Menu

Wednesday, 16 November 2016

/

Olala..Salah satu karunia Allah yang dikirimkan untuk bangsa ini adalah sumber daya lautnya yang melimpah, kita bisa menikmati keanekaragaman biota laut yang bikin perut-perut kita lapar seketika walaupun cuma mencium aroma bakarannya atau gorengannya saja. Sebut deh, kepiting, udang, lobster, kerang, teripang, tiram, ikan daaan masih banyak produksi laut lainnya yang patut kita syukuri ketika tinggal di Indonesia. Wonderful Indonesia!

Oke, kita main ke daerah Maluku, daerah yang saya tinggali sekarang ini punya produksi ikan yang meeeeelimpah ruah. Bayangin! Produksi ikan untuk seluruh Maluku, adalah 1,603 ton pertahun. Itu artinya ikan disini produktif banget bertelur. Ikan-ikan segar itu begitu diambil langsung disebarkan ke pasar-pasar dan pedagang-pedagang keliling di Maluku. Kalau pagi nih ya, saya pasti akan selalu dengar entah itu bapak-bapak atau ibu-ibu yang membawa ember besar diatas kepalanya yang berisi ikan-ikan segar dan NO PENGAWET. Begitu pun bapak-bapak, mereka keliling membawa ember berisi banyak ikan-ikan yang dipikul. Langsung diambil dari laut. “Ikaaaaaan…ikaaaan… Oh, ikaaaan..ikaaaan!” begitu yang saya dengar setiap pagi.


Pilih ikan dulu yuuk...
Begitu melimpahnya sumber daya laut disini sampai harga ikan itu murah banget. Pernah nih ya, saya ke pasar. Saya nemu harga wortel import itu setara dengan harga 13 ikan selar. Mereka berdua sama-sama seharga lima ribu. Ya mending saya beli ikan dong daripada beli wortel sebiji nggak bisa dimasak.
Ngomong-ngomong soal ikan, di Ambon ada rumah makan yang sumpah bikin saya ketagihan kalau makan disini. Namanya rumah makan Dedes, lokasinya didepan Hotel Abdul Alie. Di daerah Waihaong. Waktu tahun 2010 saya kemari rumah makan ini masih kecil, seiring banyaknya keuntungan yang masuk, rumah makan ini kemudian direnovasi dan ditingkat. Sekarang sudah makin cakep banget dan luas. Makin nyaman makannya. Tapi tentu saja rasanya nggak berubah. Tetep enak gila! Wkwk..

Rumah makan Dedes nampak depan

Ikan kakap bakar, enak sampai ke tulang-tulang

Cumi saus Padang, porsinya bisa buat 2x makan
Jus mangga dan es kelapa muda

Karena yang disajikan menu utamanya adalah ikan, otomatis ikan adalah primadona di rumah makan Dedes. Sebelum memilih menu yang lain kita wajib mengintip wadah berisi ikan segar yang berselimut es di bagian depan rumah makan, sebut saja ada ikan kakap, baronang, bawal, dll kita juga bisa request mau diapakan si ikan ini, dibakar, digoreng, atau dibikin kuah kuning, kuliner khas Maluku yang biasanya akan disantap dengan papeda. Tau kan papeda, sagu yang makannya dipunter-punter pakai sumpit itu. Tapi sampai sekarang saya belum pernah makan papeda, padahal sudah lama banget kan tinggal di Ambon. *ish..kemana aja qiqiqi*


para penyantap kuliner
"Ikannya besal-besal" kata Naqib
Selain ikan, ada pula biota laut lainnya yang bisa kita santap, seperti udang, cumi-cumi, kepiting. Saya paling suka cumi bakarnya enaaaaaak banget. Untuk harga juga nggak terlalu mahal. Harga ikan segar yang dibakar atau digoreng itu hanya 35-40ribu seporsi. Eeeeit, tapi ikannya seger loh, bukan ikan awetan. Yang tentu saja rasanya masih gurih kalau disantap.

Iniloh sambalnya yang bikin laper terus..
Ada yang unik kalau makan di rumah makan dedes, sebelum ikan datang untuk kita santap pramusaji akan menyediakan 5 macam sambal. Iya 5 macam sambal, antara lain colo-colo sambal khas Maluku, sambal terasi, sambal kacang, sambal tomat, sambal mangga, itu sih kalau saya identifikasi rasanya. Dan pesona sambal ini memang berjodoh dengan ikan yang kita makan, dijamin hah-huh-hah-huh kepedesan, tapi rasanya bikin nagih, makan satu ikan aja kenyaaaaang dan puaaaas banget
Kalau temen saya ke Ambon, dan mereka nanya rumah makan apa yang paling enak se-Ambon raya yang juga menyediakan makanan khas Maluku. Saya pasti merekomendasikan dia untuk makan ditempat ini. Tempat ini nggak direkomendasikan buat orang yang nggak suka seafood, karena pasti nggak akan bisa menikmati sambal yang berjodoh banget sama ikan itu. Buat yang mau datang ke Ambon dan suka sekali seafood, kalian akan menemukan surga disini :)

Rumah makan Dedes :
Jalan Sultan Baabullah No. 47, Kota Ambon, Maluku 97112
Telepon: (0911) 356188
20 comments

maknyosss y mba :) senang banget ikan2nya segar dan murah anugerah pisan y mba ^^ seafood kesukaanku kayaknya kenyang banget klo ke Maluku niy.

Reply

Bener2 anugrah yang Allah karuniakan untuk Maluku mba, lwar byasaaah

Reply

Mpok Mandaaa, undang eike lah ke Ambon...

Reply

alhamdulillah sudah pernah makan disini...nati aku tulis juga reviewnya aaah

Reply

Aku belum kesampaian ke Maluku, baru ke Ternate aja. Bukannya memang segar-segar ya di sana, baru ditangkap dari laut..

Reply

Makanan yang paling saya suka ya berbahan ikan, apalagi ikan bakar.
Sayangnya jalan2 saya belum sampai Maluku
Terima kasih infonya
Salam hangat dari Jombang

Reply

Duh..duh..kalo bahas soal sea food jadi baper sendiri dah..udah sering di ledekin juga gegara ga bisa bersantap sea food atau kudapan air lainnya :(

Reply

duh kapam bisa ke sana ya, namanya kuliner seafood itu memang enak

Reply

ikan-ikanan, kesukaan suami banget nih..

Reply

asik banget ya.. soalnya aku suka banget sama ikan. berasa di surga kali kalau ke Maluku. hehe

Reply

ikan segar jika dimasak juga akan segar juga ya mbak :)

Reply

Nanti tag aku ya Mak.

Reply

Lah iya mba, kan sdh saya tulis diatas *bingung*

Reply

Terimakasih pakde sudah mampir ^^

Reply

Kenapa mba?? Kan enak banget iniiih mah

Reply

Berarti kudu datang ke Ambon mba :D

Reply

Makannya ayo ke Maluku Lin :D

Reply

Ya iyalaaaah mas eee T_T

Reply

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...