapa teman ada yang tidak habis. Sudah dipastikan mereka pasti habis sarapan ayam kriuk, jadi selera makannya hilang. Sembari berbincang dengan mbak Chika dan Gilang perihal keaktifan saya di dunia blogging saya betul-betul menikmati soto tersebut. Rasaya kalau datang lagi ke Jogja pengen mampir dan pesan dua mangkok :D masya Allahnya soto ini murah, hanya 12 ribu per mangkok, pake acara kenyang lagi. War byasah banget kan?

gila.. harganya ga kuat, murah banget

Mungkin yang tinggal di Jogja nggak asing dengan soto pak Marto, karena cabangnya ada di mana-mana, tapi… buat kamu yang akan dan mau mengunjungi Jogja, jangan lupa mampir di soto pak Marto ini, dijamin nagih.

Soto pak Marto
Cabang Tamansari
Jl.Janti No.336 (Depan JEC)

Jogjakarta
2 comments

Yang baca jadi lapar haha... wah belum nyoba sini...

Reply

Hihihi.. silahkan kenyang dengan membaca saja hehe

Reply

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...