Menu

Monday, 16 January 2017

/

Ada banyak tempat makan enak di kota Ambon, dan setiap ada rezeki saya selalu coba tempat makan baru, walaupun memang rata-rata di kota Ambon ini menunya hanya hasil laut, tapi seiring berkembangnya kota Ambon, maka semakin banyak yang migrasi ke kota ini, semakin banyak pula aneka ragam menu yang hadir dan menyapa lidah-lidah para penduduknya. Kalau ditanya ada masakan apa saja disini, saya bilang sudah buanyaaaaaak, mulai dari mpek-mpek, batagor, bubur ayam, siomay, sampai Mie Aceh pun ada, ini ya makanan ini mulai ada setelah tahun  2011, bahkan beberapa makanan kayak Mie Aceh atau bubur ayam baru ada setelah saya pindah lagi ke Ambon tahun 2015 pasca melahirkan. Tau nggak, dulu sangking kepinginnya makan bubur ayam Bandung, kita harus nunggu pulang kampung baru bisa makan. Sedih kan masak makan bubur ayam Bandung atau mie Aceh nunggu pulang kampung. Tapi semua berubah semenjak negara api menyerang banyak yang migrasi ke sini.

Ada salah satu tempat makan favorit kami, namanya Hilyah. Di tahun 2011, tempat ini masih kecil dan sempit, mungkin karena menu di Hilyah ini enak-enak dan pas banget dilidah, rumah makan Hilyah kemudian berkembang pesat. Warung yang dulu sempit sekarang lebih nyaman dan lebih besar. Hilyah pada masanya terkenal sebagai toko roti dan es campur yang melegenda hahah, es campurnya khas banget dengan rasanya yang legit
Suasana rumah makan Hilyah

Kemarin waktu mertua datang kami sempatkan kembali nostalgia makan disini *padahal sering banget lewat didepan Hilyah pasca direnovasi, tapi kesempatan mampir selalu datang dirumah makan lain hee*, ternyata rasa masakan di Hilyah nggak berubah. Dulu saya sering banget makan roti kare kambing disini, sekarang masakan itu sudah nggak ada, sedih banget saya. Konon kabarnya, karena masyarakat Ambon kurang suka kambing, jadi kambing kurang begitu laku disini, coba aja cari sate kambing di Ambon, jarang banget yang jual. Tapi kan orang-orang perantau suka banget kambing termasuk saya hahah.. sumpah saya sedih banget waktu datang ke Hilyah roti kambing udah nggak ada T_T.. roti kambing nggak ada sebagai gantinya sekarang tersedia roti kare ayam, atau roti kare ikan. Nggak nyambung sih tapi ya sudahlah. Anggap aja kayak makan roti kare kambing haha..
Roti Kare Ayam

Soto Ayam, ini favorit Naqib

Gado-gado

Nasi goreng

Ayam lalapan

Bakso

jus mangga

es jeruk

Selain menyajikan menu masakan, Hilyah juga terkenal sebagai pusat pembuatan kue-kue basah kayak bolu, risol, lontong, panada, roti-roti, kue-kue khas Ambon dan banyak lainnya dan ini kuenya lezat-lezat banget dan Hilyah sering banget dipercaya untuk mengisi snack untuk acara-acara resmi maupun nggak, pokoknya kalau misalnya suamiku ada acara kayak maulidan atau acara tahlilan, biasanya suka bawa kue kotakan. Nah kalau Hilyah yang ngisi bagian snacknya bisa ditandain karena di dalam kotaknya ada stampelnya, itu tuh kalau suamiku bawa kue dari Hilyah sepulang acara waaah saya seneng banget.

Baca juga : Ini dia oleh-oleh khas Maluku


Kue-kue basahnya enak-enak banget

Sekalian makan, bisa juga nyari oleh-oleh disini, karena Hilyah menyediakan banyak oleh-oleh khas Ambon, mulai dari kayu putih, sagu, Abon cakalang dan lain-lain

kue-kue buatan mereka punya label khusus
Hilyah letaknya di daerah batu merah Ambon. Dipinggir jalan banget disamping-sampingnya banyak pengrajin lukisan dinding dari kulit kerang. Jadi sepulang makan di Hilyah langsung bisa beli oleh-oleh khas Maluku.


Rumah Makan Hilyah
Batu Merah Ambon
4 comments

Di Batu Merah? Wah jadi ingat masa lalu waktu masih tinggal di Pulau Seram dan sekali main ke Ambon. Di situ ada terminal, makan colo-colo ��

Reply

Paling sadap saja toh? 👍😁👍

Reply

lengkap juga yaa tokonya, hampir semua ada :)

Reply

Maklum toko lama 😊
Es campurnya aja melegenda

Reply

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...