Wednesday, 9 December 2020

Ini Dia Beragam Manfaat Kalkulator BMI

 



BMI Itu Apa Sih?

Istilah BMI adalah singkatan dari Body Mass Index, atau yang bahasa Indonesianya adalah Angka Indeks Massa Tubuh. Istilah BMI sering digunakan untuk menunjukkan kategori berat badan seseorang. Dengan menggunakan kalkulator BMI, tentunya kamu bisa mengetahui apakah berat badanmu termasuk kategori normal, kelebihan (obesitas), atau kekurangan. 

Cara menghitung indeks massa tubuh dengan membagi berat badan  dalam satuan kg (kilogram), kemudian tinggi badan dalam meter kuadrat. Namun, hasil indeks massa tubuh ini ada kemungkinan tidak akurat untuk beberapa orang, seperti wanita hamil, binaragawan, atau atlet dengan tingkat aktivitas yang tinggi. 

Kategori Nilai Angka BMI

·        Berat badan seseorang akan termasuk kategori obesitas jika hasil BMI-nya berada di atas 25

·        Apabila nilai BMI seseorang mencapai angka 23 – 24,9, maka orang tersebut dikategorikan sebagai kelebihan berat badan

·        Nilai BMI normal seseorang berada di kisaran angka 18,5 – 22,9

·        Jika angka BMI-nya di bawah angka 18,5, maka orang tersebut dikategorikan sebagai berat badan di bawah normal. 

Semakin besar hasil angka BMI seseorang, tentu akan semakin besar juga bentuk tubuhnya. Begitupun sebaliknya, semakin rendah hasil angka BMI seseorang maka bentuk tubuhnya kurus. Lantas, manfaat apa sajakah yang akan kita dapatkan dari penggunaan kalkulator BMI tersebut? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai manfaat kalkulator BMI, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

1. Dapat Mengetahui Indeks Massa Tubuh

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa BMI kerap digunakan untuk menunjukkan hasil berat badan seseorang. Ya, dengan menggunakan kalkulator BMI, kamu pun dapat mengetahui berapa besaran nilai BMI yang nantinya bisa dibandingkan dengan tabel kategori berat badan. Jika kamu sudah mengetahui hasil nilainya, maka kamu akan mengetahui apakah berat badanmu termasuk kategori “normal”, “kelebihan berat badan”, atau “kurus”. 

2. Memudahkanmu Untuk Mencari Solusi Soal Berat Badan

Sebagian besar orang akan sangat peduli terhadap dirinya sendiri, sehingga kalkulator BMI ini penting bagi kita. Seandainya berat badanmu itu termasuk kedalam kategori “di bawah normal / kurus”, tentu saja kamu bisa mencari solusi untuk mulai melakukan program peningkatan berat badan. Bahkan, kamu juga bisa mencari tahu mengenai jenis makanan apa sajakah yang dapat membantu dalam neingkatkan berat badan, atau jenis vitamin apa saja yang harus dikonsumsi. 



Begitu juga sebaliknya, jika hasil angka BMI menunjukkan bahwa berat badanmu termasuk kedalam kategori “kelebihan berat badan”, kamu pun bisa langsung memulai program diet sehat dan hal-hal lainnya, seperti langkah apa saja yang harus dilakukan, makanan apa saja yang harus dihindari, dan olahraga apa sajakah yang dapat menurunkan berat badan. 

3. Menjadi Lebih Waspada Terhadap Massa Tubuh

Sejatinya, berat badan tertentu akan berdampak bagi kesehatan. Walaupun berat badan memang tidak bisa dijadikan patokan ideal, namun dengan memperhatikan kesehatan berat tubuhmu itu merupakan hal yang sangat bijaksana. Ya, ketika kamu  mengetahui bagaimana massa tubuh, pastinya kamu akan lebih waspada lagi terhadap massa tubuh. 

Contohnya ketika kamu sudah mengetahui bahwa berat badanmu itu berlebihan, sehingga akan lebih cermat lagi terhadap risiko yang berdampak buruk bagi kesehatan. Dengan meningkatnya kewaspadaan terhadap massa tubuh, maka kamu dapat mengatur kembali pola hidup yang sehat.  

 

Post a comment

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)