Menu

Tuesday, 7 February 2017

/

Sebutkan icon kota Ambon selain tugu Pattimura dan monument perjuangan Christina Marta Tiahahu? Yes, pintu kota. Pintu kota adalah sebuah pantai yang terletak di dusun Airlouw kecamatan Nusaniwe, Ambon. Letaknya lumayan jauh ya dari pusat kota, dan agak masuk ke perkampungan gitu. Kalau ditempuh menggunakan mobil dari pusat kota kira-kira memakan waktu 1 jam *tanpa macet, jalannya agak ngebut, nggak pake mampir-mampir*, tapi yakin deh kalau sudah sampai di lokasi, lelahmu akan terbayar lunas dengan keindahan lokasinya. Karena keunikan tempatnya, Pantai pintu kota bahkan sudah menjadi landmark kota Ambon, dan menjadi destinasi favorit para wisatawan kalau mereka berkunjung kemari.



Dijamin nggak nyasar karena ada petunjuk jalannya

Karena lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota *apalagi dari rumah* saya nggak pernah berhasil buat ngajak suami kemari, ya suami saya paling nggak betah bawa motor lama-lama soalnya tangannya bisa keram, hihii.. Alhamdulillah, doa saya seperti didengar Allah, kemarin pas mertua datang, kami kemari. Karena mau nggak mau kan harus nyewa mobil *ya masak naik motor, bawa orang sepuh pulak*, alhasil saya berhasil ngajak suami dan mertua kemari. Yes!
Berangkat pagi jam 9, sampai di sana jam 10an lewat. Sampai di lokasi saya terheran-heran, “Lah mana ini pintu kotanya?”
“Itu dibawah” sahut suami saya.
“Apaaaa??” jadi yang namanya pintu kota terletak di bawah bukit, dan kita harus melewati anak tangga yang curam untuk bisa sampai di sana, bahkan kalau hujan itu tangga licin banget. Sumpah ngos-ngosan. Anak tangganya kalau dihitung kira-kira ada 30 buah. 

Mama-papa mertua, aslinya capek, tapi masih sempet narsis hihi

Ya sudahlah, demi melihat pintu kota, saya turun dengan semangat 45 *sampai diikutin anjing* nah itu turunnya kan enak ya, begitu naik masya Allah sampai pegel banget nih paha. Mama mertua saya aja sampe mabok hihihi.. untuk bisa sampai ke atas lagi kita butuh waktu istirahat sekitar 10 detik baru bisa naik 2-3 anak tangga, begitu seterusnya. “Ini kagak ada eskalator apa yak” mama mertua kemudian menghayal. Oh ya, tiketnya sekitar 15ribu untuk satu mobil ya. Cukup murah kan?



Kenapa disebut pintu kota?
Dulunya pantai pintu kota adalah sebuah karang yang bulat utuh yang terdapat dibibir pantai, namun karena kerasnya terjangan ombak laut Banda, akhirnya karang ini membentuk lubang ditengahnya. Lubang ini cukup besar muat hingga 2 mobil truk kalau dilewati. Di pantai pintu kota tidak terdapat pasir putih seperti pantai-pantai lainnya yang ada di Ambon, melainkan hanya batu-batu karang saja yang menghiasi bibir pantai. Hati-hati kalau kemari, soalnya pasirnya berupa pecahan batu karang. Pakai sepatu ceplek aja kerasa banget apalagi telanjang kaki. Tapi saya bersyukur banget, waktu kemari air surut sesurut-surutnya, bisa melihat besarnya bolongan yang terdapat di pintu kota tanpa digenangi air laut.

Iyes, air surut hihihi


Namun, bagi pecinta diving patut berbahagia. Sebab pintu kota merupakan spot diving yang enak untuk diselami. Terdapat terumbu karang yang indah yang bikin nggak mau balik. Juga ikan-ikan warna-warni yang mungkin berbeda di perairan laut Indonesia lainnya. Warna air laut di pintu kota ini berwarna tosca dan tentu saja bening ya booo.. tapi kebeningannya memang nggak begitu terlihat, sebab pecahan batu karang sempurna menutupinya. Makannya, kenapa kudu diving, biar kamu percaya kalau laut disini mamang enak untuk diselami. Tapi sekali lagi monmaap, nggak bisa main pasir ya gaes, Naqib aja sampai kecewa berat gara-gara impiannya untuk main pasir terhambat hihihi..

Ga ada pasir main pecahan karang aja hihi


Diseputaran pintu kota juga terdapat gubug untuk berteduh, jikalau kamu lapar ada warung yang menyediakan rujak, es kelapa segar, sarmento (sarimie telor hehe), dan ada yang menjual souvenir berupa kerajinan laut. 

kerang-kerang ini nggak cuma dipajang tapi juga dijual

Lagu-lagu khas Ambon biasanya akan mengalun dari dalam gubuk-gubuk itu sehingga pengunjung akan sangat terhibur. Bagaimana, tertarik untuk datang ke Pantai Pintu Kota Ambon. Kalau kamu ke Ambon jangan lupa untuk menjadikan tempat ini destinasi yang wajib dikunjungi ya. Yang mau lihat gambaran Pantai Pintu Kota seperti apa, bisa lihat pada tayangan di bawah ini ya..


Pantai Pintu Kota
Nusaniwe, Kota Ambon
8 comments

Subhannallah..
Cantik banget pemandangan..
Jadi pingin ke situ..

hai-ariani.con

Reply

Vlognya keren mba jadi bisa ngebayangin suasananya :D

Reply

Kapan ya bisa ke Ambon? Pantainya bagus-baguuus ya mba.. :D Unik juga ya gak ada pasirnya di Pintu Kota tp malah pecahan bati2 karang.. Untung pas lagi surut ya mba..

Reply

Udah ke Ambon tapi belum ke situ. Artikel ini menginspirasi untuk datang ke Pintu Kota bila pas ke Ambon. Thanks for sharing.

Reply

Hayuk main sini kalau ada rezeki ya mbak :)

Reply

Hihihi... jadi baper ya, maap

Reply

Kalau pas lagi pasang tentunya saya nggak bisa foto sampek sana hehe

Reply

yeaaay, nanti main ke sini lagi ya buuu

Reply

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...