Sunday 31 October 2021

Tips Hemat Penggunaan Air Agar Tagihan Gak Membengkak

 



Tanggal 22 Maret diperingati sebagai Hari Air Sedunia. Ini juga menjadi pengingat bagi kita bahwa meskipun Bumi lebih banyak diliputi air, tapi jumlah air bersih yang bisa kita pakai sangat terbatas. Air tanah yang menjadi salah satu sumber air bersih untuk aktivitas sehari-hari semakin berkurang, karena itu penghematan harus selalu kita lakukan. Berikut cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat penggunaan air bersih, sekaligus menekan tagihan air bulanan kamu supaya gak membengkak:

Jangan lupa mematikan keran

Dalam keluarga biasanya ada satu orang yang selalu lupa mematikan keran. Ayo, apa kamu salah satunya? Selalu cek kembali keadaan keran setelah kamu pakai ya. Bahkan membiarkan tetesan air karena keran yang kurang rapat juga tetap menyia-nyiakan air lho. Mematikan keran air jika tidak dipakai.

Tutup keran saat sedang menggosok gigi atau mencuci tangan

Mungkin masih banyak yang tanpa sadar boros air ketika melakukan dua kegiatan sederhana ini. Apalagi sekarang kita harus lebih sering mencuci tangan. Nah, jangan biarkan air terus mengalir selama menggosok gigi atau menyabuni tangan ya. Biarkan air keran mengalir hanya saat kita membilas tangan atau sikat gigi yang telah setelah dipakai.

Gunakan kembali air yang dipakai

Gak semua air harus dibuang setelah dipakai. Selama gak mengandung bahan kimia, air masih bisa kamu pakai kembali untuk kegiatan lain. Misalnya, air yang kamu pakai untuk mencuci sayur dan buah bisa dipakai untuk menyiram tanaman.

Amati pemakaian toren atau tangki air

Kalau kamu menggunakan toren air, jangan lupa mematikan PAM sebelum air toren penuh atau luber ya. Kamu juga bisa memasang pelampung yang akan mematikan air secara otomatis setelah mencapai batas air tertentu di dalam toren air. Kalau punya toren air sudah gak terpakai, kamu bisa menggunakannya untuk menampung air hujan yang nantinya bisa kamu manfaatkan untuk menyiram tanaman, mencuci mobil dan kebutuhan lainnya. Dengan begini kamu bisa menekan tagihan air supaya gak membengkak.

Nah itulah beberapa tips agar Anda hemat menggunakan air dan tidak lupa mematikan keran air setelah selesai memakainya. Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini Anda bisa mematikan keran air jika tidak digunakan secara otomatis menggunakan keran air dari Kohler. Dimana Kohler merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi berbagai jenis perlengkapan kamar mandi mewah dan modern. Di sana Anda bisa menemukan berbagai jenis keran air yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan rumah.

 

 

 

 

1 comment :

  1. Belakangan ini tagihan air tiba-tiba banyak banget padahal gunainnya sedikit, kaget saat naik banyak. Terima kasih, Mbak infonya. :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)