Friday 22 January 2021

Ini Kisah Kehamilan Yang Menurut Saya Seru

 


 Emang gimana serunya? Baca aja sampai habis ya..

 

Saya memang kepingin lagi punya anak, karena rasanya kok sepi banget ya rumah isinya cuma bertiga-tigaan doang, apalagi misalnya kalau bapaknya Naqib dinas ya udah berdua-duaan aja dirumah, nggak ada yang nemenin. Bertahun-tahun sejak Naqib lahir saya selalu merengek pengen banget punya anak lagi, tapi suami selalu punya alasan yang nggak masuk akal, alasannya sepele banget, dan kadang ini yang bikin saya berantem. Suami takut saya nggak bisa ngurusin dia, rumah, anak dll, "Punya anak satu aja keteteran, gimana punya anak banyak"

 Ya sih saya akui saya keteteran, tapi sebenernya bukan keteteran hanya manajemen waktu yang nggak bener, saya terlalu santuy dan menganggap sepele waktu, saya yakin kalau memperbaiki waktu saya bisa melakukan lebih dari yang suami bayangkan. Hal ini juga didukung ketidakmauan Naqib memiliki adik, "Aku nggak mau punya adik, nanti ibu bisa mati" Ini gara-garanya dia nonton Cinderella, dimana ibunya meninggal saat melahirkan, ya udah cerita ini jadi membekas gitu dalam ingatannya. Kalau lihat bayi dia benci banget pokoknya.. Nggak hanya itu gaes, keinginan Naqib nggak mau punya adik ini didukung penuh sama abahnya, beneran bersekongkol mereka wkwk.. "Naqib belum mau bu punya adik, jangan dipaksain" Gitu coba, kan saya kesel. Haduh ya Allah ini bagaimana ya mensiasatinya, saya sampai berdoa sama Allah, semoga mereka dibukakan pintu hatinya agar mau punya bayi lagi, ini sebenernya doa yang kocak kan ya, ada juga minta dibukakan pintu hati agar orang taubat, hatinya lembut, eh ini kepingin punya bayi. Duh..

 

Nggak disangka..

Tapi  ternyata sebenarnya yang terjadi bukan ini, saya ngerti laki-laki itu rasa khawatirnya melebihi kaum perempuan, tp sungguh mereka bisa banget menyembunyikan hal ini, salut banget loh, rasanya pengen belajar dari bapak-bapak, gimana caranya menyembunyikan kekhawatiran dibalik wajah lempengnya. Nantilah saya ceritain ya kenapa suami khawatir banget saya hamil lagi.

Dan akhirnya Naqib pun mau punya adik setelah adik ipar saya hamil dan melahirkan anak yang lucu, ini cucu ke empat dalam keluarga suami setelah 5 tahun tidak ada hadirnya seorang anak kecil, sudah dipastikan dia kemudian jadi idola baru. Anaknya perempuan, lucu, imut, dan ngegemesin banget. Hal ini bikin Naqib iri, kemudian secepat kilat dia kepingin banget punya adik. "Bu, aku pingin punya adik", pas dia ngomong kayak gini semacam saya punya dukungan, dimana dia yg kemarin ngedukung bapaknya berbalik jd oposisi wkakaka.. Udah gitu Naqib mintanya sambil nangis-nangis, ya makin nggak tega aja bapaknya. Mau nggak mau, siap nggak siap akhirnya si bapak luluh juga. Dan semenjak hari dimana Naqib ingin minta adik saya pun tidak pakai alat kontrasepsi lagi saat berhubungan. Wah saya bahagia banget, akhirnya Naqib mau punya adik


Naqib seneng banget punya ade


Bulan demi bulan saya lalui, Naqib setiap saat menanyakan, kapan aku punya adik bu? Saya Cuma bisa menjelaskan, bahwa hadirnya adik tidak bisa datang secepat kilat, “Naqib harus bantuin doa untuk ibu”, tapi jujur loh, dia nanya kayak gitu saya yang terganggu banget, hadeh.. dulu aja kagak mau, eh sekarang dipaksa-paksa.

Dan bulan ramadan pun datang, inilah kesempatan saya untuk meminta, saya meminta padaNya, jika saya dipercaya lagi untuk diberi amanah, saya mohon berilah saya satu lagi untuk menemani Naqib, saya dan abahnya di masa tua. Itu pun saya minta pula sambil nangis-nangis. Kemudian saya hanya bisa pasrah dengan keadaan. Pokoknya beneran kayak minta anak yang belum dikasih bertahun-tahun gitu deh, pejuang garis dua pasti ngerti gimana rasanya.

Sampai suatu saat saya bermimpi, bermimpi memiliki bayi yg lucu saya gendong, saya timang, mimpi itu seperti nyata. Pernah juga saya mimpi hamil, ada bayi yang bergerak-gerak dalam perut, entah saya kenapa bisa merasakan gerakan itu, padahal itu kan cuma mimpi, beneran seperti nyata. Sampai saya pun tak perduli lagi, mau hamil atau tidak ya terserah saya hanya bisa pasrah. . Ya sudahlah, kalau Allah emang kepingin ngasih saya anak, saya pasti bakalan hamil lagi. Kalau nggak, yam au bagaimana lagi, saya terima takdir Allah saja.

 

Corona pun datang nggak diundang

Saya ingat, saat itu saya sedang haid ketika saya datang ke Jogjakarta di bulan Januari untuk menghadiri wisuda adik ipar yang kuliah di UGM, 2 hari kemudian kami ke pulang Solo untuk mengejnguk orangtua saya yang tinggal disana. Sepulangnya dari Solo saya berhenti haid, tidak lama dari itu kemudian saya berangkat ke Palembang, mungkin kira-kira waktunya 2 mingguan dari jarak kepulangan saya dari Solo. dan  saya lupa kapan terakhir berhubungan, yang jelas kayaknya ada waktu berhubungan saat-saat itu antara pulang dari Solo sampai ingin pergi ke Palembang, sebagaimana yang kita tahu, bahwa selepas haid itu adalah masa-masa paling subur untuk memproduksi bayi,  

2 minggu pulang dari Palembang saya merasakan tidak enaknya perut, mual, pusing dan aneka rupa rasa yang lain. Saya kok merasa feeling hamil, iseng beli testpack dan dicoba saat subuh tiba. Dan benar garis dua, waktu itu corona baru sampai di Depok dan pemberlakuan PSBB belum ada, tidak lama setelahnya sekolah diliburkan dan kantor-kantor memberlakukan WFH (Work From Home) 

Saya salah perkiraan, tidak ada yang pernah menyangka, bahwa virus mematikan yang datang dari Wuhan menghantui seluruh peradaban umat manusia di bumi ini, virus itu muncul di Wuhan akhir tahun 2019, kemudian datang ke Indonesia sekitar bulan Febuari 2020, pada Januari akhir adik ipar saya bercerita pada saat kita jalan-jalan menggunakan mobil online di Jogja, kalau Wuhan sedang diserang virus aneh mematikan dan penyebarannya begitu cepat, tapi tidak kita tanggapi, karena saya pikir, “Ah Wuhan jauh ini”. Tapi perkiraan saya meleset, corona menyebar seperti hembusan angin dan saat itu saya benar-benar worry banget, hamil ditengah pandemi apa kabar nanti saat ingin melahirkan. Tapi saya jalani saja hari itu, hari dimana kehadiran bayi dalam perut ini begitu dinantikan sekali.

 

beuh ga enak banget di SWAB

2 kali kontrol ke dokter spesialis di depan rumah ternyata mengharuskan saya untuk tes SWAB, waktu itu biayanya masih terjangkau sekitar 600ribuan. Kok ribet sekali, akhirnya saya memutuskan untuk pindah saja ke bidan beda gang, toh disana juga ada dokternya. Berbulan-bulan saya selalu kontrol dengan bidan tersebut dengan mengikuti protokol kesehatan, pakai masker, ganti baju, cuci tangan dan lainnya. Saya nggak mau anak dalam kandungan saya tertular virus dari orang lain, Alhamdulillah janin saya selalu sehat, pertumbuhannya bagus, sempurna dan tidak kurang satu apapun, hal yang sangat saya syukuri sekali ditengah pandemi. Selama itu pula saya merasakan ujian kehidupan datang, saya nggak bisa menceritakan detail disini, tapi yang jelas ada bulan dimana saya merasakan depresi, sedih berkepanjangan, dan merasa kecewa, tentunya bukan karena saya mengandung tapi ada hal lain yang membuat saya seperti itu, tapi saya selalu ingat ada bayi yang saya kandung di dalam perut saya, saya tidak bisa seperti ini terus. Dan hadirnya bayi ini menjadi obat untuk ketenangan batin saya.

 

Kegiatan yang saya lakukan tentunya saja seperti saat saya mengandung Naqib, saya suka berzikir, bersalawat, shalat tahajud, membaca Al-Qur'an dan semua kegiatan yang dapat membuat pahala saya berlipat-lipat dan itu juga merupakan ikhtiar saya menstimulus anak shaleh sejak dalam kandungam. Kan katanya hamil itu penghapus dosa, nah mumpung saya sedang hamil saya manfaatkan waktu tersebut, Alhamdulillahnya saya bisa puasa 30 hari sama seperti saat mengandung Naqib. Bahagia banget rasanya bisa mengumpulkan amal selama itu, mudah-mudahan amal ini menjadi pemberat di yaumil akhir, Aamiin. Ups.. cerita ini bersambung di part 2

1 comment :

  1. MasyaAllah tabarakallah. Congratz mbak Manda.. diriku berada di posisi suami mbak dan begitu jg sebaliknya selama ini.

    Ziqri pun sama, menolak adik dan pro saya, meskipun dibawahnya sudah ada 5 sepupu baru yg lahir, masih tak gentar dia sampai sekarang. Huhuhu padahal saya akhirnya sudah niat pengen nambah anak. doain bisa segera nyusul ya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)