Friday, 29 January 2021

4 Jenis Diet Dibawah Ini Ampuh Membantu Menjaga Berat Badan Seimbang

 

 


Di masa modern ini, masyarakat urban mulai melirik gaya hidup sehat yang berdampak positif bagi kehidupannya secara total. Gaya hidup sehat tidak hanya membantu menjaga penampilan supaya tetap cantik dan awet muda saja, tetapi juga katanya mampu memperpanjang usia dan menjaga kebugaran tubuh yang sehat dan langsing.

Dalam menerapkan gaya hidup sehat ini, para pelaku tidak hanya dituntut rutin berolahraga saja, tetapi mereka juga harus mulai menjaga pola konsumsi makanan atau diet. Selama ini diet yang sering bermunculan di tengah masyarakat awam adalah tidak makan atau minum hingga membuat tubuh merasa sangat menderita dan tersiksa lapar.

Padahal, sejatinya diet yang baik itu tidak menyebabkan orang yang menjalaninya merasa lapar. Justru seharusnya mampu membuat sang pelaku diet merasa kenyang lebih lama sehingga pola konsumsi makan bisa terkontrol dan sesuai dengan porsi ideal.

Dari sekian banyak jenis diet yang beredar di tengah masyarakat di seluruh dunia saat ini. Hanya ada beberapa jenis jenis  diet yang ampuh membantu menjaga berat badan seimbang, seperti diantaranya :

1.     Diet Ketogenik

Awalnya diet ketogenik ini hanya diperuntukkan bagi mereka yang menderita epilepsi saja khususnya anak anak. Diet ini mengandung banyak lemak yang mampu menjaga asupan nutrisi. Dengan perbandingannya yang mencapai 80 persen lemak, 15 persen protein, dan 5 persen karbohidrat.

Tentunya lemak akan sangat berguna untuk membantu meningkatkan perkembangan metabolisme tubuh. Terutama bagi anak anak yang tengah dalam masa pertumbuhan. Beberapa menu yang disarankan untuk dikonsumsi seperti es krim, sosis, udang, ikan tuna, daging, dan telur. Sebagai selingan bisa juga konsumsi sayuran dan buah buahan. Diet ketogenik ini bisa menjadi alternatif pilihan bagi mereka yang ingin tubuhnya ideal langsing.

 


2.     Diet OCD (Obsessive Corbuzier’s Diet)

Diet OCD yang diluncurkan pada tahun 2013 ini merupakan hasil pengalaman pribadi Deddy Corbuzier seorang seniman ilusi dan dan sulap. Deddy mampu membentuk tubuhnya semakin berotot hanya dalam waktu beberapa bulan saja. Deddy juga merasa tubuhnya lebih bugar dan tampak awet muda.

Dalam diet OCD, para pelaku diet hanya diperbolehkan makan selama 4,6 atau 8 jam tergantung pilihannya. Sedangkan, diluar jam jam tersebut, mereka hanya diizinkan minum air putih saja. Tidak seperti jenis diet lainnya, dalam diet OCD ini para pelakunya bebas mengkonsumsi makanan apa saja yang difavoritkannya. Tetapi setelah habis rentang waktunya, mereka hanya boleh minum air saja. Bagaimana mudah kan?

 

3.     Diet Rendah Lemak

Kebanyakan masyarakat awam berasumsi bahwa diet yang baik itu adalah menghindari lemak yang akan menggelayut di perut dan dianggap menambah bentuk perut yang buncit. Padahal, justru lemak inilah yang akan membantu sistem metabolisme tubuh bisa bekerja maksimal supaya pelaku diet tidak mudah merasa lapar. Sekitar 35 persen lemak akan diolah menjadi sumber energi dan tenaga bagi tubuh.

Tetapi yang harus diperhatikan adalah memilih jenis lemak yang sehat dan menghindari lemak tak jenuh seperti gorengan atau fast food.

 

4.     Diet Ketofastosis

Para pakar kesehatan mengakui bahwa ada sejumlah manfaat yang bisa didapatkan saat seseorang menjalankan diet ketofastosis. Dengan menggabungkan diet ketogenik dan fastosis, para pelaku diet akan berpuasa selama 6 hingga 12 jam. Diluar jam puasa tersebut, mereka hanya diperbolehkan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi dan rendah karbohidrat saja.

 

 

Post a comment

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)